Apa Itu Busbar Pada Panel Listrik ?

Posted on

Bagi orang awam tentunya asing dengan istilah busbar, namun bagi orang teknik khususnya kelistrikan setidaknya tahu apa itu busbar atau paling tidak pernah mendengar namanya.

Pengertian busbar yaitu susunan konduktor yang biasanya berupa pelat tembaga atau alumunium yang digunakan dalam sebuah panel kelistrikan untuk mendistribusikan atau menghantarkan energi listrik sesuai keperluan, tentunya terdapat masukkan dan juga keluaran dari panel listrik.

Bentuk burbar umumnya memiliki bentuk seperti pelat atau penampang tembaga persegi panjang ataupun juga berbentuk tabung dengan ukuran yang cukup tebal untuk bisa menghantarkan arus sangat besar. Busbar dengan bahan logam alumunium memiliki kelebihan diantaranya :

1. Konduktivitas yang tinggi

2. Biaya yang lebih rendah

3. Ketahanan terhadap korosi yang sangat baik

apa itu busbar

Ada beberapa jenis pengaturan busbar yang bergantung kepada faktor kebutuhan instalasi, tegangan voltase sistem power listrik, posisi gardu dan tentu saja faktor biaya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang wajib untuk dipertimbangkan dalam instalasi busbar :

– Pengaturan busbar harus dibuat sederhana dan tentunya mudah dalam pemeliharaan

– Harus diperhatikan kebutuhan akan ekspansi daya kedepannya

– Instalasi dibuat se ekonomis mungkin dengan tetap memperhatikan kapasitas dari panel power gardu listrik

– Terdapat alternatif pengaturan sebagai antisipasi terjadinya pemadaman

– Harus diperhatikan maksimum kapasitas arus yang akan dilewati

Kenapa Menggunakan Busbar ?

Alasan menggunakan busbar adalah untuk mempermudah instalasi maupun perubahan, sebenarnya bisa juga menggunakan kabel ukuran besar namun tentunya sangat merepotkan untuk digunakan dalam panel karena kabel memiliki lapisan isolator yang cukup tebal. Selain itu plat busbar juga lebih efektif dalam mengantisipasi panas berlebih karena arus yang dilewati cukup besar.

penggunaan busbar panel listrik

Bisa dibayangkan jika ternyata dibutuhkan power listrik baru sedangkan dalam panel listrik menggunakan instalasi kabel seluruhnya, tentunya akan sangat menyulitkan. Jika menggunakan busbar maka hanya tinggal menghubungkan dengan terminal yang sudah disediakan biasanya berupa skrup logam seperti gambar dibawah

koneksi busbar

Keyword untuk artikel ini :

apa itu basbar,apa yg dimaksud sensing busbar dalam dunia kelistrikan,cara bentuk busbar