Apa itu Defleksi Yoke ?

Posted on

Pengertian Defleksi Yoke adalah salah satu komponen televisi yang fungsinya adalah untuk pembelok sinyal elektron yang dipancarkan untuk ditampilkan ke layar CRT TV, sinyal elektron yang ditembakkan ini dibelokkan secara horizontal (kanan-kiri) dan vertikal (atas-bawah). Elektron yang ditembakan ke layar ini bertabrakan dengan fosfor sehingga terbentuklah cahaya di layar TV.

Bagaimana ? sudah ada sedikit gambarannya kan mengenai pengertian deflection yoke ?

Karena secara fungsinya adalah membelokkan elektron secara horizontal dan vertikal maka deflection yoke ini juga terdapat 2 gulungan yaitu gulungan horizontal dan gulungan vertikal. Biasanya sih pada kebanyakan yoke, gulungan horizontal terdapat di bagian dalam sedangkan gulungan vertikal terdapat di bagian luar, lebih jelas nya bisa dilihat gambar dibawah ini :

gulungan-defleksi-yoke

Jika didalam rangkaian TV ditunjukkan digambar dibawah ini

defleksi-yoke-rangkain-tv

Lalu bagi yang belum tahu diagram defleksi yoke seperti apa urutan gulungannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini yang saya ambil dari beberapa referensi, saya juga kurang tahu apakah ini berlaku untuk semua deflection yoke atau tidak, namun yang jelas mungkin bisa memberikan sedikit gambaran :

diagram-coil-defleksi-yoke

Tambahan lagi, kebanyakan tetapi tidak semuanya juga, gulungan defleksi horizontal selalu ditandai dengan kabel berwarna Merah-Biru sedangkan pada defleksi vertikal biasanya ditandai dengan kabel warna Hijau-Kuning, pastinya bagi yang sering memperhatikan konektor dari kumparan defleksi ke PCB mesin TV sudah tahu hal ini.

Sinyal untuk defleksi horizontal diperoleh dari tegangan/ pulse horizontal yang dikuatkan ratusan kali lipat pada trafo flyback (FBT). Untuk vertikal tentu saja diambil dari penguat vertikal / IC vertikal, untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

rangkaian-deflection-yoke

Deflection yoke pada dasarnya pada saat perakitan di pabrik sudah distel berbarengan dengan magnet konvergen yang sama sama juga diletakkan di bagian leher tabung. Sehingga jika terjadi kerusakan dan harus dilakukan penggantian maka harus distel ulang posisinya supaya tampilan gambar pas dengan layar tv.

Jika memang terdapat kerusakan pada gulungan dan harus diganti saya sarankan tidak usah tanya ke service center TV nya ya karena saya sudah pernah ke service center TV yang diservice untuk menanyakan harga defleksi yoke tv tetapi ternyata harus satu set dengan tabungnya juga sehingga bisa jutaan harganya untuk TV 29 inch, karena di pabrikan saat produksinya juga memang disetel untuk masing masing tabung crt dengan magnet purity / konvergen.

Beberapa kerusakan deflection yoke yang sering terjadi serta gejala yang timbul pada TV :

– Gambar menyempit kanan kiri

– Bentuk gambar menjadi oval

– Gambar garis horizontal

– Gambar berbentuk gelombang datar

– Transistor horizontal overheat

– Transistor horizontal jebol terus

Dari kerusakan diatas ada beberapa gejala kerusakan tv yang mirip dengan Tv rusak vertikal.

Lalu bagaimana cara mengukur defleksi yoke / deflection yoke ini supaya bisa ditentukan apakah rusak atau tidak ?

Jika diukur hambatan dengan Multimeter tentunya nilai resistansi yoke berbeda beda tergantung ukuran TV juga apakah 14, 21 atau 29 inch tetapi dari pengalaman dan penelusuran ke web referensi service tv saya umumnya hambatan kumparan horizontal nilainya lebih kecil yaitu kisaran 1,2 – 5 Ohm, sedangkan kumparan defleksi vertikal memiliki nilai resistansi 14 sampai 17 Ohm, untuk mengukurnya rekan rekan teknisi bisa pakai analog dengan pengukuran x10, lebih mudah lagi dengan avometer digital supaya lebih presisi.

Demikian artikel kali ini tentang penjelasan cara kerja deflection yoke ? berikutnya saya akan share tentang kerusakan defleksi yoke pada tv. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan rekan teknisi service.

Keyword untuk artikel ini :

yoke tv,cara mengukur resistansi yoke,pengertian defleksi yoke,defleksi,yoke,defleksi yoke tv,fungsi yoke,fungsi yoke tv,cara kerja yoke,gambar yoke pada tv