Cara Membersihkan Mata Solder

Posted on

Walaupun mudah tetapi jika cara membersihkan mata solder tidak sesuai seharusnya malah bisa merusak solder itu sendiri. Nah bagaimana sih teknik membersihkan ujung solder yang sering dijadikan senjata utama para teknisi ini ? Untuk menghasilkan hasil solderan yang maksimal maka teknik menyolder dan peralatan yang digunakan juga harus mendukung salah satunya yaitu mata solder atau sering disebut Soldering Tip.

Sedikit share saja, setiap mata solder dilapisi dengan besi tipis yang fungsinya adalah mencegah korosi pada tembaga yang merupakan bahan dari solder tip. Nah mata solder ini bisa mengalami oksidasi pada suhu tinggi yaitu ketika kita sedang memakainya untuk menyolder. Supaya mata ini awet maka perlu dilindungi dengan memberikan sedikit lapisan timah.

Pemeriksaan berkala wajib dilakukan untuk bagian ini karena selain sangat menentukan hasil solderan juga bisa menekan pengeluaran lho ? karena dengan perawatan yang rutin umur pemakaian solder juga menjadi lebih panjang. Membersihkan mata solder umumnya banyak dilakukan dengan flux dan spons basah tetapi harus menggunakan spons yang khusus ya.

Nah berikut dibawah ini step by step untuk membersihkan mata solder supaya awet :

1. Panaskan solder sampai mencapai suhu yang cukup untuk melelehkan timah

2. Usap mata solder dengan menggunakan spons basah lalu sedikit sedikit lapisi permukaan mata solder dengan timah tadi. Usahakan semua bagian mata solder timahnya harus menempel, jika ada bagian yang belum menempel maka bersihkan lagi. Jangan menggunakan ampelas untuk proses ini karena bisa merusak laisan pelapis mata solder

Cara-Membersihkan-Mata-Solder

3. Selain menggunakan spons basah bisa juga menggunakan sabut dari nilon yang sudah dibasahi

Ada juga sedikit tips supaya awet yaitu apabila sehabis digunakan turunkan suhu solder atau cabut steker solder jika memang sedang tidak digunakan. Lebih bagus lagi jika menggunakan minyak solder / Amtech.

Amtech minyak solder

Setiap menggunakan solder coba bersihkan dengan kapas atau kain yang sudah dibasahi dengan amtech tadi. Fungsinya adalah supaya tidak ada timah yang masih menempel pada solder sehabis digunakan, timah yang dibiarkan menempel sampai mengering dan dibiarkan beberapa waktu akan menyebabkan korosi pada soldering tip.

Keyword untuk artikel ini :

ujung solder tidak panas,cara membersihkan mata solder,cara membersihkan ujung solder,cara membersihkan solder,mata solder,membersihkan ujung solder,mata solder yang bagus,membersihkan mata solder,cara membersihkan mata solder yang hitam,Ujungnya solder

COPIED – Cara Membersihkan Mata Solder

Posted on

Membersihkan mata solder adalah sangat perlu dilakukan untuk mendapat hasil penyolderan yang maksimal, dengan mata solder yang baik dan bersih proses penyolderan kaki komponen ke PCB tidak terjadi dalam waktu yang lama.

Ini karena semakin lama proses penyolderan semakin buruk juga hasilnya selain itu ada juga resiko komponen rusak karena mendapat panas berlebih / overheat. Lihat juga artikel cara menyolder yang baik untuk referensi anda.

Membersihkan mata solder biasanya dilakukan dengan menggunakan flux dan spons, tapi tahukah anda cara yang tepat untuk melakukannya ?

  • Pertama tentu saja kita harus memanaskan solder terlebih dahulu
  • Gosok perlahan permukaan mata solder dengan menggunakan spons besi sampai bersih atau bila anda tidak mempunyai spons besi bisa juga menggunakan sabut nilon basah
  • Setelah itu usap mata solder dengan spons basah lalu lapisi dengan timah solder. Ulangi terus hingga timah solder dapat melapisi mata solder dengan sempurna. Bila ada permukaan yang tidak tertempel timah maka permukaan tersebut perlu dibersihkan lagi.

Selain itu perlu diketahui bahwa ada dua jenis mata solder, mata solder yang biasa yang pake logam atau mata solder yang menggunakan Crystal. Mata solder Crystal lebih baik kualitasnya. Tergantung kepada jenis solder yang anda miliki juga.

Cara Membersihkan Mata Solder

Untuk membersihkan mata solder dengan logam bisa dibersihkan dengan mengampelasnya terlebih dahulu bila permukaan mata solder sudah tidak mau timah menempel. Setelah itu panaskan dan celupkan solder ke pasta timah / pasta solder sampai berubah putih dan sisanya diusap pake kertas.

Sedangkan untuk mata solder Crystal kita hanya perlu membersihkan dengan menggunakan kertas saja pada ujung ujung nya.

Semoga artikel Cara Membersihkan Mata Solder ini bisa bermanfaat untuk anda.