Cara Membuat Rangkaian Paralel

Posted on

Kali ini saya akan share bagaimana cara membuat rangkaian paralel sederhana dengan mudah karena memang pengetahuan ini wajib diketahui setidaknya oleh teknisi listrik, pada artikel sebelumnya pernah dishare juga mengenai pengertian rangkaian seri dan paralel secara lebih jelasnya.

Pada dasarnya rangkaian atau circuit baik listrik maupun elektronika pasti menggunakan salah satu dari jenis koneksi seri atau paralel untuk bisa menghubungkan antar komponen yang dibutuhkan. Pada rangkaian yang lebih kompleks lagi biasanya digunakan rangkaian campuran yang merupakan gabungan keduanya.

Bahkan cara membuat rangkaian paralel ini biasanya sudah diajarkan untuk anak SD karena memang ini adalah benar benar dasar dari listrik dan elektronika.

Sedikit refresh bagi yang belum tahu pengertian rangkaian paralel adalah cara menghubungkan beberapa komponen atau beban listrik secara tersusun atau berurutan dan bercabang sehingga setiap bagian langsung terhubung ke sumber listrik utama.

Beberapa kelebihan rangkaian paralel diantaranya :

  1. Tegangan untuk tiap bagian adalah sama besar
  2. Jika ada salah satu bagian komponen listrik yang mati maka komponen listrik lainnya akan tetap menyala normal.

Penerapan circuit paralel misalnya adalah di instalasi listrik rumah karena seperti yang kita tahu umumnya semua peralatan listrik khususnya di Indonesia menggunakan tegangan 220 Volt AC yang artinya jika kita memiliki peralata listrik seperti AC, TV, kipas angin, pompa air dan lain lain tentunya harus mendapat tegangan yang sama bukan ?

Untuk itulah rangkaian listrik paralel untuk instalasi listrik rumah digunakan karena jika dihubungkan secara paralel maka tegangan setiap beban listrik adalah sama. Berikut contoh gambarnya :

contoh instalasi listrik rumah

Contoh lain penerapan adalah pada rangkaian paralel lampu lalu lintas yang biasa ditemukan untuk mengatur lalu lintas jalan raya, pada lampu lalu lintas lampu merah kuning dan hijau menyala bergantian sesuai settingan timer yang ada.

rangkaian lampu lalu lintas

Gambar diatas adalah contoh rangkaian paralel pada lampu lalu lintas walaupun cukup rumit karena sudah termasuk timer control namun secara dasarnya lampu dipasang secara paralel

Cara Membuat Rangkaian Paralel

Nah setelah mengerti dasar dan penerapannya, dilanjutkan praktek membuat rangkaian paralel dengan lampu, bisa juga dengan lampu LED dan tambahan dengan saklar supaya lebih hemat dalam penggunaan arus. Berikut langkah langkah

  1. Tentukan dulu sumber arus listrik yang akan digunakan, tidak perlu menggunakan listrik 220 Volt AC tetapi hanya menggunakan baterai kotak 1.5 volt saja 2 buah sudah cukup supaya lebih aman
  2. Pilih jenis beban yang akan digunakan, dalam hal ini adalah lampu LED ataupun lampu bohlam kecil
  3. Persiapkan kabel kecil yang akan digunakan sebagai konduktor
  4. Persiapkan saklar sebagai kontrol untuk menghidupkan dan mematikan rangkaian
  5. Susun rangkaian paralel lampu atau LED 4 buah seperti dibawah ini

rangkaian listrik paralel 4 lampu

Rangkaian listrik paralel 4 lampu

Jika dirasa sulit atau kekurangn bahan maka bisa juga terlebih dulu membuat rangkaian listrik paralel 2 lampu tinggal mengurangi saja jumlah lampu yang ada. Seperti gambar diatas bisa kita lihat banyak koneksi kabel yang dibutuhkan untuk cabang nya dan misalkan saja salah satu lampu mati maka lampu yang lainnya masih akan tetap hidup, itulah salah satu kelebihan rangkaian paralel dibandingkan dengan seri.

Pada rangkaian yang lebih kompleks lagi bisa dilihat dibawah ini untuk cara membuat rangkaian listrik dengan saklar tambahan dimasing masing lampu. Bisa kita perhatikan lampu ketiga dari atas dalam kondisi mati karena saklar memang dalam posisi OFF.

cara membuat rangkaian listrik dengan saklar

Itu juga yang merupakan kelebihan rangkaian paralel dimana nyala atau mati lampu tidak terpengaruh oleh kondisi lampu lain yang berbeda saklar, rangkaian diatas secara tidak langsung adalah versi sederhana dari instalasi listrik rumah.

Sebenarnya jika dilihat lebih teliti lagi contoh gambar diatas juga merupakan rangkaian listrik seri paralel dan campuran karena bisa kita lihat baterai yang tegangan 1.5 Volt DC dihubungkan secara seri. Nah demikian share artikel kali ini semoga bisa menambah wawasan pengunjung blog ini.