Cara Mengatasi Listrik Yang Tiba-tiba Padam

Kali ini saya ingin berbagi tips untuk cara mengatasi listrik yang tiba tiba padam dan pastinya mengganggu aktifitas khususnya saat di malam hari apalagi ternyata yang mati ternyata hanya listrik di rumah kita saja.

Bagi kaum hawa yang biasanya awam terhadap hal seperti ini pasti akan panik terlebih dahulu padahal untuk gangguan seperti ini belum tentu juga harus memanggil teknisi listrik misalnya dengan melihat layar meteran listrik prabayar apakah mati atau tidak, berikut ini beberapa cara pengcekannya sebelum memanggil petugas PLN :

  1. Cek listrik tetangga sekitar

Cara ini sangat mudah dilakukan dan dilihat jika pada malam hari yang pastinya lampu disekitar rumah kita ikut menjadi gelap dan sudah bisa ditebak gangguan listrik bukan hanya rumah kita saja.

2. Cek display KWH Meter

Jika langkah pertama tidak bisa dilakukan maka bisa dicoba langkah berikutnya yaitu dengan mengecek apakah KWH meter menyala atau tidak, bisa dilihat dari display nya atau lampu indikator LED yang ada. Jika memang mati maka bisa jadi sedang ada gangguan listrik di pusat nya dan tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu listrik kembali normal. Gangguan meteran listrik prabayar mati total bisa terjadi karena berbagai hal dan biasanya terjadi tiba tiba namun umumnya karena gangguan di PLN pusat setempat

display Kwh meter

Seperti halnya di rumah pada listrik pusat PLN juga dilengkapi pengaman misalnya saja pengaman petir, over voltage/ kelebihan tegangan, atau over current / kelebihan beban. Jika terjadi kesalahan yang disebutkan tadi maka pengaman akan memutus arus listrik dan menyebabkan aliran listrik ke pelanggan diputuskan. Dalam hal ini teknisi PLN sesegera mungkin melakukan perbaikan karena tentu saja gangguan mati listrik ini juga merupakan kerugian bagi pihak PLN.

3. Cek kondisi MCB Kwh Meter

Jika KWH meter (apa itu Kwh Meter ?) menyala dan kondisi MCB (miniatur circuit breaker) di OFF bisa dicoba untuk memindahkan kembali ke ON. Jika ternyata ditemukan dalam kondisi OFF ada kemungkinan beban listrik di rumah kita terlalu tinggi, sebagai info saja MCB akan memutus kontak nya jika terdapat arus yang mengalir melebihi batas arus MCB tersebut. Lebih detailnya sudah pernah diulas di artikel apa itu MCB ?

Tetapi jika ternyata sudah dicoba untuk memindahkan ke posisi ON dan saklar MCB kembali lagi ke OFF jangan sekali kali untuk memaksakan dinyalakan karena itu tandanya terdapat korslet listrik / short / hubungan pendek arus listrik dan harus dilakukan pengecekan dulu ke semua perangkat listrik dirumah

Cara menyalakan MCB

Bagaimana cara pengecekan/ memperbaiki listrik konslet ?

Mudahnya adalah dengan cara mematikan semua perangkat listrik di rumah dan sebisa mungkin cabut steker untuk semua peralatan listrik lalu coba dengan menyalakan kembali MCB di KWH meter, jika ternyata bisa tetap di posisi ON maka bisa dimulai dengan menyalakan satu persatu peralatan yang tadi dimatikan.

Selanjutnya bisa ditebak saat terdapat alat listrik yang dinyalakan ternyata malah mengakibatkan mati listrik maka alat tersebutlah yang menyebabkan korsleting listrik.

4. MCB Kwh meter sering turun

Jika sudah dipastikan perangkat listrik di rumah tidak ada yang salah begitu pun dengan instalasinya tetapi listrik / MCB kadang tetap turun maka ada kemungkinan kerusakan pada MCB nya karena di dalam saklar MCB terdapat saklar mekanis yang bisa saja karena faktor usia penggunaan sehingga mengalami penurunan kualitas dan manjadi penyebab MCB listrik sering turun, tetapi sayangnya untuk mengganti MCB ini tidak bisa sembarangan teknisi atau ahli listrik dan harus petugas PLN resmi supaya dilakukan penggantian baru.

cara kerja MCB

Selain gangguan listrik diatas bisa juga ada penyebab listrik mati tapi meteran tidak turun, listrik rumah mati sebagian biasanya disebabkan instalasi listrik rumah yang kurang baik, atau bagi yang memiliki beberapa MCB di instalasi rumah bisa jadi salah satu MCB mengalami kerusakan.