Cara Mengukur Thermistor

Posted on

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengukur resistor ada baiknya mengenal apa itu thermistor seperti yang pernah diulas di artikel jenis jenis resistor. Thermistor ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu NTC dan PTC.

Harap dibedakan antara thermistor dan thermostat ya karena keduanya beda jenis walaupun sama sama bekerja berdasarkan suhu. Jika thermistor adalah sejenis resistor yang akan berubah nilai resistansinya sesuai tinggi rendahnya suhu di sekitar sensor sedangkan thermostat adalah sejenis switch yang akan berubah kontak NC/NO nya berdasarkan suhu di sekitar.

bentuk thermistor ptc ntc

Untuk resistor NTC yaitu negative temperature coefficient, sesuai namanya mengindikasikan bahwa resistor jenis ini akan turun nilai resistansinya jika di suhu rendah.

Untuk resistor PTC yaitu positive temperature coefficient yang nilai resistansinya akan bertambah jika suhu disekitarnya meningkat.

simbol thermistor ptc ntc

Kedua thermistor ini bisa dicek dengan mudah menggunakan sebuah AVO meter digital maupun analog. Pertama tama tempatkan selector AVO meter di mode pengukuran resistansi atau Ohm meter. Hubungkan kaki kaki thermistor ke multimeter tanpa melihat polaritas, seharusnya seketika itu juga jarum multimeter akan menunjukkan angka.

cara mengukur thermistor

Sekarang coba panaskan body thermistor dengan ujung solder, hair dryer atau lainnya dan bisa dilihat pembacaan multimeter akan berubah resistansi bertambah atau berkurang tergantung apakah itu jenis PTC atau NTC. Perubahan pembacaan nilai resistansi ini hanya akan terjadi pada thermistor yang masih berfungsi dengan baik.

Jika kita tidak mengetahui apakah thermistor yang kita ukur itu PTC atau NTC maka cukup diperhatikan saja bahwa jika setelah diberi suhu panas resistansinya meningkat maka bisa dipastikan itu adalah jenis thermistor PTC sedangkan jika nilai resistansi berkurang / turun saat diberi suhu panas maka jenis thermistor adalah NTC.

Bagaimanapun juga ini hanya pengetesan secara kasarnya saja, untuk pengukuran yang mendetail maka sebenarnya harus terdapat spesifikasi atau karakteristik dari produsen thermistor tersebut.

Keyword untuk artikel ini :

Cara Nyervis tv Sharp mati total,cara mengukur thermistor,yang menyebabkan termistor rusak pada tv,cara mengukur thermistor menggunakan multimeter analog,cara mengukur thermistor kulkas,cara mengukur termistor ntc,cara mengukur ptc tv,cara mengetahui thermistor bagus atau tidak,cara memperbaiki ntc rusak pada tv,Cara cek thermistor ir3570