Cara Service LCD/ LED TV Mati Total

Posted on

Di artikel kali ini saya akan share bagaimana cara memperbaiki atau service kerusakan LCD/ LED TV mati total, bagi orang awam mungkin kerusakan seperti tidak mau hidup sama sekali menunjukkan gejala kerusakan yang parah. Tetapi bagi teknisi akan mempermudah analisa kerusakan karena hampir 90% bisa dipastikan kerusakan ada pada bagian blok power supply sehingga mempercepat perbaikan.

Walaupun demikian tetap diperlukan analisa yang jeli karena mati total juga banyak jenisnya misalnya saja pada beberapa merk TV kerusakan yang terjadi pada TV LCD LG, LED merk LG maupun Samsung TV mati mendadak, tv tiba tiba mati sendiri, atau bahkan tv lcd mati total kena petir.

Sebelum menjelaskan lebih jauh ada baiknya kita mengetahui dulu seperti bagaimana hubungan antar blok / modul supaya teknik analisa kerusakan tv bisa dilakukan dengan benar :

diagram blok lcd led tv

bagian bagian mesin tv lcd led

Secara sederhana dapat dijelaskan cara kerja blok powr supply SMPS pada LCD / LED TV yaitu :

  • Saat TV diberi tegangan PLN maka dari power supply kecil (pada gambar : Standby reg 5V) akan ada tegangan 5V untuk mikrokontrol pada main board.
  • Lampu standby menyala merah jika tegangan mikrokontrol normal 5V
  • Saat tombol power ditekan maka mikrokontrol akana mengecek setiap blok modul jika tidak ada masalah yang biasanya ditandai dengan LED yang kedip kedip pada LCD TV.
  • Jika terdapat masalah maka akan menyala standby
  • Jika semua modul/ bagian pada LCD normal mikrokontrol akan mengirimkan sinyal “ON” ke bagian blok power supply utama SMPS supaya menghasilkan tegangan 12/24V yang nantinya digunakan untuk power ke mainboard dan inverter (lampu LED ballast).
  • LED backlight menyala setelah ada tegangan power supply 24V, rangkaian inverter bekerja dan PWM-DIM sudah aktif.

Cara Memperbaiki TV LCD/ LED mati total

Seperti dijelaskan diawal kemungkinan besar disebabkan oleh power supply / regulator oleh karena itu perbaikan bisa difokuskan ke power supplynya. Berikut langkah langkah nya :

  1. Ukur tegangan sesuai label tegangan yang ada pada main board SMPS
  2. Tegangan untuk standby mikrokontroler wajib ada 5V, pada sebagian TV ada juga yang 3,5V oleh karena itu wajib cek label tegangan di mainboard
  3. Jika tegangan standby 5V tidak ada bisa dipastikan power supply yang kecil mengalami kerusakan
  4. Cek apakah sudah ada tegangan kontrol “ON” dari main board ketika power on dinyalakan ?
  5. Jika tidak ada maka ada kemungkinan main board rusak.
  6. Jika ada maka perlu dilakukan pengecekan di SMPS utama kenapa power supply utama tidak mau bekerja sehingga tidak ada supply 12/ 24V.

Sebenarnya kerusakan komponen pada TV tabung dan LCD masih sama saja seputar dioda zener yang short, IC kecil yang putus, regulator power supply pada bagian osilatornya tidak bekerja dll. Bahkan tidak jarang juga ditemukan kapasitor kering, sudah menggembung sehingga menyebabkan power supply tegangannya menjadi turun dan tidak bisa bekerja dengan normal.

Tabel tegangan pada SMPS TV LCD/ LED

Tabel tegangan pada SMPS TV LCD LED

Untuk memudahkan bisa dilakukan pengecekan dengan cara mencabut kapasitor/ elko dan mengukurnya dengan AVO meter apakah short atau tidak, lebih baik lagi menggunakan ESR meter supaya pengukuran lebih akurat.

Karena saat ini belum banyak toko elektronik yang menjual komponen komponen kecil yang mengalami kerusakan, maka disarankan jika memang sudah mentok bisa menggunakan gacun regulator / board power supply alternatif sebagai penggantinya, biasanya disebut juga universal regulator.

Contoh gacun TV untuk LCD/ LED TV

gacun untuk lcd led tv

Yang wajib diketahui adalah tegangan yang diperlukan untuk tiap pin yang ada pada soket power supplynya jangan sampai salah, yang bisa dilihat juga di papan PCB power supplynya . Jika ada tegangan yang tidak sesuai akan sangat fatal.

Keyword untuk artikel ini :

Tv alexander slim stand by tidak bs star,cara sevis tv led pld24d600 mati total,main board tv canghpng mati total,panduan service tv led