Cara Service TV China Mati Total

Posted on

Sobat teknisi kali ini saya akan share cara service tv China mati total yang barangkali pengalaman dan dari berbagai sumber yang didapatkan bisa bermanfaat bagi teknisi lainnya.

Saya pribadi biasanya akan lebih senang menerima kerusakan TV china mati total jika dibandingkan dengan kerusakan adanya cacat tidak normal baik di tampilan gambar maupun suaranya, karena kerusakan mati total biasanya penyebab dan pencarian kerusakan elektronika nya lebih mudah dibandingkan cara perbaiki tv mati standby. Asalkan tentunya bukan karena TV kena petir ya karena sulit menebak sampai separah apa kerusakannya tanpa pengecekan menyeluruh.

Umumnya pada mesin TV China, rangkaiannya tidak rumit dan tidak terdapat banyak proteksi misalnya saja seperti pada kerusakan TV Sharp Protek yang terkenal banyak proteksi sehingga butuh cukup waktu dan tentuya ketelitian juga.

Mesin Tv China

Nah jika ditemui kerusakan mati total pada TV china seperti merk Wansonic, Wcom, changhong dan merk aneh lainnya baik pada ukuran 14 inch atau 21 inch kemungkinan bisa ditebak penyebabnya adalah pada bagian horizontal ( Flyback, Transistor Horizontal short), bagian power supply IC atau transistor short dan terakhir pada blok Video Amplifier.

Kenapa bagian bagian ini sering rusak ? alasannya adalah karena umumnya pada TV China menggunakan tabung CRT bekas monitor yang kita tahu defleksi yoke nya memiliki impedansi yang kecil dengan ukuran yang besar juga sehingga ketiga blok tadi dipaksa untuk bisa bekerja keras dan tidak aneh jika terjadi kerusakan cukup sering.

Walaupun demikian bukan berarti perbaikan TV Cina ini bisa disepelekan karena tentunya tetap diperlukan analisa kerusakan dengan benar supaya bisa ditemukan TV mati total dengan lampu indikator tidak menyala ini apa penyebabnya. Nah berikut ini sudah sara rangkum beberapa diantaranya yang paling sering terjadi :

Kerusakan Blok Power Supply

Blok power supply TV China yang paling sering terjadi kerusakan yaitu tegangan B+ 110V menghilang atau drop, bisa juga tegangan 24 Volt sebagai supply untuk blok vertikal. Yang harus dipastikan untuk dicek adalah fuse pastikan tidak putus, dioda bridge short, kapasitor filter short sehingga tegangan menjadi rendah dan TV mati total.

Umumnya jika memang terjadi kerusakan pada komponen akan cukup terlihat jelas perbedaannya karena kualitasnya biasanya tidak terlalu bagus. Misalnya saja kapasitor elco akan terlihat menggembung, resistor berubah warna karena kepanasan.

skema tv china power supply

Kerusakan Blok Horizontal

Contoh kerusakan yang disebabkan dari bagian horizontal misalnya Tv mati total, flyback berdenging, transistor power horizontal short. Seperti yang kita tahu blok horizontal ini adalah syarat yang wajib ada supaya TV bisa berfungsi normal sehingga pastikan tegangannya normal. Jika drop maka bisa dicek putus jalur PCB dari power supply apakah drop disebabkan dari power supply atau salah satu komponen horizontal rusak.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan turunnya tegangan pada blok horizontal yaitu Elco yang kering, dioda damper yang short walaupun agak jarang kasus ini terjadi. Namun jika terjadi short pada dioda damper biasanya tegangan tidak akan turun sampai 0 volt.

Dioda damper Tv china
Rangkaian Dioda Damper dan Bentuknya

Pernah juga ditemui kerusakan transistor horizontal short terus ternyata penyebabnya adalah cop karet flyback yang menempel pada tabung CRT sudah mengering karena kualitasnya jelek sehingga ada bocor tegangan tinggi yang menyambar ke mainboard dan menyebabkan short horizontal

Kerusakan Blok Vertikal

Kerusakan pada blok vertikal tv china yang menyebabkan mati total yaitu tidak jauh dari hilangnya tegangan +24 VDC dari power supply. Cek apakah IC vertikal pecah atau tidak, elco yang kering, dioda zener short dan lain lain. Untuk diketahui tegangan output vertikal berkisar antara 12V-16Vdc yaitu dari IC vertikal menuju defleksi vertikal.

Jika IC vertikal setelah diganti terus menerus rusak cek juga pada artikel penyebab IC vertikal pada TV jebol terus. Berikut dibawah ini contoh skema TV vertikal China bagian vertikal.

skema tv china blok vertikal

Nah semoga artikel tentang cara servis tv cina ini bisa bermanfaat ya untuk rekan teknisi pengunjung web ini.

Keyword untuk artikel ini :

elektro tv cina kerusakan herodontal dering konslet,analisa servis tv yg matot,Kode warna resistor 615 dan warnanya apa aja pada tv sanyo 29inc,mesin tv china wcom mati total,Penyebab otocopel rusak pada tv china,tv china mati total,tv cina wcom mati total apa solusinya,Warna resistor 615 dan a pada tv sanyo 29inc