Cara Service TV Protek

Posted on

Para teknisi service tentunya sudah terbiasa dengan kerusakan TV bukan ? tetapi saya yakin cara service TV protek perlu lebih memerlukan ketelitian baik itu untuk Sharp, Polytron, Sanyo dan lain lain. Untuk informasi saja yang paling sering menggunakan sistem protek adalah TV Sharp, sedangkan merk lainnya seperti Polytron, Samsung, LG dll tidak selalu menggunakan protek, jika pun terdapat protek tidak serumit pada merk Sharp.

Ciri kerusakan protek yaitu indikator power LED dibagian depan kontrol TV menyala normal namun ketika ditekan tombol ON di remote atau di menu program sama sekali tidak respon. Dalam penggunaanya sistem protek kedalam sebuah unit TV biasanya digunakan komponen diode zener, transistor atau bahkan dioda biasa dengan daya kecil.

kerusakan tv protek

Cara kerja protek sendiri cukup sederhana yaitu dengan cara menghubungsingkatkan atau menshortkan komponen protek sehingga menjadi sinyal masukan untuk IC MICOM dan selanjutnya memerintahkan semua rangkaian untuk menjadi tidak aktif / off. Selanjutnya muncullah indikator mati standby atau bahkan kedip sebagai tanda kerusakan protek.

Apa Fungsi Protek pada TV ?

Lalu sebetulnya apa sih fungsi protek ini pada televisi ? fungsi utamanya sebenarnya adalah untuk meminimalisir kerusakan pada televisi supaya tidak menyebar ke blok lain yang ada di TV yaitu dengan cara mematikan fungsi rangkaian yang menyalakan televisi.

Sebenarnya yang diuntungkan disini adalah konsumen juga karena nantinya berpengaruh ke penggantian part yang diganti tidak merembet ke bagian lain. Tetapi yang dipusingkan dengan adanya protek ini adalah teknisi khususnya teknisi service karena menjadi lebih sulit untuk menemukan titik kerusakan.

Beda lagi jika perbaikan dilakukan teknisi service resmi merk TV bersangkutan pastinya akan lebih mudah menemukan kerusakan karena tentunya sudah memiliki titik ukur sensor protek yang jelas disertai dengan diagram TV tersebut yang pastinya sangat membantu penelusuran kerusakan.

Cara Service TV Protek

Lalu bagaimana teknik untuk cara memperbaiki Tv protek ? memperbaiki TV dengan kerusakan protek bisa jadi akan sangat membingungkan teknisi service khususnya yang masih junior karena gejala kerusakan yang ditimbulkan seringkali tidak memiliki hubungan dengan part atau komponen yang rusak.

Terlebih lagi untuk kerusakan TV Sharp Protek yang memang sudah terkenal rumit sistem proteksinya. Dan lagi tidak ada standar protek antara merk satu dengan lainnya sehingga jalan satu satunya adalah belajar dari pengalaman baik pribadi maupun share dengan teknisi lainnya. Namun untuk bisa membantu proses perbaikan ada baiknya mencari skematik dari TV bersangkutan supaya bisa mencari titik pengukuran yang tepat.

Sebenarnya banyak sekali jenis protek yang digunakan dan akan membutuhkan penjelasan yang sangat panjang namun secara garis besar dibagi menjadi seperti berikut :

Protek Tegangan

Yaitu proteksi yang akan aktif dan mematikan fungsi rangkaian jika tegangan untuk blok tertentu pada Tv tidak ada, tegangan yang dimaksud misalnya 5 volt, 8 volt, 9 volt, 33 volt (tuner), 180 volt untuk video drive, tegangan IC vertikal, tegangan ABL, tegangan untuk IC suara, dan tegangan untuk heater 0 Volt yang biasanya disebabkan resistor putus atau flyback rusak.

Contoh TV dengan protek tegangan misalnya Polytron dimana hampir semua sistem proteksinya adalah dari tegangan vertikal, sehingga jika bagian vertikal tidak bekerja maka bisa menyebabkan TV mati terprotek. Tegangan vertikal hilang ini bisa disebabkan beberapa hal misalnya tegangan hilang untuk IC vertikal, Vertikal out rusak, flyback yang tidak bekerja padahal Vcc untuk vertikal disupply dari Flyback.

Contoh pin protek pada IC TDA 9381

pin protek IC TDA 9381
sumber gambar : marsono tv

Pada jenis protek tegangan yang harus diperhatikan adalah umumnya pada pin protek IC mikrokontroller harus terdapat tegangan jika tidak terdapat tegangan maka biasanya yang harus dicek adalah dioda zener short yang menyebabkan protek aktif.

Protek Data

Yaitu sistem proteksi yang akan aktif jika komunikasi data antar IC tidak berjalan lancar, data yang dimaksud disini tentunya adalah SDA/SCL sehingga pengecekannya harus dilakukan untuk IC data yang terhubung dengan SDA SCL misalnya saja tuner, IC EEPROM dll. Bisa juga disebabkan oleh hilangnya tegangan untuk IC EPPROM.

Untuk membedakan kerusakan antara proteksi data dan tegangan biasanya pada proteksi tegangan TV akan langsung mati begitu saja sedangkan pada protek data umumnya ditunjukkan dengan indikator LED yang berkedip kedip, banyaknya kedipan biasanya menunjukkan bagian yang rusak sehingga akan mempermudah perbaikan.

Perbaikan TV yang terprotek karena kerusakan pada pin SDA SCL biasanya adalah dengan memutus semua koneksi yang tersambung ke SDA SCL sampai ditemukan komponen mana yang menyebabkan tegangan turun, tegangan normal SDA SCL seharusnya berkisar 5 Volt DC.

Seperti yang diketahui pin data tersebut tersambung ke hampir semua bagian pada sirkuit TV seperti diagram berikut ini :

Protek TV SDA SCL

Sebagai tambahan, biasanya pada TV model lama digunakan protek X-Ray karena sistem protek seperti ini adalah yang pertama diterapkan pada TV, cara kerja proteksinya kurang lebih jika tegangan dari flyback tiba tiba naik sehingga terbaca pada sebuah sensor dioda zener dan tegangan anoda tabung gambar menjadi terlalu tinggi maka sirkuit proteksi akan mematikan bagian horizontal.

Nah berikut ini ada contoh beberapa pin protek pada jenis IC yang sudah umum ditemui semoga bisa membantu perbaikan TV protek :

Pin Protek TV Polytron
Polytron chroma TDA8842 – pin no 2
Polytron HBT 00-02G – pin no 62
Polytron HBM 00-XX  – pin no 16
Polytron STV2238  – pin no 61
Polytron satu chip STV9302  – pin no 62
Polytron MX5203 Minimax STV2286H dengan Program HB-00-11M ada di pin no 16 IC Program

Pin Protek TV LG

LG M37272  – pin no 8
LG CXP86xx  – pin no 41
LG LA76938  – pin no 23

Pin Protek TV Samsung

SAMSUNG SDA555x  – pin no 36
SAMSUNG TDA12120H  – pin no 8 proteksi vertikal, pin no-43 proteksi x-ray

Pin Protek TV JVC

JVC TDA9365 (pin-5)
JVC (pin-13) protektor vertikal, (pin-32) x-ray
JVC MN1873287 (pin-22) protektor audio power suply
JVC M37212M8 (pin-33) protektor regulator 5v, 9v, 11v (pin-48) protektor x-ray

Pin Protek TV Toshiba
Toshiba OEC7062 (pin-9)
Toshiba OEC7063 (pin-29)
Toshiba OEC 7074 (pin-8)
Toshiba OEC 7091 (pin-74)
TMPA8807CMNG (pin-62)

Pin Protek TV Sony
CX1213 – pin no 22
TDA8844 – pin no 50 yang di protek R 369 (1M2) / abl , D 501 / xray , D1505 / vertikal
TDA8374 – pin no 50 yang di protek R319(1M2) / abl , D591 / xray , D1505 / vertikal
TDA8366 – pin no 48 yang di protek R319(1M2) / abl , D591 / xray , D1505 / vertikal

Keyword untuk artikel ini :

skema rangkaian protec tv lg ca 30j60,kerusakan pada bagian apa tv sharp ac dc 67 wj protek,cara mematikan protek tv samsumg,Pin protek tv LG,service tv jvc protek,servis tv samsung protek,servis tv sharp flat,Teknik Dasar Dalam Reparasi Tv Rusak Protek,titik frostek salon toshiba,tv polytron tegangan naik turun