Cara Servis TV Sharp Protek

Posted on

Di artikel kali ini saya akan share cara servis tv sharp protek yang kebanyakan kita tahu merk sharp memang sering kerusakan protek. Nah sebelum mulai service TV ini wajib dibersihkan dulu mesin TV nya dengan sikat atau kuas ujungnya sudah dipotong sekitar 2 cm.

Tujuan membersihkan mainboard ini supaya jika ada titik solder yang terlihat sudah kendur dan mau lepas atau sudah retak bisa kita solder ulang karena tidak jarang penyebabnya adalah karena solderan yang sudah tidak terkoneksi dengan baik. Lebih baik lagi gunakan cairan thinner high gloss ( yang berkualitas bagus dan cepat kering ) untuk membersihkan kotor atau noda pada mesin TV.

Cara Servis TV Sharp Protek

Setelah PCB TV / mesin TV sudah bersih periksa semua titik solder di bagian :

  1. Vertikal
  2. STR Regulator
  3. power supply-Flyback
  4. Transistor Horizontal
  5. Tuner
  6. Deflection yoke

Bagian atau blok rangkaian TV yang disebutkan diatas adalah yang disarankan untuk disolder ulang khususnya untuk bagian IC Vertikal, Power supply, dan Horizontal karena paling sering menerima panas berlebih. Misalnya seperti solderan dibawah ini pada sekitar flyback terlihat sudah retak.

solder ulang mesin TV sharp

Perhatikan juga warna resistor yang ada disekitar blok vertikal apakah ada yang sudah berubah warna karena panas sehingga resistansinya bisa berubah, jika memang yakin terdapat kerusakan pada IC vertikal bisa langsung diganti saja.

Jika bagian blok TV diatas sudah di solder ulang coba hidupkan TV apakah sudah normal ? jika masih protek yang ditandai dengan TV langsung mati dan muncul kedip pada indikator TV lakukan langkah seperti dibawah ini :

  1. Jika lampu indikator menyala warna merah lalu berganti ke warna hijau dan berhenti menjadi warna kuning maka kemungkinan kerusakan ada pada IC memori yang biasanya letaknya ada di bagian depan dan kakinya ada 8 pin type nya bisa 24c04, 24c08 atau 24c16. Tetapi biasanya jika nanti sudah diganti harus ada settingan parameter yang dilakukan dengan kode remote servis tv sharp.
  2. Jika indikator berwarna merah dan kemudian mati maka kemungkinannya kerusakan pada IC MICOM yaitu TDA 938xxx. Tetapi bisa juga karena tegangan 3.3Volt DC pada regulator hilang sehingga pastikan juga dicek dengan power supply ya.
  3. Kerusakan IC memori juga bisa menyebabkan indikator LED kedip hijau atau merah.
  4. Cek tegangan 180V DC untuk blok RGB jika terdapat kerusakan pada resistor pembatasnya bisa menyebabkan protek juga.
  5. Terakhir, jika led indikator menunjukkan warna hijau selama kurang lebih 5 – 10 detik lalu kembali lagi menjadi merah maka kemungkinan kerusakan ada di bagian horizontal. Lakukan pengecekan pada flyback dengan cara mencabut flyback atau menggantung kaki kakinya dan ukur dengan multimeter skala 10K pada kaki ground dan kaki yang menuju kolektor transistor output horizontal. Jika jarum multimeter bergerak maka kemungkinan flyback sudah short.

Kesimpulannya untuk kerusakan TV Sharp protek ini, sebelum melanjutkan ke pengecekan atau penggantian komponen pastikan dulu sebelumnya resoldering dulu blok yang sekiranya sudah retak solderannya. Sisanya yang paling umum kerusakan tidak jauh dari blok vertikal, flyback horizontal, regulator dan MICOM TDA.

Keyword untuk artikel ini :

tv sharp protec,service tv sharp protek,sharp protek,servis tv protek,langkah memperbaiki tv protek,servis tv shrap protek,tv shar,Tp sharp protek,tv sharp 14e35mk3 protek,tv sharp piccolo21es353e2slim protek