Daftar nilai resistor yang ada di pasaran

Posted on

Seringkali kita sebagai teknisi membutuhkan nilai resistor yang tepat untuk pengganti resistor rusak karena terbakar atau putus karena sebab yang tidak diketahui. Dan seringkali dibutuhkan rangkaian seri atau mungkin paralel untuk bisa mendapat nilai resistor yang dimaksud.

Untuk resistor di suatu rangkaian yang memang benar benar terbakar sehingga tidak kelihatan gelang warna resistor nya bisa dicek artikel mengetahui nilai resistor yang terbakar tapi sebelumnya tentu saja wajib mengetahui cara membaca nilai resistor ya.

Oleh karena itu referensi tentang berapa saja nilai resistor yang terdapat di pasaran sangat diperlukan. Dan kebanyakan teknisi tidak tahu atau mungkin tidak sadar bahwa resistor karbon atau yang biasa disebut resistor dengan toleransi 5% memiliki lebih sedikit variasi nilai jika dibandingkan dengan resistor metal film / resistor 1%.

Berikut merupakan daftar nilai resistor yang saya maksud :

daftar nilai resistor di pasaran

Bagi yang belum tahu bentuknya, umumnya seperti dibawah ini bentuk resistor karbon dengan toleransi 5% :

bentuk resistor karbon

Sedangkan untuk resistor metal film seperti dibawah ini :

bentuk resistor metal film

Oia untuk harga dari resistor metal film ini juga relatif mahal ya karena toleransi kesalahan nilai hambatannya juga memang rendah yaitu hanya 1% sehingga cocok untuk rangkaian yang memerlukan nilai presisi yang tinggi seperti contohnya osilator pada rangkaian RF.

Demikian semoga artikel tentang daftar nilai resistor yang terdapat di pasaran ini bisa bermanfaat.

Keyword untuk artikel ini :

nilai resistor di pasaran,harga resistor di pasaran,nilai resistor yang ada di pasaran,resistor yang ada di pasaran,daftar resistor,macam macam nilai resistor,macam nilai resistor,ukuran resistor di pasaran,ukuran resistor,daftar ukuran resistor