Jenis Kabel Listrik, Fungsi dan Harganya

Dalam dunia kelistrikan jenis kabel listrik adalah wajib untuk diketahui oleh teknisi beserta ukuran, fungsi dan lebih bagus lagi penerapan yang tepat untuk masing masing jenisnya supaya penggunaanya sesuai dengan kapasitas yang ada.

Pengertian kabel listrik adalah sebuah media yang terdiri dari bahan konduktor yang fungsinya adalah untuk menyalurkan arus listrik ke peralatan listrik. Ada banyak sekali type kabel listrik yang tersedia dan dibuat untuk berbagai fungsi penggunaan dengan spesifikasi yang berbeda beda pula untuk bisa menghantarkan arus listrik.

Dan wajib diketahui bahwa teknisi listrik tidak bisa sembarangan dalam memilih jenis kabel lsitrik yang akan digunakan, alasannya adalah karena untuk menghindari pemasangan type kabel yang salah dan tidak sesuai dengan kondisi kapasitas arus yang ada sehingga menyebabkan hal yang tidak diinginkan, misalnya kabel menjadi kelebihan beban / overload dan menjadi panas sehingga menyebabkan kebakaran.

Berikut konstruksi dasar kabel yang umum digunakan

konstruksi dasar kabel listrik

Untuk instalasi rumah sendiri biasa digunakan kabel yang terdiri dari bahan konduktor dan isolator, berikut ini penjelasan detailnya

Konduktor adalah bagian inti tembaga sejenis bahan dari logam biasanya bahan tembaga berupa serabut yang fungsinya untuk mengalirkan arus listrik. Selain bahan tembaga juga digunakan bahan lainnya seperti alumunium, perak bahkan emas namun untuk penggunaan khusus yang tentunya harganya juga sangat mahal. Kemampuan kapasitas sebuah kabel untuk menghantarkan listrik sangat ditentukan oleh ukuran dari konduktor yang digunakan.

Isolator adalah sejenis bahan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik sehingga digunakan sebagai pembungkus dari bahan konduktor supaya tidak membahayakan dan supaya tidak terjadi hubungan langsung (konslet) antara phasa dan netral. Bahan yang sering digunakan untuk isolator adalah karet, plastik dan bisa juga dari bahan polymer. Semakin baik tingkat isolator dalam menghambat arus listrik dan menahan panas maka semakin bagus juga isolator tersebut.

Nah berdasarkan type dan ukurannya maka jenis kabel listrik bisa dibedakan sebagai berikut

  1. Jenis Kabel Listrik NYA
  2. Jenis Kabel Listrik NYM
  3. Jenis Kabel Listrik NYY
  4. Jenis Kabel Listrik NYCY
  5. Jenis Kabel Listrik NYAF
  6. Jenis Kabel Listrik NYBY
  7. Jenis Kabel Listrik NYMHYO
  8. Jenis Kabel Listrik NYMHY/NYYHY
  9. Jenis Kabel Listrik ACSR
  10. Jenis Kabel Listrik AAAC
  11. Jenis Kabel Listrik ACAR

Berikut ini detail fungsi kabel serta bahan dan info harga yang bisa didapatkan

Kabel Listrik NYA

Jenis kabel NYA adalah termasuk jenis kabel yang sederhana karena hanya terdiri dari 1 kabel inti tembaga tunggal dan lapisan isolator terselubung yang biasanya terbuat dari bahan PVC.

Fungsi kabel NYA yang paling banyak digunakan sebagai instalasi listrik rumah. Spesifikasi ukuran kabel NYA ini rata rata berkisar 1.5 mm – 2.5 mm untuk diameternya.

Kelebihan kabel NYA : Karena merupakan kabel inti tunggal sangat mudah dan sederhana untuk instalasi kabel listrik sehingga jika ada tarikan kabel tertentu bisa dengan mudah dilakukan.

Kekurangan : Lapisan PVC hanya terdiri dari satu lapis dan tidak tahan terhadap gigitan hewan pengerat seperti tikus atau terhadap cuaca hujan dan panas. Oleh karena itu penggunaan disarankan pada saluran pipa tambahan supaya lebih awet

Harga kabel NYA untuk 1 roll berkisar Rp 2.200 s/d Rp 300.000,- per meter

gambar kabel NYA

Gambar kabel NYA

Kabel Listrik NYM

Jenis kabel ini juga merupakan yang paling banyak digunakan untuk instalasi rumah maupun gedung, pada dasarnya kebl NYM adalah kabel NYA yang digabung menjadi beberapa kabel yang diberi tambahan isolator supaya lebih aman. Ukuran kabel NYM sangat tergantung dari umlah inti kabel tembaga yang bisa terdiri dari 2, 3 sampai 4 jika diperlukan untuk tambahan grounding.

Kelebihan : Dikarenakan terdapat isolator tambahan maka lebih aman dari NYA sehingga bisa ditempatkan di lingkungan basah maupun kering

Kelemahan : Jenis kabel ini tidak untuk ditanam langsung ke tanah dan harganya cukup mahal.

Harga untuk kabel NYM biasanya dijual dengan rentang harga Rp 7.000 s/d Rp 63.000,- per meter

gambar kabel NYM

Gambar kabel NYM

Kabel Listrik NYY

Kabel NYY pada dasarnya adalah penyempurnaan dari kabel NYA dan NYM karena bisa dipasangkan pada lingkungan lembab maupun kering. Sedangkan untuk keperluan kabel yang ditanam tetap disarankan tambahan pipa. Konstruksi isolator kabel ini lebih kuat karena terdapat selubung tambahan yang bahannya anti gigitan tikus.

Kelebihan : Penggunaan kabel bisa ditanam dan terdapat isolator anti gigitan tikus

Kelemahan : Harga yang lumayan mahal

Harga kabel NYY rata rata berkisar Rp 322.000 untuk 2 inti kabel 1.5 mm dan Rp. 434.000 untuk 2 inti kabel 2.5 mm

gambar kabel NYY

Gambar kabel NYY

Kabel Listrik NYCY

Kabel NYCY adalah kabel untuk penggunaan sebagai pnghantar dalam ruangan, bawah tanah bahkan untuk saluran terbuka kering maupun lembab, sangat aman karena lapisan isolator terdapat lagi pelindung pita CU kabel sehingga tahan berbagai kondisi cuaca. Harga kabel NYCY sudah tentu mahal karena ketahanannya.

Berikut ini harga kabel NYCY per meternya :

Kabel NYCY uk 5c x 1.5 mm = 500 Mtr @ Rp. 21.000
Kabel NYCY uk 30c x 1.5 mm = 500 Mtr @ Rp. 100.000

gambar kabel NYCY

Gambar kabel NYCY

Kabel Listrik NYAF

Jenis kabel NYAF secara konstruksi tidak jauh berbeda dengan kabel NYA karena sama sama berinti tunggal dengan satu lapisan isolator PVC. Perbedaanya adalah jenis inti tembaga yang digunakan yaitu menggunakan jenis serabut dengan tujuan untuj mempermudah instalasi pada area yang banyak memiliki tekukan misalnya saja pada panel listrik yang memang membutuhkan jenis kabel dengan fleksibilitas tinggi untuk mempermudah perakitan.

Kelebihan : Mudah dalam instalasi karena terbuat dari ini tembaga serabut

Kelemahan : Tidak cocok digunakan di lingkungan yang lembab atau pada luar ruangan. karena bisa menyebabkan korosi.

Harga kabel ini cukup murah yaitu berkisar Rp 2.800 s/d Rp 450.000,- per meter

gambar kabel NYAF

Gambar kabel NYAF

Kabel Listrik NYBY / NYFGbY / NYRGbY

Kabel listrik ini disebut juga NYFGbY/NYRGbY terdiri dari bahan isolator yang sangat kuat dan bisa dipasang tanpa diperlukan lagi pelindung pipa jika akan dilakukan instalasi bawah tanah yang tidak terlalu dalam, maksimal 80 cm dengan suhu maksimal 70°C. Walaupun lapisan isolator sangat baik namun untuk penggunaan ditanam dengan tekanan yang tinggi tetap diperlukan pelindung.

Kelebihan : Kabel ini memiliki lapisan isolator yang sangat baik

Kelemahan : Harga yang mahal.

Harga kabel NYFGbY berkisar Rp 12.500 s/d Rp 935.000,- per meter

gambar kabel NYBY

Gambar kabel NYBY / NYFGbY / NYRGbY

Kabel Listrik NYMHYO

Kabel NYMHYO sebenarnya bukan peruntukkan instalasi listrik arus besar, tetapi lebih disarankan penggunaan untuk arus rendah saja misalnya saja kabel speaker, audio video, kabel pada rangkaian elektronika tertentu dan lain lain. Karena penggunaan nya khusus indoor maka tidak diperlukan isolator dengan tahan cuaca.

Kelebihan : Terdiri dari banyak inti tembaga

Kelemahan : Tidak tahan panas

Harga kabel NYMHYO untuk inti 1 dengan tembaga 0.75 adalah Rp.180,000 dan Rp.310,000 untuk tembaga 1.5 mm

gambar kabel NYMHYO

Gambar kabel NYMHYO

Kabel Listrik NYMHY/NYYHY

Kabel NYMHY/NYYHY pastinya sudah pernah sobat teknisi temukan di instalasi listrik rumah karena memang sering sekali digunakan biasanya untuk di atap atau dinding. Inti tembaga berbentuk serabut biasanya terdiri dari 3 inti dengan lapisan isolator yang cocok digunakan sebagai pelindung supaya aman bagi manusia. Tetapi jenis kabel NYYHY tidak cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Kelebihan : Mudah dalam instalasi karena berbentuk inti serabut

Kelemahan : Tidak cocok digunakan di luar ruangan

Harga kabel NYYHY berkisar antara Rp 6.000 s/d Rp 104.000,- per meternya

gambar kabel NYYHY

Gambar kabel NYMHY/NYYHY

Kabel Listrik ACSR

Kabel jenis ACSR tidak digunakan untuk instalasi listrik rumahan ataupun tegangan kecil karena hanya digunakan pada perusahaan listrik saja misalnya PLN. Kabel ini biasanya digunakan untuk menghantarkan tegangan ekstra tinggi antar menara distribusi listrik.

Kabel ini berbahan alumunium dengan inti kawat baja serta juga tidak terdapat isolator dengan tujuan untuk mendinginkan inti utama kabel karena memang dengan menghantarkan tegangan tinggi maka suhu kabel juga akan cukup tinggi. ACSR sendiri adalah kependekan dari Aluminium conductor steel-reinforced cable yang merupakan bahan dari inti kabel tersebut.

gambar kabel ACSR

Gambar kabel ACSR

Kabel Listrik AAAC

Kabel Listrik AAAC juga termasuk kabel yang tidak memiliki isolator pelindung karena memang bukan kabel sembarangan. Nama kabel tersebut juga adalah kependekan dari bahan kabel itu sendiri yaitu Aluminium Alloy Conductors (AAAC) yang dibuat dari bahan campuran alumunium dan magnesium. Biasanya kabel ini banyak digunakan sebagai penghantar anti petir ke grounding.

Kelebihan : Karena terbuat dari bahan alumunium maka beratnya juga ringan dibandingkan dengan kabel dengan ukuran yang sama dari bahan tembaga selain itu juga tahan terhadap korosi.

gambar kabel AAAC

Gambar kabel AAAC

Kabel Listrik ACAR

pada dasarnya sama dengan kabel ACSR tetapi dengan spesifikasi bahan inti konduktor menggunakan logam campuran sehingga lebih kuat dan kokoh.

ACAR sendiri merupakan kependekan dari Aluminium Conductor Alloy Reinforced yang memiliki kelebihan dibandingkan kabel ACSR, AAC or AAAC dari segi mekanikal dan elektrikal sehingga sering digunakan untuk transmisi listrik serta jalur distribusi listrik PLN.

gambar kabel ACAR

Gambar kabel ACAR