Kabel Listrik NYA

Posted on

Jenis kabel listrik NYA adalah salah satu kabel yang paling digunakan di instalasi rumah maupun industri dengan skala kecil karena harganya yang terjangkau dan sangat mudah dalam instalasinya karena hanya terdiri dari kawat inti tunggal sehingga mudah dalam penarikan kabel saat pemasangan instalasi listrik rumah.

Instalasi listrik di rumah sendiri juga terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Instalasi penerangan listrik, yaitu semua instalasi jalur listrik PLN yang ditujukan untuk lampu lampu penerangan
  2. Instalasi daya listrik, yaitu instalasi kabel listrik untuk digunakan pada alat alat listrik elektronik rumah tangga sehingga dalam instalasi nya banyak dihubungkan ke stop kontak / colokan listrik. Jenis kabel NYA bisa digunakan untuk penerangan maupun untuk instalasi daya listrik.

Secara umum kabel listrik terdiri dari konduktor dan isolator, konduktor merupakan inti kabel yang biasanya terbuat dari tembaga atau alumunium sedangkan isolator adalah bahan pembungkus atau pelindung yang biasanya terbuat dari plastik PVC.

bentuk kabel NYA

Memilih kabel untuk instalasi kelistrikan tidak bisa sembarangan karena jika penggunaan kabel tidak tepat bisa menyebabkan kabel listrik kelebihan beban yang menyebabkan panas berlebih pada permukaan kabel yang selanjutnya bisa menyebabkan kebakaran.

Pengertian Kabel NYA

Pada artikel sebelumnya tentang jenis kabel listrik, fungsi dan harganya sudah pernah dibahas tentang jenis kabel ini, Kabel NYA adalah jenis kabel listrik yang mempunyai inti tunggal dari bahan tembaga dengan ukuran penampang tertentu dengan pelindung isolasi bahan PVC yang terdiri dari satu lapis. Bagi yang belum tahu kabel ini sering juga disebut sebagai kabel Engkel.

Kenapa disebut sebagai kabel NYA ? sebenarnya tidak ada kepanjangan dari kabel NYA karena NYA adalah hanya menandakan jumlah inti dan jenis isolatornya. Penamaan kabel seperti ini disebut dengan Nomenklatur kabel yang tujuannya untuk memudahkan dalam membedakan jenis kabel itu sendiri.

Berikut ini arti kode kabel NYA :

  • Simbol N artinya jenis kabel penghantar dengan ini menggunakan tembaga
  • Simbol Y artinya kabel ini dilindungi dengan isolasi bahan plastik PVC
  • Simbol A menandakan kabel dengan isolasi tunggal

arti kode kabel NYA

Dikarenakan kabel ini hanya terdiri satu lapis isolator maka relatif mudah mengalami kerusakan mudah cacat, digigit tikus serta tidak tahan dengan air sehingga tidak cocok untuk penggunaan kabel bawah tanah. Penggunaan kabel NYA untuk instalasi listrik harus dipasang dengan pelindung tambahan berupa pipa conduit atau PVC tujuannya yaitu supaya kabel tidak mudah rusak misalnya saja karena menjadi sasaran gigitan tikus.

Selain itu pipa ini juga bermanfaat sebagai pelindung supaya tidak tersentuh langsung jika isolator kabel terkelupas. Warna kabel NYA bervariasi tergantung tujuan penggunaanya

Ukuran Kabel NYA

Seperti yang kita ketahui bahwa pemilihan kabel litrik untuk keperluan instalasi jaringan tidak bisa sembarangan karena bisa berakibat fatal. Ukuran penampang inti tembaga pada kabel sangat menentukan KHA ( kemampuan hantar arus ) suatu kabel yang pastinya semakin besar ukuran penampang maka semakin besar pula KHA nya.

Adapun untuk jenis kabel NYA di pasaran terdiri dari beberapa macam ukuran penampang, namun sebelum membeli jenis dan ukuran kabel yang akan dipakai ada baiknya kita sudah tahu berapa kebutuhan arus yang akan dilewati oleh kabel

ukuran kabel NYA

Berdasarkan pengalaman teknisi berikut ini beberapa ukuran kabel yang aman digunakan beserta kapasitas arusnya :

  1. Kabel ukuran diameter 1,5 mm = 1300 Watt / 6A
  2. Kabel ukuran diameter 2,5 mm = 2500 Watt /10A-16A
  3. Kabel ukuran diameter 4 mm = 5000 Watt / 25A-32A
  4. Kabel ukuran diameter 6 mm = 7000 Watt / 32A-40A
  5. Kabel ukuran diameter 10mm = 10.000 Watt /50A-70A

Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar tabel kemampuan hantar arus / KHA dibawah ini :

tabel kha kabel listrik

Gambar Kabel NYA

Karena kabel NYA adalah salah satu jenis kabel listrik yang paling banyak digunakan maka pastinya banyak terdapat variasi dari bentuk maupun warna yang digunakan, namun seperti disampaikan diatas bahwa tetap saja kabel ini berinti tunggal dengan isolasi dari bahan PVC. Nah bagi yang belum tahu bentuk dari kabel NYA berikut seperti gambar ini bentuknya :

gambar kabel NYA

warna kabel NYA

Harga kabel NYA

Harga dari suatu kabel tentunya sangat bergantung dari ukuran penampang karena semakin besar ukuran penampang kabel maka semakin baik pula kemampuan hantar arus listriknya. Kabel NYA sangat mudah didapatkan baik di toko elektronik bahkan di toko besi sebagai keperluan instalasi listrik rumah pun ada.

Berikut ini beberapa informasi harga kabel NYA per saat artikel ini ditulis semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Spesifikasi Ukuran Kabel Harga (Rp)
1,5 mm 145.000
2,5 mm 230.000
4 mm 360.000
6 mm 530.000
10 mm 877.000