Mengenal Timer Defrost Pada Kulkas

Posted on

Pada artikel kali ini saya coba share mengenal timer defrost kulkas, sesuai namanya salah satu part atau alat pada kulkas ini pada dasarnya adalah sebuah timer yang timing nya sudah ditentukan untuk bisa mengatur kerja komporesor kulkas serta proses pada bagian evaporator yang berfungsi untuk mencairkan es yang menggumpal atau biasa disebut defrost.

Perlu diketahui timer defrost ini hanya terdapat pada kulkas 2 pintu saja, sedangkan pada kulkas satu pintu proses defrost dilakukan manual dengan knop yang sudah disediakan biasanya dekat dengan freezer, biasanya disebut juga nofrost.

timer defrost kulkas

Fungsi Timer Defrost

Fungsi timer defrost pada kulkas 2 pintu atau lebih sangatlah penting karena berfungsi untuk mencegah penebalan es di bagian freezer sehingga timer ini memang berfungsi sebagai pengatur kerja kompresor untuk proses pendinginan dan proses kerja pencairan bunga es dengan cara mengaktifkan heater atau pemanas sampai ketebalan es sudah berkurang, sehingga tegangan yang tadinya digunakan untuk menggerakkan kompressor diubah dialihkan oleh timer ke heater.

Untuk lebih jelasnya untuk skema rangkaian kulkas salah satunya seperti contoh dibawah ini :

skema rangkaian kulkas

Proses timer untuk pencairan bunga es ini mempunyai seting timer kulkas yang tetap yaitu sekitar 6-7 jam. Jika timer kulkas 2 pintu rusak maka kompresor akan terus menyala untuk proses pendinginan dan pada akhirnya akan terjadi ngeblok es, jika yang rusak adalah untuk proses pendinginan maka kulkas juga tidak akan bisa dingin.

timer defrost samsung

Untuk mendeteksi apakah sebuah timer kulkas sudah rusak maka perlu dicek dengan multimeter untuk timer jenis 1-3 diukur di pin 1 dan3, timer jenis 1-4 dikuru di pin 1-4. Jika jarum bergerak maka bisa dilanjutkan dengan menghubungkan pin tadi sesuai jenis ke tegangan listrik 220 V PLN seharusnya gear atau roda gigi bisa terlihat berputar atau tidak.

Kebanyakan kerusakan timer kulkas yang rusak adalah di roda giginya yang mungkin sudah aus atau patah salah satu giginya sehingga timing siklus proses pendinginan dan proses defrost menjadi tidak tepat