Pengaturan Align Lebar dan Tinggi Gambar TV Samsung

Posted on

Pengaturan lebar dan tinggi tampilan gambar biasanya diperlukan untuk TV yang sudah beberapa tahun digunakan, sangat mungkin dalam penggunaan jangka waktu tertentu tampilan gambar pada layar TV menjadi tidak pas yaitu bisa bagian bawah tidak tampil semua untuk vertikal nya atau bisa juga bagian kanan kiri ada bagian yang sedikit terpotong.

Kenapa kerusakan kecil ini bisa terjadi ? penyebabnya karena adanya penyusutan nilai komponen yang ada pada TV misalnya saja komponen komponen yang dalam jangka waktu tertentu mengalami perubahan toleransi dan kapasitansi seperti kapasitor, jika kebetulan komponen ini misalnya di blok vertikal maka bisa menyebabkan gambar vertikal tidak penuh sehingga text berjalan dibagian bawah TV menjadi tidak kelihatan.

Sedangkan untuk perubahan lebar gambar yaitu kanan-kiri sebenarnya agak jarang juga terjadi. Yang paling sering terjadi adalah kerusakan TV gambar kurang penuh atas bawah.

Pengaturan lebar dan tinggi gambar kali ini akan dikhususkan untuk TV Samsung, oia selain disebabkan hal diatas, kerusakan ini bisa juga disebabkan memang karena pengaturan align yang tidak tepat.

Berikut petunjuk untuk adjust align / setting tampilan gambar :

  1. Posisikan TV dalam kondisi Stand by
  2. Masuklah kedalam Factory Mode dengan mengunakan Remote Control menekan tombol Display + Menu + Mute + power ON.
  3. Setelah anda masuk kedalam menu factory mode anda akan lihat adanya beberapa option pada layar TV. Masuklah ke dalam menu pengaturan yang akan disetting, umumnya untuk mengatur kanan kiri menggunakan H-EW (horizontal east west) sedangkan untuk mengatur tinggi rendah atau lebar atas bawah bisa dicari settingan V Amp (penguatan vertikal)
  4. Pastikan sebelum merubah settingan sebelumnya catat dulu berapa angka settingan yg ada supaya bisa dikembalikan ke semula jika terjadi error.

Jika tidak bisa masuk menu factory maka kemungkinan harus menggunakan kombinasi yg berbeda untuk selengkapnya bisa dilihat di artikel kode remote TV Samsung, atau kode remote TV Sharp

Atur posisi / nilai byte pada option tersebut sehingga anda dapat menemukan settingan yang tepat.

  • Dibawah ini ada beberapa panduan untuk mengadjust align

Pengaturan Align Lebar dan Tinggi Gambar TV Samsung

Perlu digaris bawahi settingan ini bisa dilakukan jika kerusakan gambar hanya bergeser sedikit saja, namun jika kerusakan sudah parah maka harus diperbaikin dengan membuka mesin TV dan memperbaiki blok yg bermasalah.

Tambahan satu lagi share video tutorial untuk masuk ke menu factory mode TV Samsung LED

Demikian artikel mengatur lebar kanan kiri dan atas bawah pada TV ini semoga bermanfaat.

Keyword untuk artikel ini :

layar tv melebar atas bawah,cara memperkecil layar tv,cara memperbesar layar tv samsung,gambar tv polytron kurang ke atas,gambar pd tv kebesaran,cara setting layar tv tabung,pengaturan layar tv,gambar tv melebar ke atas,layar tv melebar ke atas,Cara mengecilkan layar tv samsung