Penyebab IC Vertikal Pada TV Jebol Terus

Posted on

Penyebab IC Vertikal jebol terus pada TV bisa karena berbagai macam faktor dan yang membingungkan jika ternyata TV sudah selesai di service malah kembali rusak lagi di IC vertikal yang sama. Nah jika kebetulan rekan teknisi saat ini memiliki kasus seperti tadi khususnya untuk di blok vertikal yaitu IC nya maka berikut saya share tentang penyebab IC vertikal rusak terus.

Seperti biasa sebelum melangkah lebih jauh sudah pada tahu kan mana komponen IC vertikal di PCB mesin TV ? ciri khas IC jenis ini adalah berbentuk seperti sisir yang terdapat heatsink / pendingin di atasnya. IC vertikal yang biasa yang merupakan salah satu komponen dari rangkaian penguat vertikal memperoleh sinyal dari ic utama berupa gigi gergaji yang setelah dikuatkan akan diumpankan ke defleksi yoke. Power supply nya sendiri bermacam macam ada yang bersumber dari B+ atau trafo flyback.

Bagi yang belum tahu, berikut penampakannya supaya bisa lebih afdhol untuk pengecekan TV rusak vertikal nya :

penyebab ic vertikal jebol terus

Jika di diagram rangkaian televisi rekan bisa melihatnya di gambar dibawah ini (skema TV Samsung) :

rangkaian ic vertikal

Berikut ini beberapa yang bisa membuat vertikal rusak terus :

Cek Solderan Vertikal

Pertama kali yang wajib untuk dilakukan adalah cek solderan di blok vertikal dan di blok power supply, sangat mungkin tegangan yang masuk ke IC vertikal tidak sesuai dikarenakan adanya solderan di sekitar trafo switching yang sudah retak.

Tegangan supply IC berlebihan

Kebanyakan IC vertikal tegangan kerjanya tidak sampai 30 volt, jika menemui IC vertikal rusak coba ukur dulu tegangan supply yang masuk ke Vcc IC tersebut dalam keadaan IC tidak terpasang. Jika sampai 35 – 40 Volt atau bahkan lebih pasti ini yang menyebabkan kerusakan bahkan sampai menyebabkan meletus. Perhatikan saat pengecekan supply karena ada yang mengambil dari B+ atau ada juga yang mengambil dari Flyback.

Cek komponen sekitar IC vertikal

Pastikan untuk mengecek komponen aktif di sekitar IC misalnya saja diode yang berada di out rangkaian vertikal yang short / bocor sehingga menyebabkan IC vertikal overload.

Adanya kerusakan di Defleksi Yoke

Cara mudah untuk mengeceknya yaitu ukur defleksi yoke bagian vertikal yang kebanyakan lebih dari 5 ohm jika ternyata kurang dari itu bisa menyebabkan IC vertikal rusak. Kerusakan defleksi yoke pada TV yang rusak short antara kumparan vertikal dan horizontal sangat mungkin IC vertikal rusak terus. Untuk detail tentang ini bisa dicek juga di artikel pengertian defleksi yoke.

Sebagai tambahan berikut saya list juga beberapa persamaan IC vertikal pada TV yang paling sering digunakan :

  1. STV9302A / LA78040 / LA78041 / STV9302B / AN5522 / STV9378 / TDA9302H / LA78045  / TDA8178 / LA78141 / STV9379 / STV8172 / STV9326 / TDA8172
  2. LA7840 / LA7841 / LA7845
  3. LA7837 / LA7838
  4. TDA4863AJ / TDA4865J
  5. TDA8357J / TDA8359J
  6. TDA4866 / TDA4867J
  7. TA8403K / KIA8403K / TA8427K
  8. AN5515 / AN5521

Oia bagi rekan teknisi yang memang diharuskan mengganti IC vertikal dengan persamaan yang ada lebih baik dicari lagi informasi tambahan mengenai arus maksimal yang bisa dilewatkan ke IC tersebut, pada beberapa persamaan diatas ada yang secara kapasitas arus yang dialirkan lebih besar atau lebih kecil dari lainnya. Untuk mengeceknya rekan bisa cek ke alldatasheet.com ya.

Keyword untuk artikel ini :

ic vertikal,tv lg slim ic vertikal jebol terus,tegangan vertikal over,penyebab ic vertikal rusak,tv polytron ic vertikal jebol terus,kerusakan tv polytron bagian vertikal,ic vertikal tv,bentuk ic vertikal pada tv,penyebab ic vertikal pecah,ic vertikal tv polytron