Penyebab Komputer Boros Listrik dan Solusinya

Posted on

Bagi yang memiliki PC dirumah tidak ada salahnya mengetahui penyebab komputer boros listrik karena bisa saja sewaktu waktu ketika dicek pemakaian listrik sudah sangat besar. Salah satu penyebab penggunaan listrik pada PC yang boros disebabkan penggunaan hardware yang tidak tepat, biasanya pada PC rakitan yang memang pemilihan spesifikasi nya bisa custom.

Untuk itu perlu diantisipasi karena komputer saat ini bisa dibilang salah satu peralatan elektronik yg sangat dibutuhkan dan perlu diketahui pc atau komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang menggunakan daya cukup besar tergantung spesifikasinya, terlebih lagi jika dikhususkan untuk gaming dengan grafis yang tinggi.

Nah supaya supaya tagihan atau pulsa listrik di rumah anda tidak melonjak maka bisa menggunakan tips yang akan saya share dibawah ini dan terbukti cukup efektif mengurangi konsumsi daya listrik pada PC, nah berikut ini beberapa cara yang bisa membuat penggunaan listrik lebih hemat pada PC khususnya yang berhubungan dengan pemilihan hardware yang akan digunakan :

CPU / Central Processing Unit

Untuk pemilihan prosesor atau CPU (Central Processing Unit) acuannya mudah saja yaitu lebih tinggi point core yang dimiliki maka lebih efisien juga CPU tersebut. CPU yang merupakan otak pada suatu PC bisa menggunakan daya listrik hingga 100 Watt, Prosesor model terbaru memiliki fitur power management yang lebih baik tetapi dengan performa yang tentunya lebih baik juga.

prosesor pada pc

Berikut dibawah ini adalah perbandingan penggunaan kapasitas listrik pada prosesor terbaru yang memakan resource kecil tetapi dengan performa yang lebih baik :

Penyebab Komputer Boros Listrik

Memory / RAM (Random Access Memory)

Secara tidak sadar pemilihan kapasitas memori / RAM sebenarnya sangat mempengaruhi penggunaan daya komputer, kenapa bisa ? RAM pada sebuah PC berfungsi untuk menyimpan instruksi sebuah komputer untuk bisa bekerja.

Pada RAM yang memiliki kapasitas yang besar misalnya 8 GB selain bisa meningkatkan kecepatan proses juga akan bisa menghemat listrik, alasannya karena pada memori RAM dengan kapasitas yang kecil maka frekuensi write-rewrite akan menjadi lebih sering yang artinya supply power untuk proses kerja RAM juga harus terus menerus disalurkan.

memori RAM pada PC

Pada memori yang lebih besar maka tentunya semakin banyak juga instruksi yang bisa disimpan yang berakibat frekuensi proses write-rewrite bisa berkurang dan tentunya supply listrik juga ikut berkurang.

Kapasitas Hardisk

Apakah kapasitas hardisk mempengaruhi pemakaian listrik pada PC ? Hardisk disusun oleh beberapa cakram yang berputar terus menerus dengan head yang menelusuri cakram tersebut untuk membaca dan menulis semua data yang diperlukan.

pemakaian daya pada harddisk

Sekarang misalnya saja saya ingin mencari sebuah data pada HDD yang mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 500GB dalam kondisi data full maka head akan menelusuri seluruh permukaan disc sehingga pergerakan head lebih aktif. Bandingkan jika HDD yang dipasang adalah 1000 GB / 1 TB maka head hanya perlu menelusuri setengah bagian cakram saja dan sehingga pergerakan head menjadi lebih sedikit yang tentunya menghemat pemakaian listrik juga.

Ingin lebih hemat listrik lagi ? mungkin sudah saatnya beralih ke SSD yang memang tidak disusun oleh cakram serta tidak dilengkapi juga dengan head. Media penyimpanan seperti ini tidak memiliki komponen mekanis didalamnya sehingga pastinya lebih hemat listrik.

VGA Card

Jika anda seorang gamer / penyuka jenis game di PC pastinya tidak segan segan mengeluarkan budget untuk VGA card bukan ? bagi yang belum tahu, bisa dibilang bagian inilah yang paling menentukan kualitas gambar yang dihasilkan dari sebuah PC. Bahkan penggunaan resource power listrik untuk spesifikasi game bisa mencapai 200 Watt yang memang termasuk jenis high-end.

VGA card gaming

 

Jika PC hanya digunakan untuk penggunaan edit dokumen, aplikasi kantoran dan game dengan grafis rendah maka VGA on board adalah pilihan yang bijak, jika tetap ingin menggunakan VGA eksternal supaya mendapatkan grafis yang lebih baik maka carilah VGA external yang memiliki resource power atau Watt yang rendah.

Power Supply Unit

Dari keseluruhan bagian dari sebuah PC, komponen inilah yang paling berpengaruh karena memang bagian inilah yang berfungsi untuk menyuplai daya ke seluruh komponen PC. Pada komputer atau PSU model lama biasanya memiliki power efisiensi yang rendah dengan kisaran 50-70% saja, artinya misalnya saja PC sedang digunakan dengan daya 100 Watt, maka daya yang diteruskan ke komponen PC hanya 50 Watt saja, sisanya digunakan untuk menyuplai circuit power supply itu sendiri dan diubah juga menjadi panas.

power supply pc hemat listrik

Pada PC jenis baru biasanya memiliki power efisiensi yang lebih baik kisaran 80-90% sehingga tidak terlalu banyak daya yang terbuang dan tentunya performa PC bisa semakin meningkat secara signifikan.

Monitor

Jika anda masih menggunakan monitor jenis tabung / CRT maka wajib hukumnya untuk diupgrade ke jenis LCD maupun LED karena pada type tabung CRT bisa memakan daya listrik yang besarnya berkisar 70-100 Watt, dengan ukuran inch yang sama pada LCD atau LED hanya berkisar 40-60 Watt saja.

monitor pc hemat listrik

Keuntungan lainnya yaitu pada tipe monitor LCD tidak mengeluarkan radiasi sehingga lebih aman dan lebih sehat.

 

Keyword untuk artikel ini :

komputer boros listrik,pc gaming boros listrik,apakah komputer boros listrik,penyebab komputer boros listrik,cara CPU komputer model lama bisa hemat listrik,boros listrik pc,yang membuat pc menjadi boros,Apakah semakin banyak makan Ram semakin boros daya,apakah ram memakan daya listrik,apakah listrik komputer boros