Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Solusinya

Posted on

Seorang teknisi listrik wajib tahu nih apa penyebab mesin cuci nyetrum dan solusinya karena masalah ini ada yang paling sering dialami pengguna mesin cuci, terlebih lagi untuk mesin cuci yang sudah berumur alias sudah karatan di bodi nya.

Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mesin cuci yang baru juga bisa nyetrum baik di air nya, tabung maupun di bagian bodi mesin cuci. Sebenarnya sih gigitan gigitan kecil listrik seperti ini tidak berbahaya karena tidak langsung dari instalasi listrik jala PLN.

Penyebab Mesin Cuci Nyetrum

Berdasarkan pengalaman penulis selama bergelut di dunia teknisi ada beberapa hal yang menjadi penyebab mesin cuci nyetrum atau bahkan air mesin cuci nyetrum yaitu diantaranya :

– Setiap mesin cuci khususnya yang sudah berumur lebih dari 3 tahun kondisi komponen pendukungnya sudah tidak optimal misalnya saja kabel listrik terdapat kebocoran, motor dinamo yang menimbulkan induksi listrik sehingga menyebabkan bodi mesin cuci nyetrum ditambah lagi lapisan cat yang sudah mengelupas

– Unit mesin cuci biasanya ditempatkan di tempat yang lembab dan tidak dilengkapi dengan grounding sehingga sedikit saja ada listrik di bodi mesin akan sangat terasa sentakannya

Solusi Mesin Cuci Nyetrum

Hampir semua peralatan elektronik rumah tangga sebenarnya sudah dilengkapi grounding sebagai solusi atas permasalahan diatas, karena grounding yang baik bisa menetralisir induksi listrik yang terjadi pada perangkat elektronik sehingga tidak ada lagi sentakan sentakan listrik saat digunakan, termasuk juga untuk menetralisir jika rumah terkena petir sehingga aliran listriknya tidak sampai merusak perangkat elektronik di rumah.

Tetapi masalah utamanya adalah pada instalasi listrik di rumah biasanya tidak dilengkapi dengan grounding yang baik, untuk detailnya bisa dilihat di artikel mengenali listrik fasa, netral dan ground.

Solusi Mesin Cuci Nyetrum

Tidak semua instalasi grounding pada rumahan dipasang dengan seharusnya, yaitu tukang listrik kemungkinan hanya memasang bagian fasa dan netral saja tanpa grounding nya. Hal ini kemungkinan disebabkan salah satunya di rumah anda tidak ada koneksi grounding ke tanah/ bumi dimana seharusnya idealnya ada sambungan langsung ke tanah yang lembab supaya grounding bisa optimal membuang listrik dari petir.

Cara Memasang Ground Pada Mesin Cuci

Untuk mensiasati hal ini bisa dengan cara memasang grounding pada mesin cuci, jika kita lihat ke bagian belakang mesin cuci pasti ada koneksi grounding berupa titik koneksi dengan lambang grounding. Pada mesin cuci satu tabung lebih mudah lagi pemasangannya karena lebih mudah menemukan grounding tanpa perlu membuka casing lagi.

Cara Memasang Ground Pada Mesin Cuci

Sedangkan pada mesin cuci 2 tabung biasanya body berbahan non logam sehingga biasanya tidak nyetrum saat disentuh, namun bagaimana jika air mesin cuci nyetrum ? Jika penyebabnya adalah karena grounding maka bisa disiasati dengan cara memasang grounding pada bagian motor listriknya, contohnya seperti dibawah ini terdapat kabel warna kuning yang merupakan grounding.

Memasang grounding pada motor listrik

Kedua kabel ground dari mesin cuci tadi harus di groudingkan ke tanah. Jika instalasi listrik rumah tidak memiliki koneksi grounding atau sudah jelek groundingnya maka bisa diganti dengan paku yang ditancapkan ke tanah atau tembok yang dekat disekitar mesin cuci.

grounding mesin cuci

Jika pemasangan sudah benar maka pasti mesin cuci tidak akan nyetrum lagi. Bagaimanapun juga mesin cuci biasanya ditempatkan di tempat yang basah sehingga berbahaya jika menggunakannya dengan tanpa alas kaki, pastikan menggunakan sandal supaya setidaknya meminimalkan kemungkinan terkena sengatan listrik.

Keyword untuk artikel ini :

mesin cuci nyetrum,penyebab mesin cuci nyetrum,mesincucinyetrum,kabel ground mesin cuci,penyebab mesin cuci ny,cara memasang grounding pada mesin cuci,servis mesin cuci nyetrum,cara memasang grounding mesin cuci,cara madang kabel mesin cuci groundeng,air mesin cuci nyetrum apa sebb nya