Perbedaan Dasar TV LED, LCD dan Plasma

Posted on

Perbedaan dasar TV LED, LCD dan Plasma ini wajib diketahui nih buat yang berencana akan membeli TV baru, jika pada era 80-90an konsumen akan sangat mudah sekali memilih TV mana untuk dibeli karena biasanya yang dijadikan pilihan adalah merk favorit seperti Sony, Samsung, Sharp dan lainnya.

Saat ini tidak mudah untuk memilih jenis TV mana yang akan dibeli karena masing masing punya banyak jenis sesuai perkembangan zaman. Sebut saja layar CRT, Projection, LED, LCD, Plasma. 4 type TV yang disebutkan terakhir adalah layar datar dan ada kelebihan serta kelemahan masing masing. Jika sudah dihadapkan di store tentunya akan sangat membingungkan jika tidak lebih dulu mengetahui keunggulan dan kekurangan masing masing.

Nah khusus untuk TV LED, LCD dan Plasma semuanya terlihat sama, semua terlihat datar dan bentuk yang ramping serta tersedia dalam banyak pilihan ukuran yang ada.  Artikel ini akan menyampaikan secara singkat jenis TV mana yang akan anda pilih berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing masing.

LCD TV

Ketika membahas tentang TV masa kini kebanyakan akan menyebut jenis LCD atau Liquid Crystal Display Wikipedia. Cara kerja sederhana TV jenis ini adalah adanya backlight dibagian belakang panel yang berjenis lampu fluorescent / neon, ketika cahaya dari backlight ditembakkan ke lapisan kristal display di depannya maka akan timbul gambar sesuai kombinasi warna yang dibentuk oleh lapisan kristal.

cara-kerja-LCD-TV

Kelebihan

  1. TV LCD saat ini termasuk type layar datar yang sudah terjangkau harganya dibanding jenis lainnya karena sudah cukup umum digunakan.

Kekurangan

  1. Salah satu kekurangan terbesar type ini adalah tidak bisa memberikan pengalaman tampilan true black saat gambar menampilkan warna hitam. Ini dipengaruhi oleh backlight yang digunakan type fluorescent.
  2. Tidak cocok untuk digunakan untuk menampilkan gambar high frame rate karena adanya keterlambatan / delay motion yang ditampilkan.

“True black adalah kemampuan sebuah televisi khususnya dalam menampilkan gambar yang benar benar hitam, misalnya saat menampilkan ruangan gelap maka seharusnya jika sudah mendukung fitur true black, gambar akan benar benar gelap”

LED TV

LED TV pada dasarnya adalah perkembangan dari LCD TV, yang membedakan adalah komponen backlight di balik layar tidak menggunakan lampu fluorecent / lampu neon tetapi benar benar menggunakan lampu LED yang disusun sedemikian rupa dengan tambahan filter lainnya sehingga cahaya dari lampu LED benar benar menyebar ke semua bagian display.

Pada umumnya TV jenis ini bisa menampilkan efek true black yang lebih baik dari LCD, walaupun tidak benar benar gelap karena tetap menggunakan backlight sebagai sumber pencahayaannya.

cara-kerja-led-tv

Kelebihan

  1. Dari segi ukuran khususnya lebar TV LED lebih tipis walaupun dalam ukuran yang besar
  2. Lebih hemat daya karena menggunakan lampu LED yang memang terkenal akan komsumsi dayanya yang rendah
  3. Cocok digunakan untuk keperluan game karena memiliki waktu respon menampilkan gambar yang sangat baik
  4. Efek true black yang lebih baik
  5. Menampilkan sudut pandang yang lebih lebar yaitu 175 derajat sehingga jika dilihat dari samping pun masih terlihat gambar yang ditampilkan.

Kekurangan

  1. Harga yang lebih mahal dibandingkan type LCD dan Plasma.

Plasma TV

TV Plasma tidak menggunakan backlight pada bagian belakang panel TV, sebagai sumber pencahayaan menggunakan masing masing lampu yang terdapat pada masing masing pixel nya. Sehingga pada panel plasma, masing masing nya terdapat lampu R,G,B (red, green, blue). Sederhananya masing masing cell/ pixel bertindak sebagai backlightnya.

cara kerja plasma tv

Dengan demikian maka penggunaan listrik pada TV model ini lebih boros tetapi kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik.

Kelebihan

  1. Menghasilkan efek true black yang sangat baik dan terlihat alami
  2. Kualitas gambar yang menakjubkan dengan respon menampilkan gambar yang baik juga.

Kekurangan

  1. TV cenderung tebal dan berat dibandingkan dengan type LED dan LCD pada ukuran inch yang sama
  2. Layar timbul glare pada siang hari

Kesimpulan

Jadi sekarang pertanyaan sebenarnya, TV type manakah yang sesuai untuk dibeli ? Jika dana bukan permasalahan utama, maka TV LED adalah pilihan tepat karena bisa menampilkan kualitas yang baik dalam ruangan yang lebar selain itu banyak terdapat ukuran lebar layar yang tersedia.

Jika budget yang tersedia terbatas, maka LCD adalah pilihannya karena umumnya memiliki harga yang lebih bersahabat.

Bagi yang menginginkan tampilan gambar lebih natural maka TV Plasma adalag pilihan yang tepat namun konsekuensinya konsumsi listrik cukup besar dan ukuran TV yang lebih tebal serta cukup berat. Sebagai perbandingan, pada ukuran lebar inch yang sama jika LED TV mengkonsumi sebesar X Watt. Maka idealnya LCD mengkonsumsi 2X Watt sedangkan Plasma mengkonsumsi 3X Watt.

Nah demikian beberapa perbedaan dasar TV LED, LCD dan Plasma dengan semua kelebihan dan kekurangannya semoga setidaknya bisa memberikan sedikit panduan dalam memilih jenis TV yang tepat.

Keyword untuk artikel ini :

post pada tv led,apa bisa layar lcd tapi mesin led beda kabel lampu,dasar dasar tv plasma,dasar pada pada panel lcd tv,dasar2 tv lcd,flyback tv plasma dan permasalahannya,layar tv led samsung 32 inch ada bintik putih,perbedaan gambar tv led sharp 32,solusi tv led dan lcd