Rangkaian Crossover Aktif dengan IC LM833 Op-Amp

Posted on

Sebuah rangkaian crossover aktif tentunya akan bisa menghasilkan kualitas suara yang lebih baik dibandingkan jenis pasif, IC LM833 yang digunakan pada circuit audio kali ini cukup mudah didapatkan untuk bisa digunakan sebagai crossover yang akan diteruskan ke power amplifier.

Seperti yang sempat disinggung di artikel Crossover pada Amplifier, terdapat dua jenis crossover yaitu, crossover aktif dan crossover pasif. Masing masing crossover memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung kebutuhan masing masing.

Sedangkan pada rangkaian crossover yang saya share disini adalah rangkaian crossover aktif dengan menggunakan IC LM833 yang tidak lain adalah dual op-amp IC.

IC LM833

Crossover aktif tentunya akan memberi kualitas lebih baik untuk Hi-fi system anda yang berniat untuk meng-upgrade kualitas suaranya. Cara kerja crossover aktif ini secara sederhana adalah dengan memecah / memisahkan sinyal audio input menjadi 2 band, frekuensi rendah dan frekuensi tinggi.

Dua frekuensi ini secara terpisah dikuatkan oleh masing masing penguat (bi-amping / dua penguatan). Berikut rangkaian crossover aktif yang saya ingin tunjukkan :

Rangkaian Crossover Aktif IC LM833

Rangkaian menggunakan 2 buah IC LM833 dual-opamp yang memang didesain untuk penguatan suara. Rangkaian bagian ataas merupakan penguatan suara dengan frekuensi tinggi / treble atau disebut juga hhigh pass filter sedangkan bagian bawah yang terdiri dari 3 opamp merupakan Low pass filter atau penguatan frekuensi rendah / bass.

Frekuensi rendah yang dihasilkan terdapat pada pin 1 IC LM833 (2b) sedangkan keluaran frekuensi tinggi terdapat pada pin 7 IC1a.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatanĀ rangkaian crossover aktif ini :

  • Pastikan untuk menggunakan jenis PCB yang baik, usahakan jenis fiber
  • Power supply untuk op-amp harus diperhatikan yaitu +15/-15 V DC
  • Gunakan soket untuk IC LM833
  • Resistor dan kapasitor dapat diganti untuk menghasilkan penguatan frekuensi yang berbeda.

Keyword untuk artikel ini :

crossover aktif dg prequensi,cara mengetahui kode sandi dioda zener,rangkaian crossover,rangkaian sederhana crossover aktif,skema crossover aktif dengan frek,skema rangkaian crossofer aktif