Rangkaian Power Supply Tegangan Variabel

Posted on

Rangkaian Power Supply sangat beragam jenis, fungsi dan tegangan keluarannya, namun terkadang kita sering memerlukan tegangan variabel dengan potensiometer yakni bisa diatur sesuai keperluan untuk bisa men-suplai rangkaian atau perangkat yang berbeda. Rangkaian catu daya variabel yang saya tunjukkan di artikel ini sangat mudah dirakit karena cukup sederhana dan hanya menggunakan 1 IC saja yaitu tipe LM317.

Memiliki beberapa power supply dengan tegangan yang berbeda beda jelas tidak efektif dan menghabiskan banyak uang, misalnya saja dibutuhkan power supply dengan tegangan 5 VDC, 9 VDC atau bahkan 12 VDC. Kali ini saya share sebuah rangkaian yang bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.

Rangkaian yang saya bahas kali ini adalah power supply dengan tegangan keluaran yang bisa diatur dengan rentang tegangan antara 1 – 35 VDC dengan arus maksimal sebesar 1A. Rangkaian catu daya ini bisa langsung kita gunakan dengan hanya menggunakan sebuah transformator 1A yang banyak dijual (walaupun sebenarnya trafo itu hanya 0.5A :p ).

Berikut rangkaian power supply tegangan variable ini :

Rangkaian-Power-Supply-dengan-tegangan-yang-bisa-diatur

Salah satu kelebihan rangkaian ini adalah digunakannya sebuah IC LM 317, yang mana didalam IC ini terdapat sensor overload dan sensor panas sehingga bila kita menggunakan rangkaian catu daya ini dengan kapasitas lebih atau over heat (terlalu panas) maka IC akan otomatis mati.

Untuk antisipasinya bisa menggunakan heatsink yang ukurannya sedang supaya panas tersalurkan dengan baik.

heatsink LM 317

Berikut ini daftar komponen Rangkaian Power Supply yang diperlukan :

  • IC = LM317
  • P1 = 4.7K / Potensiometer
  • R1 = 120R
  • C1 = 100nF – 63V
  • C2 = 1uF – 35V
  • C3 = 10uF – 35V
  • C4 = 2200uF – 35V
  • D1-D4 = 1N4007

Dan karena tegangan Rangkaian Power Supply yang bisa diatur adalah berkisar 1-35VDC maka input AC dari transformer yang digunakan haruslah lebih tinggi dari itu, saya sarankan gunakan dengan keluaran 40VAC, walaupun sebenarnya bisa juga menggunakan trafo dengan keluaran 12VAC standar, namun tegangan yang bisa diatur paling hanya 1-11VDC saja. Sesuaikan dengan kebutuhan rekan teknisi service saja :).

kaki ic LM317

Gunakan juga heatsink untuk IC bersangkutan walaupun sudah terdapat protek over heat di dalam IC untuk menghindari perangkat yang disupplai mati mendadak, dan bagi yang berniat membuat layout PCB berikut adalah gambar rangkaian power supply yang sudah jadi :

Rangkaian catu daya 1-35 VDC

Semoga Rangkaian Power Supply Tegangan Variabel ini bisa bermanfaat ­čÖé

Keyword untuk artikel ini :

rangkaian power supply dengan potensiometer,rangkaian power supply variable sederhana,rangkaian power supply variabel lm317,skema rangkaian power supply variabel,rangkaian power supply variabel,rangkaian power supply ic lm317,rangkaian power supply variable,power supply variabel,cara membuat power supply variabel sederhana,skema power supply variable