Rangkaian Remote Kontrol Lampu

Posted on

Rangkaian remote kontrol lampu ini terbilang cukup sederhana dan komponen untuk merakitnya pun cukup mudah didapatkan dengan biaya yang cukup murah tetapi dengan fungsi yang unik yaitu mampu menyalakan lampu atau peralatan listrik lainnya dengan cukup mengarahkan remote ke arah sensor nya.

Bisa berupa remote TV, DVD, AC bahkan remote apapun itu yang bekerja dengan cara infrared atau biasa disebut IR LED yang merupakan sebuah dioda LED.

IR LED jika dalam kondisi aktif bisa mengirimkan cahaya infra merah / infra red dan umum digunakan pada remote TV, cahaya yang dikirim dari LED infra ini kemudian diterima sensor di mesin TV berupa receiver umumnya type TSOP17XX dengan XX adalah menunjukkan frekuensi dari sensor dalam satuan Khz.

Misalnya sensor infra TSOP1730 akan merespon cahaya infra dari IR LED yang sudah dimodulasi dengan frekuensi sebesar 30Khz. Sepengetahuan penulis cukup banyak juga pilihan range yang tersedia misalnya TSOP1730, TSOP1738, TSOP1740. Untuk TV sendiri menggunakan type TSOP1738.

Sensor infrared TV

Dengan sedikit kreatifitas maka bisa dibuat rangkaian saklar yang dikontrol oleh remote dengan menekan tombol apapun dan menggunakan sensor TSOP1738 sebagai penerima atau receiver nya dan nantinya dihubungkan dengan sebuah relay supaya bisa mengontrol lampu dengan tegangan 220 VAC.

Rangkaian Remote Kontrol Lampu

Sensor TSOP memiliki output low yang artinya tegangan menjadi rendah ketika cahaya infra merah terdeteksi. Bisa dilihat di rangkaian output dari sensor diumpankan ke IC CMOS 4017 sehingga output dari IC akan berupa saklar push ON/OFF ketika diterima sinyal dari lampu infra red.

Dengan menggunakan sebuah relay 9Volt kecil dan baterai kotak 9Volt maka rangkaian akan cukup awet untuk digunakan karena penggunaan arus pada rangkaian juga sangat kecil. Dan tentu saja penggunaan tidak terbatas untuk menyalakan lampu saja namun bisa juga diganti dengan perangkat listrik lainnya.

source : circuitdigest.com