Rangkaian Sirine Polisi dengan IC NE555

Posted on

Rangkaian sirine polisi ini adalah salah satu dari sekian banyak circuit yang bisa dibangun dengan IC timer yang sangat umum digunakan yaitu NE555, berikut dibawah ini saya share untuk diagram rangkaian. Rangkaian ini menggunakan 2 IC timer NE555 yang pada dasarnya masing masing bekerja sebagai Multivibrator tak stabil.

Rangkaian ini di supply dengan tegangan range 6 -15 Volt saja dan jika menggunakan speaker dengan resistansi yang tepat cukup bisa menghasilkan suara yang lumayan nyaring. Tentu saja untuk mendapatkan suara untuk area yang luas maka output bisa dihubungkan dengan tambahan power amplifier.

IC pertama pada rangkaian disetting sebagai multivibrator tak stabil yang bekerja di sekitar frekuensi 20Hz sedangkan IC kedua adalah multivibrator dengan frekuensi kerja 600Hz. Output dari IC pertama dikoneksikan ke pin5 IC kedua yang merupakan pin untuk voltage input IC2. Ini membuat IC kedua dimodulasi oleh output dari frekuensi multivibrator IC pertama yang sekaligus juga memberikan efek sirine.

Rangkaian Sirine Polisi dengan IC NE555

Dalam pengertian sederhananya, output frekuensi dari IC kedua dikontrol oleh output dari IC 555 yang pertama. Berikut ini saya share juga bagaimana konfigurasi IC 555 supaya bisa dipahami juga fungsi dari tiap pin nya

konfigurasi IC 555 2

Karena rangkaian cukup sederhana maka bisa dirakit pada PCB titik, untuk mendapatkan suara yang nyaring maka disarankan menggunakan power supply tegangan 12 Volt DC dengan resistansi speaker sesuai gambar yaitu 64 Ohm 500mW.

Keyword untuk artikel ini :

rangkaian ambulan ic 555,rangkaian sirine polisi,rangkaian sirine 12mode,rangkaian sensor ne555,rangkaian ESR ic n555,sirinedengan Ne555,ic serine,IC NE 555 bisa di buat untuk,ic frekiensi 600hz,fungsi dari ic ne555 pada rangkaian sensor