Teknik Dasar Troubleshoot Mencari Kerusakan Elektronika

Posted on

Teknik dasar troubleshoot ini saya buat sebagai tips pengalaman saya selama ini di dunia service elektronika untuk mempermudah rekan rekan teknisi lainnya dalam aktivitas service TV, LCD, maupun barang elektronik lainnya. Ada beberapa langkah step by step yang bisa dilakukan supaya pekerjaan reparasi menjadi lebih efektif.

Biasanya ketika saya menerima pasien untuk direparasi maka yang harus diketahui yaitu secara berurutan :

1. Ketahui kerusakannya

Ketika menerima unit barang elektronik apapun itu wajib konfirmasi dari konsumen seperti apa kerusakannya, seperti apa gejala awalnya kerusakan untuk mempermudah kita nantinya dalam memperkirakan dan menganalisa bagian yang rusak.

2. Bersihkan Perangkat

Selalu bersihkan perangkat elektronika yang akan direpair misalnya pada TV maka harus dibersihkan bagian mainboard khususnya yang dicurigai sebagai sumber kerusakan. Debu merupakan salah satu penyebab kerusakan pada barang elektronika karena bisa menyebabkan resistansi komponen berubah sehingga fungsu menjadi tidak normal. Setelah dilakukan pembersihan coba lagi dinyalakan apakah sudah normal atau belum, jika belum maka bisa dipastikan ada komponen yang rusak.

membersihkan pc motherboard

3. Perkirakan blok yang rusak

Dalam membagi blok mana yang rusak maka setidaknya harus mengetahui bagian / blok dasar unit tersebut misalnya pada TV yaitu blok power supply, horizontal, vertikal, dll. Dalam memperkirakan blok yang rusak akan sangat mudah dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

4. Perkecil area pengecekan/ pengukuran

Walaupun sudah menentukan blok mana yang mengalami kerusakan tentunya akan tetap kesulitan menemukan kerusakan jika area yang dicek sangat luas, oleh karenanya perkecil area pengecekan untuk menemukan komponen yang dicurigai rusak.

5. Penggantian komponen yang rusak

Setelah membatasi area kemungkinan kerusakan maka ukur tegangan, resistansi, kapasitansi dan lain lain tergantung komponen yang ada di blok tersebut.

penggantian komponen rusak

Contoh penggantian flyback

Cara service TV, DVD, LCD, LED, PC dan alat elektronika lainnya dengan metode diatas tentunya diperlukan sebuah indikasi atau ciri kerusakan pada komponennya, nah berikut ini indikasi yang harus selalu diperhatikan :

  1. Penglihatan, perhatikan semua bagian perangkat misalnya TV maka cek bagian mainboard, PCB video, apakah ada komponen yang hangus terbakar, jalur PCB retak, kemungkinan TV kena petir dll
  2. Pendengaran, pada beberapa komponen jika mengeluarkan suara yang tidak normal maka ada yang tidak beres baik di bagian input maupun outputnya, misalnya saja bunyi denging pada flyback.
  3. Penciuman, komponen yang hangus terbakar tentunya mengeluarkan bau. Misalnya pada flyback jika mengalami kebocoran timbul bau khas ozon
  4. Sentuhan, cek pada bagian heatsink apakah panasnya normal atau berlebihan, apakah ada komponen yang longgar karena solderan sudah retak atau tidak ? tetapi wajib diperhatikan apakah komponen tersebut mengandung tegangan tinggi atau tidak

Nah demikian artikel tentang tips service elektronika kali ini semiga bermanfaat.

Keyword untuk artikel ini :

teknik dasar dan cara service TV