Tips Cara Merawat Solder Supaya Awet

Posted on

Tips cara merawat solder supaya awet sebaiknya diketahui oleh rekan teknisi sehingga solder sebagai salah satu alat tempur selain untuk mereparasi televisi atau lainnya akan bertahan lama. Beberapa permasalahan pada solder yang sering terjadi adalah timah tidak mau menempel, panas tidak merata ke seluruh bagian mata solder, mata solder menghitam dan lainnya.

Sebenarnya solusi mudahnya adalah dengan mengganti saja mata solder tersebut karena harganya juga tidak terlalu mahal namun jika sedang dalam keadaan sangat dibutuhkan dan solder kita bermasalah tentunya akan sangat menghambat pekerjaan bukan ?

mata solder hitam

Nah berikut ini beberapa diantaranya tips cara merawat solder yang harus dilakukan dan jangan dilakukan supaya solder khususnya mata solder menjadi awet :

Jangan digunakan pada bahan Plastik

Seringkali karena alasan tertentu ada teknisi yang menggunakan solder untuk melubangi plastik, membuka packing supaya praktis, melelehkan glue gun atau lainnya. Hal ini sangat tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan lapisan mata solder menjadi tertutup oleh bekas plastik yang biasanya akan terus menempel seperti coating dan menyebabkan suhu mata solder tidak merata.

Akibatnya kita harus memutar solder untuk menemukan bagian mata solder yang lebih panas. Jika memang mau menggunakan solder untuk melubangi gunakanlah mata solder yang sudah tidak terpakai.

Jangan membersihkan mata solder dengan benda keras

Jika kita menggunakan mata solder dengan kualitas yang bagus maka bisa terlihat adanya lapisan pengeras mengkilap yang melapisi bagian mata untuk menyolder, gunanya adalah untuk memperpanjang mata solder supaya awet. Nah lapisan ini jika dibersihkan dengan benda keras seperti gunting, pisau atau lainnya akan mudah hilang sehingga mata solder cepat habis.

Untuk membersihkan mata solder bisa menggunakan kardus bagian dalam yang biasanya berbentuk ruas ruas dan berbahan lembut.

Jangan digunakan sebagai pencongkel

Sudah menjadi kebiasan teknisi apabila ada komponen yang sulit diangkat ketika menyolder biasanya menggunakan mata solder untuk mencongkel komponen tersebut, hal ini juga tidak boleh dilakukan. Tips cara merawat solder supaya awet berikutnya yaitu gunakanlah alat yang seharusnya misalnya pisau cutter atau pinset. Pelajarilah cara / teknik menyolder yang baik.

Sedikit informasi tambahan, jika mata solder terlihat selalu hitam atau cepat kotor kemungkinan solder terlalu panas, bisa jadi dari tegangan yang masuk ke solder memang terlalu tinggi.

pasta solder lotfett

Bagi yang memiliki uang lebih bisa mencoba membeli pasta solder yang memang dikhususkan untuk membersihkan mata solder seperti di artikel tentang pasta solder, penulis merekomendasikan merk Lotfet atau Tip Refreshner. Ada juga yang menggunakan gondorukem (olahan getah pinus) untuk membersihkan mata solder dan banyak juga teknisi yang menggunakannya dibandingkan paste solder.

Jika memang ingin cara yang lebih sederhana bisa juga menggunakan selembar kain yang berbahan katun dibasahi dengan air dan dilipat lipat usahakan tetap lembab. Gunakan lapisan kain basah yang sudah dilipat ini untuk membersihkan mata solder.

Keyword untuk artikel ini :

cara merawat solder,cara merawat solder yang benar,cara perawatan solder,bagaimana cara merawat solder?,gunakan solder agar awet,cara solder dengan gondorukem,cara merawat solder supaya awet,cara merawat solder agar awet,cara menggunakan gondorukem solder,cara agar mata solder tidak cepat habis