TV Rusak Vertikal

Posted on

Kerusakan TV rusak vertikal umumnya mudah diketahui dari ciri ciri gambar nya yang hanya menampilkan satu garis saja atau gambar yang muncul tidak penuh di layar CRT, sebenarnya selain gejala muncul garis juga banyak gejala lainnya misalnya saja gambar bergelombang, gamnar cekung dan lainnya.

Hanya memastikan saja ya, rekan teknisi sudah tahu kan jika muncul kerusakan garis horizontal maka yang perlu dilakukan pengecekan kerusakan adalah blok vertikal karena gambar menjadi terkonsentrasi ke arah horizontal saja. Berlaku juga untuk sebaliknya jika di layar TV CRT hanya muncul garis vertikal maka blok horizontal yang harus dicek walaupun perlu diketahui sangat jarang kerusakan muncul garis vertikal.

Nah di artikel kali ini saya share beberapa jenis kerusakan blok vertikal yang biasanya muncul di TV CRT beserta ciri ciri gejalanya sehingga semoga bisa membantu mempercepat memperbaiki tv rusak

TV rusak Garis Horizontal

Kerusakan tv rusak bagian vertikal seperti gambar dibawah ini bisa jadi adalah yang paling sering muncul pada TV CRT, beberapa penyebab yang mungkin adalah kerusakan pada deflection yoke bisa karena short ataupun putus. Tidak adanya tegangan supply ke rangkaian IC Vertikal (+24Vcc) yang disebabkan ada resistor putus, kerusakan pada konektor defelection yoke, kerusakan pada rangkaian vertikal out, atau bisa juga karena raster terlalu terang.

Mencari penyebab kerusakan tv garis horizontal seperti ini gampang gampang susah, kebanyakan sih bisa langsung ketahuan dari IC vertikal nya. Tapi tidak jarang juga disebabkan faktor yang tidak terduga

tv rusak vertikal garis horizontal

TV Rusak Garis Bergelombang

Nah pada kerusakan seperti pada gambar dibawah ini yang kebetulan adalah Tv merk Samsung plano dimana gambar raster terfokus menjadi garis bergelombang tebal, kemungkinan penyebabnya berdasarkan penelusuran ke blog referensi service tv saya bisa disebabkan putusnya deflection yoke dibagian vertikal tegangan minusnya (-V).

Biasanya Deflection yoke dibentuk dari 2 kumparan yaitu horizontal dan vertikal, untuk memeriksa apakah short atau putus coba lepas sambungan di ujungnya bisa juga dari konektor di PCB lalu ukur resistansinya. Jika salah satu kumparan putus maka bisa jadi itulah penyebabnya, perlu diketahui juga umumnya jika diukur resistansi kedua kumparan adalah sama nilainya jika berbeda ada kemungkinan rusak / short.

tv rusak garis bergelombang

TV rusak vertikal garis diatas

Kerusakan lainnya yaitu seperti ditunjukkan pada gambat dimana hanya terdapat garis horizontal saja beberapa line pada bagian atas layar yang sekilas jika dilihat mirip kerusakan blanking yang biasanya terjadi pada bagian horizontal. Kerusakan ini jika pada IC vertikal yang memiliki pin out Pump Up maka di area / komponen sekitar itulah menjadi penyebabnya.

Sedikit penjelasan mengenai pump up pada IC vertikal, sirkuit pump up kebanyakan sudah disatukan didalam IC vertikal yang tergabung ke vertikal out yang fungsinya kurang lebih adalah untuk menghasilkan tegangan tinggi untuk proses vertikal-retrace yaitu proses penyapuan secara vertikal dari bagian atas layar CRT ke bagian bawah CRT.

tv rusak vertikal garis diatas

rangkaian vertikal pump up

Sirkuit pump up vertikal ini biasanya dibantu 2 komponen eksternal berupa Elco dan Diode, jika kedua komponen eksternal atau IC vertikal itu sendiri rusak maka bisa menimbulkan kerusakan  TV rusak garis vertikal diatas. Coba ganti dulu elco pump up seperti yang ditunjukkan pada gambar rangkaian vertikal TV diatas, bagi yang kebetulan memang membutuhkan bisa download skema TV juga ya di koleksi skema TV blog ini sehingga lebih memudahkan menentukan letak ic vertikal tv.

TV Rusak Gambar Cekung

Berikutnya adalah kerusakan TV bagian vertikal yang mengakibatkan gambar menjadi cekung seperti tampilan dibawah ini. Kerusakan seperti ini banyak juga yang menyebut nya kerusakan EW (east-west), cacat bantal, ataupun kerusakan pin-cushion. Dan penyebab timbulnya gambar seperti ini adalah karena sirkuit EW (East West) yang tidak bekerja normal, biasanya kerusakan ini muncul di TV flat slim dengan ukuran TV >20 inchi.

tv rusak gambar cekung

Ada 2 kemungkinan yang ada untuk kerusakan jenis ini :

  1. Jika TV menggunakan sirkuit East West maka cek transistor driver EW bisa short atau bocor, kapasitor filter modeul EW, IC driver EW rusak, lilitan pada rangkain EW, biasanya komponen ini letaknya dekat horizontal out.
  2. Jika TV tidak menggunakan sirkuit East West maka cek apakah tegangan B+ normal, cek apakah deflection yoke normal / pernah diganti dengan bukan orisinilnya, cek apakah mode zoom pada TV sedang diaktifkan.

Berikut contoh sirkuit EW di TV :

rangkaian transistor east west

TV rusak vertikal tidak penuh

Berikutnya lagi adalah salah satu kerusakan yang paling umum juga dimana gambar tampil dengan normal tetapi tampilan atas bawah tidak penuh alias terpotong.

tv rusak vertikal gambar tidak penuh

Penyebabnya ya pasti tidak jauh dari sirkuit vertikal walaupun ada baiknya juga coba cek dulu settingan V-size mungkin saja ada yang merubahnya, nah berikut ini beberapa kerusakan yang paling mungkin menurut pengalaman saya :

  1. Cek tegangan Vcc IC Vertikal mungkin drop
  2. Pin out IC Vertikal rusak (ganti IC vertikal)
  3. Elco disekitar IC Vertikal kering (Elco kopel biasanya)

Sedikit tambahan juga jika terdapat TV rusak vertikal tidak penuh atas maupun bawah tetapi gambar terlihat melipat maka coba cek jalur feedback untuk IC vertikal TV biasanya ada nilai yang berubah berupa resistor / Elco tapi pernah juga sih menemui kerusakan ini karena IC vertikalnya harus diganti.

rangkaian vertikal tv

Selain kerusakan gambar vertikal yang disebutkan diatas tentunya masih banyak lagi jenis kerusakan vertikal yang lainnya jadi bukan hanya timbul gejala garis horizontal pada tv saja ya, setidaknya apa yang disampaikan diatas bisa menjadi petunjuk untuk troubleshooting rekan rekan teknisi.

Yang terpenting lagi ingat bahwa kerusakan boleh sama tetapi penyebab kerusakan belum tentu sama dengan yang saya sebutkan diatas karena terkadang penyebabnya dari komponen yang tidak terduga atau keseringan hanya karena solderan yang retak saja.

Keyword untuk artikel ini :

ciri kerusakan ic vertikal tv,ciri ic vertikal rusak,cara perbaiki tv rusak vertikal,kerusakan tv bagian vertikal,cara mengecek ic vertikal yang rusak,kerusakan tv garis vertikal,macam macam kerusakan vertikal,kerusakan tv toshiba garis vertikal,cara memperbaiki tv rusak horizontal,tv garis vertikal