Cara Servis Aki Kering

Posted on

Panduan cara servis aki kering pada artikel kali ini mungkin saja bermanfaat bagi anda yang memiliki aki kering baik itu bekas motor, mobil atau bahkan bekas UPS listrik karena terkadang sayang juga jika ternyata sudah tidak bisa menyimpan daya langsung dibuang begitu saja.

Seperti yang kita tahu aki kering mendapat julukan maintenance free yang berarti bebas maintenance yang artinya adalah kita tidak perlu untuk mengecek dan menambahkan cairan aki seperti halnya pada aki basah namun bukan berarti juga aki kering tidak bisa rusak ya, melainkan cara perawatannya saja jauh lebih ringan. Karena kelebihannya itu juga harga aki kering lebih mahal dibandingkan aki basah dengan kapasitas arus yang sama

Pertanyaan nya adalah boleh/ bisakah aki kering diperbaiki ? Sebelum menjawab hal tersebut ada baiknya sobat teknisi mengetahui terlebih dahulu seperti bagaimana sih struktur bagian dalam aki kering :

struktur aki kering

Secara singkat bagian dalam aki kering lebih rumit dan lebih banyak plat dibandingkan dengan aki basah dan tidak jarang pada aki kering yang sudah soak sel nya sudah keropos atau rontok karena reaksi kimia. Oleh karena itu pada aki kering jika dilakukan perbaikan pun kemungkinan akan sulit mendapatkan kapasitas seperti baru lagi atau mungkin tidak akan awet karena kapasitas penyimpanan sudah tidak optimal. Namun dalam keadaan darurat cara memperbaiki aki kering yang ngedrop yang akan dijelaskan kali ini mungkin bisa bermanfaat.

Tambahan juga, perbaikan aki kering ini tidak disarankan jika memang sudah terdapat kerusakan fisik pada aki seperti misalnya terdapat pecah/ retak, bodi aki kembung atau terdapat bagian yang sudah tidak lengkap.

Persiapkan alat-alat perbaikan

Langkah yang paling pertama untuk memperbaiki aki kering adalah mempersiapkan alat-alatnya. Berikut ini adalah daftar peralatan yang umum dipakai. Pertama obeng plus, dan obeng minus, selanjutnya pisau tajam (pisau dapur juga boleh), Isolasi, dan terakhir air aki ( accu Zuur ). Untuk air aki pastikan untuk menyiapkan air aki untuk pengisian pertama dan bukan untuk menambah karena secara komposisi cairan kimia nya berbeda.

Alat-alat tersebut umumnya sudah sangat memadai untuk memperbaiki aki kering anda. Pastikan bahwa alat alat tersebut masih layak digunakan, agar tidak malah membuat aki kering anda menjadi semakin rusak. Untuk memudahkan memasukkan air ke aki yang akan diperbaiki disarankan juga menggunakan suntikan bekas.

Panduan Cara Servis Aki Kering

Berikut ini adalah langkah – langkah cara servis aki kering secara sederhana, dan bisa anda lakukan sendiri di rumah.

1. Lepas aki dari motor/mobil/UPS Listrik

Pertama bongkar atau lepaskan aki dari rumah aki nya. Cara yang pertama ini akan sedikit bervariasi mengikuti jenis atau merk kendaraan anda. Biasanya hal ini tercantum dalam buku manual kendaraan, jadi jika anda ragu pastikan untuk membacanya terlebih dahulu. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi mati ketika mencabut aki yang rusak.

2. Buka/ bongkar tutup aki

Perlahan-lahan bukalah bagian penutup aki dengan memakai pisau dengan sediki sedikit dicongkel bagian penggirannya. Bagian yang dilepas adalah bagian atas yang tertulis tulisan Do Not Open atau Jangan Dibuka. Abaikan saja tulisan ini, dan lanjutkan untuk membuka tutup aki yang ada di bagian belakang. Biasanya memang cukup sulit untuk membuka tutup ini seperti pada jenis aki kering yuasa ytz4v yang pengalaman penulis cukup sulit untuk cara membukanya.

Cara Servis Aki Kering

3. Isi air Aki

Setelah terbuka, nantinya anda akan mendapati ada 6 lubang di dalam aki kering, jumlah lubang ini berbeda beda tergantung jumlah cell aki. Isilah keenam lubang tersebut dengan menggunakan air aki yang telah dibeli di toko aki. Kira – kira isilah sebanyak 15 ml, dan gunakan gelas ukur terlebih dahulu agar volume pengisian lebih akurat.

cara memperbaiki aki kering

4. Isolasi lubang Aki

Usahakan jangan sampai bagian tubuh anda terkena air aki, jadi gunakanlah sarung tangan karet untuk melakukan hal ini. Jika sudah terlanjur terkena bagian tubuh, maka cucilah segera dengan menggunakan air dan sabun agar tidak menimbulkan iritasi di kulit. Jika sudah diisi, maka kini anda tinggal menutup bagian tersebut dengan isolasi. Pilihlah isolasi yang dapat merekat kuat, agar tidak mudah copot di kemudian hari.

5. Coba cas Aki

Langkah terakhir adalah mencoba apakah aki tersebut dapat berfungsi kembali yaitu dengan cara mengisi arus listrik dengan adaptor khusus aki bisa menggunakan power supply atau jika tidak ada bisa ke bengkel mobil/ motor yang umumnya selalu tersedia alat cas aki ini.  Jika memang masih tidak berfungsi, maka kemungkinan ada bagian dalam aki yang memang sudah rusak. Jika terjadi seperti ini, maka sebaiknya adalah menggantinya dengan yang baru. Mau tidak mau cara terakhir ini memang harus dilakukan, karena aki juga menyangkut kenyamanan, dan keamanan saat berkendara. Keselamatan jiwa anda dan keluarga jauh lebih mahal bukan jika dibandingkan dengan harga aki kering yang baru?.

Cara menjaga agar aki kering tidak cepat rusak

Dimana-mana langkah perawatan selalu lebih baik dari pada perbaikan apalagi setelah mengetahui cara perbaikan diatas bisa disimpulkan cara memperbaiki aki basah bahkan lebih mudah. Berikut ini adalah cara agar aki kering anda tetap awet. Pertama selalu ingatlah untuk melakukan servis kendaraan berkala secara rutin sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan. Kedua jika kendaraan jarang dipakai, maka ingatlah selalu untuk memanaskan mesin minimal selama 5 menit sehari.

Ketiga hindari jalan yang berlubang, dan gunakan kecepatan rendah saat melewati medan yang berlubang. Hal ini demi memperkecil guncangan pada aki yang dapat mengakibatkan kerusakan. Terakhir selalu cek keadaan kabel – kabel agar selalu bersih dan kering agar tidak terjadi konslet pada kabel tersebut. Semoga tips Cara Memperbaiki Aki Kering ini bermanfaat, dan aki anda akan selalu awet begitu juga kendaraan anda.

Artikel yang Berhubungan :