Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mencegahnya

Posted on

Istilah korsleting listrik lebih umum diucapkan sebagai konslet di masyarakat umum. Apa itu korslet dan mengapa terjadi? Pembahasan mengenai ini akan berlanjut ke bagaimana mengatasi dan cara pencegahannya. Ketika terjadi korslet, listrik akan padam dan muncul aroma terbakar hingga percikan api. Banyak kebakaran terjadi karena listrik yang diawali oleh terjadinya konslet sehingga merugikan banyak pihak.

Pada bagian selanjutnya, Anda akan mengenal istilah korsleting atau konslet listrik, sebenarnya istilah yang tepat adalah hubungan pendek atau arus pendek yang dalam bahasa Inggris adalah Short Circuit. Kemungkinan masyarakat kita menggunakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu dari kata kortsluiting. Mengetahui cara kerja dan penyebab korsleting listrik akan menambah gambaran bagaimana hal tersebut terjadi. Setelah itu, Anda harus mampu mengatasi dengan efektif serta menerapkan pencegahan yang baik untuk keamanan instalasi listrik.

Penyebab Korsleting Listrik
Penyebab Korsleting Listrik

Apa itu Korsleting Listrik?

Korsleting listrik secara umum adalah hubungan pendek yang terjadi tiba-tiba dengan perbedaan arus dan tegangan yang signifikan. Beberapa buku memiliki definisi tersendiri tetapi intinya tetap sama. Listrik mengalir pada sebuah sistem tertutup dengan tahanan listrik yang sangat kecil, ingat semakin kecil tahanan maka semakin besar arus listrik yang mengalir yang jika tidak segera ditangani akan menyebabkan panas yang akhirnya bisa menimbulkan kebakaran.

Berikut adalah sebuah ilustrasi sederharna bagaimana proses terjadinya korslet listrik

Proses terjadinya korslet listrik
Proses terjadinya korslet listrik

Perlu kita ketahui, listrik yang stabil membutuhkan keseimbangan antara tegangan, arus, dan hambatan. Konslet terjadi karena adanya lonjakan tinggi sehingga tidak sesuai sistem listrik yang seharusnya.

Penyebab Korsleting Listrik

Bagaimana cara kerja dan penyebab korsleting listrik? Ketikan ini terjadi Anda akan melihat percikan api dan aroma terbakar. Instalasi listrik di rumah terdiri dari banyak kabel yang saling berhubungan dan membentuk sebuah sistem yang tertutup. Maksudnya adalah listrik terus berputar dari satu tempat ke tempat lain dalam tegangan dan arus yang seimbang.

Dalam rangkaian yang terdiri dari kabel besar berisi beberapa kabel kecil terpisah. Masing-masing mengaliri sebuah subsistem. Jika terdapat rangkaian listrik terlepas penghantarnya lalu bertemu di tengah jalan, terjadi hubungan pendek. Kejadian ini akan mengacaukan seluruh rangkaian instalasi listrik karena seluruh arus listrik akan mengalir dari satu kawat ke lainnya yang terhubung singkat. Kejadian ini berakibat dua hal yaitu jika terdapat pengaman berupa sekring/ MCB yang sesuai maka listrik akan padam atau akan terjadi panas berlebih pada kabel yang terhubung singkat sehingga memancing timbulnya kebakaran.

Korsleting listrik bisa menimbulkan kebakaran
Korsleting listrik bisa menimbulkan kebakaran

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab korsleting listrik yang umum pada instalasi listrik rumahan :

  1. Terdapat peralatan listrik yang terjadi hubung singkat bisa karena rusak atau kemasukan hewan seperti cicak atau tikus—Kabel instalasi sudah kropos, sehingga mengelupas atau juga karena di gigit tikus dan hewan lain sejenisnya.
  2. Stop kontak atau dudukan lampu yang kemasukan air misalnya karena terdapat atap bocor, ingat air juga merupakan konduktor yang baik untuk listrik.
  3. Kabel instalasi yang sudah keropos pada isolatornya sehingga pada saat isolator terlepas dari kabel phasa dan netral akan menyebabkan korsleting.
  4. Kabel instalasi listrik yang rusak bisa juga disebabkan oleh gigitan hewan pengerat seperti tikus dan lainnya
  5. Penggunaan kabel listrik yang kecil juga bisa menjadi penyebab terjadinya korsleting karena kabel dengan ukuran kecil lebih cepat panas saat dialiri arus yang besar
  6. Instalasi listrik yang tidak standar rentan terhadap gangguan kelistrikan salah satunya korsleting listrik

Kebanyakan orang akan menganggap sepele urusan instalasi listrik yang kurang aman dan akhirnya pada saat kebakaran karena korslet terjadi hanya bisa menyesal, untuk itu ada baiknya walaupun anda orang yang awam sama sekali terhadap dunia kelistrikan, minimal harus tetap mengetahui beberapa tips mencegah korsleting listrik.

Cara Mengatasi Korsleting Listrik

Bagaimana cara mengatasi korsleting listrik? Umumnya, instalasi listrik yang ideal selalu terdapat sistem keamanan berupa sekring. Ini bermanfaat pada saat terjadi lonjakan arus besar sekring tersebut akan langsung mematikan aliran listrik.

box rumah sekring model lama
Box rumah sekring

Untuk instalasi rumahan saat ini box sekring jarang digunakan karena cukup sulit pada saat terjadi hubung singkat diharuskan mengganti seutas kabel yang berada didalam sekring sehingga kebanyakan instalasi saat ini menggunakan MCB sebagai pengaman. Lihat juga pada artikel sebelumnya Mengenal MCB dan Arti Kodenya.

Apa ciri korsleting listrik yang paling mudah dikenali ? tentunya anda mengetahui MCB yang biasanya terdapat pada kwh-meter di depan rumah anda bukan yang bentuknya seperti dibawah ini

MCB pada kwh meter
MCB pada kwh meter

Pada saat terjadi korslet listrik maka MCB tersebut akan berpindah posisi dari ON ke OFF dan jika penyebab korsleting listrik belum ditemukan dan diperbaiki maka walaupun kita coba untuk memindahkan posisi ke ON akan tetap kembali ke OFF, jangan sekali kali memaksakan terus menerus menahan posisi MCB tersebut ke ON karena hal tersebut sangat fatal akibatnya.

Untuk langkah awal mengatasi korslet listrik pastikan MCB masih dalam keadaan OFF lalu lakukan beberapa pengecekan sederhana dibawah ini

  1. Matikan semua peralatan listrik yang ada di rumah termasuk peralatan listrik yang terhubung ke colokan stop kontak misalnya charger HP atau Laptop
  2. Pastikan juga semua saklar lampu dalam keadaan mati

Jika kedua hal diatas sudah dilakukan coba nyalakan lagi MCB apakah bisa dinyalakan dengan normal ? jika anda yakin semua alat listrik di rumah sudah dimatikan tetapi ternyata MCB masih tidak bisa dipindahkan ke posisi ON maka bisa dipastikan penyebab korslet dari kabel instalasi listrik. Jika anda memiliki sedikit keahlian kelistrikan mungkin bisa dicoba mendeteksi kabel korslet tersebut namun jika sama sekali awam lebih baik menggunakan jasa kelistrikan untuk pengecekan lebih lanjut.

Pengecekan bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya yaitu jika MCB bisa dipindahkan ke posisi ON alias normal tidak balik lagi ke OFF :

  1. Cek kembali dan pastikan kondisi semua peralatan listrik masih dalam keadaan mati
  2. Nyalakan satu per satu peralatan listrik, untuk mempermudah membedakan penyebab korslet bisa dinyalakan dulu semua saklar lampu di rumah dan perhatikan apakah terjadi korslet sehingga listrik mati atau tidak
  3. Berikutnya jika ternyata listrik masih menyala normal berarti tidak ada korslet dari lampu, lakukan hal yang sama pada peralatan yang menggunakan colokan stop kontak dan cek dinyalakan satu per satu
  4. Jika pada saat menyalakan alat listrik ternyata listrik kembali turun maka disitulah letak korslet nya, cek kembali pada alat listrik tersebut apakah terdapat ciri ciri kerusakan seperti aroma terbakar atau bekas percikan api
gigitan tikus pada kabel listrik
Gigitan tikus pada kabel listrik

Salah satu contoh yang sering ditemukan adalah penggunaan charger handphone yang tidak ori. Biasanya pada charger baik handphone atau laptop kualitasnya tidak begitu bagus dan tidak memiliki pengaman berupa sekring didalamnya

charger hp terbakar
Charger hp terbakar

Pencegahan Korsleting Listrik

Karena akibatnya yang fatal maka untuk masalah kelistrikan lebih baik mencegah korsleting listrik yang mungkin bisa terjadi sebagai tindakan preventif. Ada beberapa cara mencegah korsleting listrik supaya tidak terjadi dengan beberapa tips dibawah ini

  1. Kabel instalasi listrik harus menggunakan yang ber standar SNI tentunya dengan kapasitas yang sesuai juga, perhatikan tips lebih lanjut pada artikel Jenis Kabel Listrik, Fungsi dan Harganya.
  2. Untuk kabel instalasi di rumah yang sudah lama terpasang harus dilakukan pengecekan untuk memastikan apakah masih layak digunakan atau tidak. Ingat untuk kabel listrik isolator dari plastik jika sering dalam kondisi panas bisa menjadi getas.
  3. Batasi beban listrik yang terhubung melalui kabel ekstensi apalagi sampai bertumpuk karena bisa menimbulkan panas berlebih pada terminal dan kabelnya.
  4. Untuk instalasi kabel listrik yang rawan dengan gigitan tikus bisa ditambahkan paralon khusus kabel instalasi supaya kabel aman dari gigitan tikus
  5. Selalu mengganti komponen listrik misalnya MCB dengan daya yang sesuai dan yang penting harus berstandar SNI
  6. Gunakan alat listrik yang sudah terjamin keamanan dan kualitasnya. Charger imitasi misalnya walaupun harga lebih terjangkau tetapi tidak terdapat sekring pengaman.
stop kontak bertumpuk
Penggunaan stop kontak yang tidak aman

Ulasan diatas sangat penting ketika Anda ingin melakukan instalasi listrik baik baru maupun perbaikan yang lama. Selain itu, penggunaan listrik di rumah harus sesuai dengan peruntukannya. Banyak orang yang tidak peduli ketika kabel kecil menumpuk di satu stop kontak. Akibatnya, korsleting listrik tidak dapat dihindari dengan segala kerusakannya.

Nah bagi anda khususnya yang benar benar awam perihal kelistrikan setelah mengetahui beberapa hal diatas tidak serta merta langsung percaya diri mencoba memperbaiki korsleting listrik ya karena tentunya tetap harus ditangani oleh ahlinya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, paling tidak anda mengetahui penyebab dan yang terpenting tidak panik saat terjadi mati listrik karena korsleting listrik.

Artikel yang Berhubungan :