Home » Dasar Elektronika » Konektor Fiber Optik

Konektor Fiber Optik

Konektor fiber optik diperlukan dalam jaringan optic untuk menghubungkan antara satu jenis perangkat dengan perangkat lainnya yang biasanya berupa modem atau OTB (Optic Terminal Box) atau bisa juga berupa switch/ router.

Konektor Fiber Optik

Memilih jenis konektor fiber optik yang tepat adalah sangat penting supaya kebocoran sinyal cahaya pada fiber bisa diminimalisir, selain kesesuaian konektor yang tidak kalah pentingnya adalah cara memasang konektor kabel fiber optik.

Baca juga : Pengertian Kabel Fiber Optik


Jenis Konektor Fiber Optik

Jenis jenis konektor fiber optik ada beberapa pilihan konektor yang bisa diaplikasikan dengan device yang akan dihubungkan dimana masing masing jenis konektor memiliki kelebihan masing masing. Jika pada kabel LAN dibutuhkan konektor RJ45 maka pada jenis fiber optik terdapat beberapa jenis konektor.

Jenis konektor fiber optik SC dan LC adalah yang paling banyak digunakan karena kebanyakan device menggunakan konektor jenis tersebut misalnya pada jaringan LAN, WAN, data center, switch telecom, TV kabel, jaringan fiber FTTX (fiber-to-the-x) dan jaringan fiber FTTH (fiber to the home).

Berikut dibawah ini adalah jenis jenis konektor fiber optik yang sering digunakan :


Konektor Fiber Optik FC (Ferrule Connector)

Konektor fiber optik FC menggunakan keramik pada bagian konektor nya denga menggunakan screw-type/ drat ulir berbahan plat nikel atau bisa juga berupa stainless-steel sehingga kebocoran bisa benar benar diminimalisir. Konektor ini memiliki akurasi yang sangat baik dan biasanya digunakan pada jenis single mode fiber optic baik itu untuk transmitter (optical source/ sumber) maupun receiver (optical detector).

Konektor Fiber Optik FC

Kabel fiber FC termasuk konektor yang populer digunakan untuk jaringan fiber optik dan data center dengan ukuran konektor 2.5 mm, untuk cara memasang konektor kabel fiber optik FC harus dipastikan ujung konektor sudah benar benar di posisi yang pas sebelum mengencangkan drat ulir untuk menguncinya.


Konektor Fiber Optik SC (Subscriber Connector)

Konektor fiber SC adalah singkatan dari Subscriber Connector yang kadang disebut juga Square Connector atau Standard Connector karena cukup populer dan sering digunakan pada jaringan fiber optik. Kabel jenis ini banyak digunakan salah satunya adalah sebagai kabel fiber optik indihome karena harga yang lebih murah, ketahanan yang baik serta instalasi yang sederhana.

Baca juga : Cara ganti password wifi Indihome

Konektor Fiber Optik SC

Konektor SC menggunakan keramik dengan ukuran konektor 2.5 mm pada ujung konektornya untuk menghantarkan sinyal cahaya dengan akurasi yang sangat baik. Karena penggunaan konektor ini dihubungkan dengan cara memasukkan dan mengunci dengan bunyi “klik”, terkadang sering disebut juga dengan “stick and click” atau push-pull connector.


Konektor Fiber Optik LC (Lucent connector)

Konektor fiber LC dikembangkan oleh Lucent Technologies kadang disebut juga Little Connector karena memang ukurannya yang kecil dengan ukuran konektor 1.25 mm. Konektor LC adalah tipe kecilnya dari konektor SC dengan bentuk yang mirip, perbedaan utamanya pada ukuran diameter intinya saja yang lebih kecil.

Konektor Fiber Optik LC

Karena kelebihannya yang memiliki ukuran yang kecil, konektor kabel fiber optik LC ini sering digunakan pada area yang memiliki intensitas koneksi yang banyak seperti misalnya pada data center atau telecom switching centers. Pada perangkat network switch/ router yang memiliki modul SFP untuk menghubungkan antar switch/ jaringan lainnya biasanya menggunakan kabel fiber optik konektor LC duplex dengan 2 cabang terpisah untuk RX dan TX sehingga memungkinkan untuk sinkron komunikasi antar perangkat.

Konektor SFP Fiber Optik LC

Cara memasang konektor kabel fiber optik tipe LC mirip dengan tipe SC yaitu memiliki mekanisme pengunci saat konektor dimasukkan sehingga tidak mudah terlepas dari perangkat network.


Konektor Fiber Optik ST (Straight Tip)

Konektor fiber optik ST termasuk salah satu jenis pertama konektor untuk FO yang digunakan dan dibuat oleh AT&T. Konektor ini menggunakan inti 2.5 mm sehingga bisa digunakan juga dengan konektor jenis SC dan FC namun tentunya dengan menggunakan adaptor lagi.

Konektor Fiber Optik ST

Konektor jenis ini biasanya banyak ditemukan pada kabel fiber optik multi mode namun sudah mulai digantikan dengan konektor LC.


Harga Konektor Fiber Optik

Kabel fiber optik adalah jenis koneksi yang saat ini paling banyak digunakan pada penyedia internet / Internet service provider untuk mendistribusikan akses internet ke rumah pelanggan maupun kantoran karena performanya yang sangat baik dengan interferensi sinyal yang rendah.

Jika dibandingkan harga konektor fiber optik tipe SC dan LC, kabel patchcord konektor SC lebih murah sehingga lebih banyak digunakan. Harga konektor fiber optik sendiri bervariasi dan bisa didapatkan di market place dengan mudah.