Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan Dan Tips Mengatasinya

Pengering mesin cuci adalah salah satu komponen yang begitu penting karena menghilangkan kelembaban dari pakaian setelah proses pencucian. Namun terkadang, ada kondisi di mana pengering mesin cuci ini justru malah berputar pelan.

Hal ini tentunya bisa menjadi masalah yang menjengkelkan karena pakaian bisa tidak kering sama sekali. Untuk itu, simak terlebih dahulu beberapa alasan mengapa pengering mesin cuci berputar pelan hingga cara mengatasinya lewat ulasan yang ada di bawah ini!

pengering mesin cuci berputar pelan

Kenapa Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan?

Meskipun banyak mesin cuci dilengkapi dengan pengering yang berputar dengan cepat, ada kalanya Anda mungkin mengalami masalah ini. Namun parahnya lagi, masih banyak orang yang belum mengetahui alasan di balik masalah utama ini.

Baca juga: Kode Error Mesin Cuci Samsung

Untuk memahaminya dengan lebih baik, mari simak beberapa faktor yang mempengaruhi pengering dari mesin cuci ini bisa berputar sangat lambat :

1. Overload

Salah satu alasan utama mengapa penyebab mesin cuci tidak kuat berputar tak lain yaitu karena terlalu banyak pakaian dimasukkan ke dalam mesin. Ketika mesin terlalu penuh, udara panas tidak dapat beredar dengan baik di sekitar pakaian, sehingga proses pengeringan menjadi lambat.

2. Filter Kotor

Perlu Anda ketahui bahwa filter pengering mesin cuci adalah komponen penting yang membantu menyaring kotoran dan debu dari udara panas yang digunakan untuk mengeringkan pakaian. Jika filter ini kotor, maka tentunya aliran udara akan terhambat dan proses pengeringan menjadi jauh lebih lambat dari sebelumnya.

3. Ventilasi yang Tersumbat

Pada dasarnya, ventilasi yang tersumbat ini adalah masalah umum yang dapat membuat pengering dari mesin cuci bisa bergerak pelan. Di mana cara kerjanya sendiri yaitu udara panas dan uap air seharusnya dapat mengalir keluar dari mesin dengan lancar. Jika ventilasi tersebut tersumbat, maka nantinya udara akan terjebak di dalam mesin dan mengganggu proses pengeringan.

4. Komponen Mesin yang Rusak

Salah satu komponen penting dalam mesin pengering mesin cuci seperti motor atau penggeraknya dapat mengalami kerusakan atau keausan seiring berjalannya waktu karena kerap digunakan. Tentunya hal ini dapat menyebabkan kinerja mesin pengeringan yang lambat atau bahkan bisa berhenti sama sekali.

5. Pengaturan Putaran yang Salah

Beberapa model mesin cuci memiliki pengaturan putaran yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan para penggunanya. Jika pengaturan ini tidak diatur dengan benar, maka dari itu jangan heran jika mesin cuci dapat berputar dengan kecepatan yang lebih rendah dari yang diinginkan.

6. Bearing dan Pulley:

Periksa bearing dan pulley yang menghubungkan drum dengan motor. Jika ada kerusakan pada komponen ini, pengering mungkin berputar pelan.

7. Pakaian Terlilit

Meskipun terlihat sepele, namun ternyata pakaian yang terlilit satu sama lain atau terjebak di sekitar drum pengering juga dapat membuat mesin cuci berputar pelan. Ini bisa terjadi jika pakaian sangat kusut saat dimasukkan ke dalam mesin cuci atau jika ada pakaian yang memiliki aksesori seperti resleting atau tali yang dapat menghalangi perputaran.

Baca juga : Cara Atasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung

Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci Yang Berputar Pelan

Setelah Anda memahami alasan mengapa pengering pada mesin cuci tersebut bergerak pelan, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini misalnya saja seperti :

1. Periksa Kapasitasnya

Pastikan Anda tidak mengisi mesin cuci melebihi kapasitas yang direkomendasikan oleh produsennya. Selain itu, perlu digaris bawahi bahwa mencuci pakaian dalam beberapa kali putaran lebih baik daripada merusak mesin cuci itu sendiri.

2. Pastikan Pakaian Tidak Terjebak di Area Drum

Dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa pakaian yang akan di masukkan tidak terlilit satu sama lain atau terjebak di sekitar drum pengering. Jika ada pakaian yang terjebak, maka langsung matikan mesin cuci tersebut lalu lepaskan lilitannya sebelum melanjutkan pengeringan.

3. Cek Bagian Belt dan Motor

Jika masalah pengering mesin cuci yang bergerak lambat ini masih saja berlanjut, coba periksa belt penggerak dan motornya. Jika belt terlihat kendur atau rusak, maka jangan ragu untuk menggantinya secepat mungkin. Namun, apabila masalahnya ada pada bagian kapasitor mesin cuci 2 tabung maka Anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru atau lebih baik hubungi teknisi profesional saja.

4. Lakukan Pemeliharaan Rutin

Agar mesin cuci Anda tetap berfungsi dengan baik, maka lakukan pemeliharaan rutin seperti halnya membersihkan filter secara berkala. Hal ini tentunya dapat membantu mencegah masalah pada pengering mesin cuci Anda.

Sebelum menghadapi pengering mesin cuci berputar pelan, tentunya Anda harus mengidentifikasi penyebab masalahnya secepat mungkin dan mengambil tindakan yang sesuai. Lewat penanganan yang tepat, mesin cuci Anda akan tetap berfungsi dengan baik dan membantu menjaga kebersihan pakaian lebih efisien nantinya.

Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika