Download Resetter Epson L3110, L3100, L3150, L3001 dan Cara Menggunakannya

Download resetter Epson L3110 ini diperlukan ketika terjadi error atau masalah pada printer yang sebenarnya cukup populer untuk jenis printer tinta. Meskipun printer jenis ini bisa dikatakan jempolan namun tentu tidak menutup kemungkinan akan terjadinya error.

Tutorial Cara Reset Epson L3110

Apa Itu Resetter Printer?

Resetter printer bisa menjadi solusi untuk perangkat printer yang bermasalah. Fungsinya yaitu untuk mengosongkan kembali memori mencetak pada printer itu sendiri. Reset sering dijadikan solusi agar proses pencetakan printer bisa kembali normal.

Untuk mendownload Epson L3110 resetter sudah cukup mudah ditemukan di internet. Perangkat lunak tersebut bisa digunakan untuk melakukan reset. Pada halaman dibawah anda bisa download resetter epson l3110 gratis lewat google drive.

Baca juga : Resetter Epson L360 Tutorial Lengkap

Umumnya, proses reset dilakukan ketika kondisi printer mogok. Salah satu tandanya seperti lampu LED yang blinking, atau berkedip. Hal tersebut dikarenakan jumlah pencetakan printer telah melampaui batas penggunaan yang nantinya akan menyebabkan waste ink full.

Kenali Penyebab Error Printer Epson

Penyebab error printer epson bisa dari berbagai hal yang pada unit printer indikator paper dan ink akan menyebabkan lampu indikator berkedip baik secara bergantian ataupun bersamaan dan pada layar pc/ notebook biasanya muncul notifikasi salah satu error berikut :

  1. Ink pad is at the end of its service live
  2. Ink waste is full
  3. Service required
  4. It is time to reset the ink levels
  5. It is nearly time to reset the ink levels
  6. Fatal errors

Baca juga : Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Error Printer Epson kedip

Selain masalah perangkat lunak, printer yang error juga biasanya disebabkan oleh hardware-nya yang bermasalah. Berikut penyebab-penyebab yang sering terjadi:

1. Pergerakan Cartridge ada yang menghalangi

Coba cek bagian bawah printer dan pastikan tidak ada bekas kertas paper jam yang menyebabkan terhalangnya jalur untuk cartridge

2. Tabung Tinta

Cek apakah tinta masih ada untuk semua warna ? Selain tinta yang habis, suplai tinta yang terjepit atau macet juga bisa menjadi kendala yang cukup serius.

3. Cartridge Bermasalah

Cartridge merupakan bagian yang paling sering menjadi biang masalah. Ada cukup banyak penyebabnya, salah satu yang paling umum adalah terjadinya penumpukan kotoran. Itulah kenapa, pemilik printer harus sering mengecek bagian ini.

4. Roller

Bagian ini adalah komponen tempat keluarnya kertas yang sudah dicetak. Roller juga menjadi salah satu komponen yang cukup sering terjadi masalah. Penyebabnya bisa karena macet, hingga kotor.

5. Bagian Tabung Pembuangan Tinta

Bagian lain pada printer yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah tabung pembuangan tinta/ waste ink pad, biasanya berbentuk busa dan harus diganti setelah sejumlah lama pemakaian printer yang bisa dilihat juga counter nya pada aplikasi resetter epson.

Bagian tabung pembuangan ini harus rutin diganti ketika printer sudah direset yang posisi nya ada di bagian samping-belakang unit printer.

cara ganti waste ink pad epson L3110

Jika sudah dicoba untuk mengecek penyebab kerusakan diatas namun masih tetap error yang sama maka kemungkinan printer harus direset dengan tutorial reset printer dibawah.

Download Resetter Epson L3110, L3100, L3150, L3001

Meski tipe printer ini tergolong baru, namun terkadang selalu timbul permasalahan ringan maupun berat. Sebelum membawanya ke tukang service, sebaiknya Anda coba terlebih dahulu epson l3110 resetter untuk mengatasinya sendiri.

Silahkan download resetter epson L3110, L3100, L3150, L3001 gratis yang sudah support untuk Windows 7-10 (32/64bit) pada link dibawah ini :

Download Resetter Epson L3110, L3100, L3150, L3001 Gratis

Password file Zip : panduanteknisi.com
Jika link download error silahkan info di report link download

Pastikan untuk membaca juga Tutorial Aktivasi Resetter Epson L3110 pada folder download karena aplikasi ini membutuhkan aktivasi.

Baca juga : Cara Reset Epson L120

Cara Reset Epson L3110

Setelah software resetter berhasil di-download, Anda bisa langsung menggunakannya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk proses reset menggunakan Epson L3110 resetter :

  1. Ekstrak terlebih dahulu file resetter yang sudah Anda download. Ekstrak menggunakan aplikasi WinRar atau 7-Zip. Setelah itu, silahkan jalankan software.
  2. Jika sudah diinstal, maka akan muncul tampilan software Epson Adjustment Program. Setelah itu, silahkan langsung saja klik tombol Select pada menu aplikasi.
software Epson Adjustment Program
  1. Silahkan Anda pilih seri printer yang akan di-reset yang terdapat pada kolom Model Name. Untuk bagian-bagian lain, seperti Port biarkan saja pada pilihan Autoselection. Setelah selesai, silahkan klik OK.
Cara Reset Epson L3310 pilih model
  1. Silahkan lanjutkan dengan klik Particular Adjustment Mode. Menu ini terdapat pada bagian samping kanan aplikasi.
Cara Reset Epson L3310 Particular Adjustment Mode
  1. Setelah muncul jendela berikutnya, pilih dan klik menu Waste ink pad counter”, lalu klik OK.
Cara Reset Epson L3310 wate ink pad counter
  1. Tahap selanjutnya, silahkan Anda centang menu pilihan Main pad counter dan Platen pad counter”. Setelah selesai, kemudian klik Initialize yang ada di bagian bawah. Maka, proses reset pun akan berjalan. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.
Cara Reset Epson L3310 initialize
  1. Jika reset sudah selesai diproses, maka akan tampil kotak dialog yang berisi Please Turn OFF and Turn On your printerpilih OK pada opsi ini. Kemudian, silahkan Anda matikan lalu nyalakan kembali printer-nya.
tutorial Cara Reset Epson L3310
  1. Cek lampu indikator pada printer. Jika sudah tidak berkedip-kedip lagi, maka printer sudah sukses di-reset dan sudah bisa digunakan kembali secara normal.

Cara Reset Printer Epson L3110 Tanpa Software

Reser tanpa software, atau reset manual, juga bisa ditempuh sebagai solusi error pada printer. Cara reset Printer Epson L3310 secara manual tergolong mudah. Untuk melakukannya, silahkan Anda ikuti langkah-langkah atau trik berikut:

  1. Cabut kabel daya printer dan biarkan selama 3 – 5 menit.
  2. Setelah itu, silahkan Anda colokkan atau hubungkan kembali kabel daya yang tadi dicabut. Kemudian, nyalakan printer dengan menekan tombol Power.
  3. Jika printer Epson menyala secara sempurna, silahkan tekan dan tahan tombol Resume selama 5 detik. Setelah itu, kemudian lepaskan.
  4. Tekan dan tahan kembali tombol Resume pada printer selama 3 detik, lalu lepaskan.
  5. Printer akan melakukan proses reset, silahkan tunggu sampai proses selesai.
  6. Jika reset sukses atau berhasil, maka lampu indikator kertas atau tinta akan berhenti berkedip.
  7. Untuk memastikan cara reset printer Epson L3110 secara manual ini berhasil, silahkan gunakan untuk mencetak satu atau dua dokumen.

Solusi Jika Proses Reset Printer Gagal

Jika sudah download resetter Epson L3110, dan ketika menggunakannya masih gagal, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Cek bagian cartridge printer. Bersihkan bagian tersebut dari kotoran. Pasalnya, kartrid yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab printer menjadi error.
  2. Cek bagian roller printer. Pastikan tidak ada benda asing maupun kertas di dalamnya.
  3. Cabut kabel daya selama 3 menit sebelum Anda melakukan proses reset.
  4. Cek dan bersihkan sensor pita dan sensor AS yang kotor
  5. Cek kemungkinan kabel fleksibel dari mainboard ke scanner ada yang putus, namun kerusakan ini harus ke teknisi printer karena harus membongkar unit dan bisa membatalkan garansi printer.

Kesimpulan

Resetter printer merupakan solusi untuk mengatasi printer yang bermasalah. Anda bisa menggunakan dua metode reset di atas untuk mencoba mengatasi masalah sendiri. Perhatikan juga beberapa komponen lain yang rentan terjadi masalah agar printer bisa kembali berjalan secara normal.

Semoga informasi download resetter Epson L3110 dan cara menggunakannya di artikel ini bisa membantu masalah printer Anda sebelum membawanya ke tukang service. Selamat mencoba.