Cara Reset Epson L120 Lampu Indikator Kedip

Posted on

Cara reset printer Epson L120 ini diperlukan ketika printer mengalami error lampu power dan tinta (cancel) kedip/ blink sehingga printer sama sekali tidak mau digunakan untuk print.

Cara Reset Epson L120 Lampu Indikator kedip

Cara memperbaiki printer Epson L120 lampu berkedip bersamaan pada power button dan cancel button seperti ini sangat mudah selama tidak terdapat kerusakan pada mekanik printer, karena biasanya kerusakan ini hanya disebabkan permasalahan software saja.

Penyebab Printer Epson Kedip Bersamaan

Pada saat proses cleaning pada printer, tinta yang berada pada nozel akan dibuang melalui pipa pembuangan ke bantalan penyerap tinta kotor.

Setiap kali proses cleaning ini dilakukan baik secara otomatis atau manual, Epson telah memasang counter yang akan menghitung setiap halaman yang sudah diprint sehingga diatur supaya printer akan error meminta reset setelah mencapai angka tertentu untuk mencegah meluapnya tinta kotor tersebut.

Cara Reset Printer Epson L120

Ada beberapa cara reset printer epson L120 namun yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah dengan cara menggunakan aplikasi reset printer epson L120, ini karena prosesnya yang lebih mudah dan kemungkinan keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan reset manual dengan tombol.

Untuk bisa memperbaiki printer error blinking, maka anda harus memiliki aplikasi reset epson L120, berikut link download reset epson L120 pada google drive :

Download aplikasi reset epson l120

Jangan khawatir karena file aplikasi reset ini sudah di scan dengan antivirus online virus total dan tidak terdeteksi virus :

scan virus online aplikasi reset printer

Setelah aplikasi selesai didownload berikut adalah langkah langkah cara reset printer yang error blinking :

  1. Download aplikasi reset printer L120 di link di atas
  2. Extract file zip hasil download, akan muncul folder L120 RESETTER dan dobel klik file L120.exe
  3. Setelah program terbuka, pilih type printer dari tombol “select” dan port yang digunakan, atau jika tidak yakin gunakan pilihan “Auto selection”
  4. Selanjutnya pilih “Particular Adjustment Mode
  5. Pilih pada opsi “Waste ink pad counter” pada menu “Maintenance”
  6. Klik Ok, lalu centang pada pilihan “Main pad counter” dan klik “Check“, pada proses ini aplikasi akan membaca data pada printer dan akan ditampilkan pada counter.
  7. Jika angka counter sudah muncul selanjutnya klik “Initialize” untuk mereset counter tersebut.
  8. Terakhir, klik Finish. Akan muncul notifikasi Printer untuk dimatikan, selanjutnya saat printer dinyalakan fungsi printer seharusnya sudah normal

Bagi yang memerlukan panduan dalam bentuk gambar, bisa dilihat gambar langkah langkah cara reset printer epson L120 dibawah ini :

  1. Buka aplikasi reset printer L120 dan pilih Select :
aplikasi reset printer epson l120

2. Pada pilihan menu selanjutnya pilih pada “Particular Adjustment Mode

pilih menu particular adjustment epson printer

3. Pilih Waste ink pad counter pada sub row Maintenance

cara reset printer epson l120

4. Pada window selanjutnya, centang pilihan Main pad counter lalu klik Check, pada proses ini printer akan membaca data pada printer

pilih main pad counter

5. Jika pembacaan data sukses maka akan muncul angka/ counter pada kotak mainpad counter, selanjutnya tinggal klik Initialize untuk mereset counter ini

klik initialize

6. Klik Finish, aplikasi akan meminta printer untuk dimatikan. Selanjutnya pada saat printer dinyalakan kembali seharusnya sudah bisa digunakan kembali.

Demikian artikel panduan cara reset printer epson L120 dengan menggunakan aplikasi reset printer, semoga bisa bermanfaat.