Cara Instal Printer Tanpa CD dengan Link Download

Bagaimana cara install printer tanpa CD ? berikut dibawah ini adalah panduannya untuk tipe printer Epson L3110 dan Canon MP287 dan bisa juga digunakan untuk tipe printer lainnya.

Jika tidak terdapat CD driver printer padahal kita perlu menginstallnya di komputer atau laptop kita, maka tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada beberapa cara alternatif yang bisa digunakan supaya printer tetap bisa digunakan.

Pada artikel kali ini saya akan share bagaimana cara install printer tanpa CD untuk printer yang saat ini cukup banyak digunakan yaitu Printer Epson L3110 dan Printer Canon MP287

Untuk bisa menginstall driver printer ini tanpa CD instalasi, maka minimal harus terdapat kabel USB yang support supaya komputer dan printer bisa terkoneksi dan tentunya diperlukan koneksi internet supaya komputer bisa mendownload driver yang diperlukan.

Sebelum melanjutkan proses instalasi driver printer baik untuk Epson L3110 maupun untuk printer Canon mp287 maka pastikan dulu komputer maupun laptop sudah terkoneksi port USB biasanya menggunakan kabel USB tipe A (Male) dan tipe B (Female)

port USB printer epson L3110

Sebenarnya untuk tutorial cara instal printer tanpa cd ini tidak perlu dilakukan jika kebetulan unit laptop masih terhitung baru, selain itu pada saat terdapat Windows Update, maka OS windows 10 biasanya akan mendeteksi device apa saja yang terkoneksi dan akan otomatis mendownload driver terakhir dari device yang terhubung.

Namun jika unit komputer sudah cukup lama atau windows update dinonaktifkan maka untuk driver ini harus didownload secara manual dengan tutorial dibawah.

Cara Install Printer Epson L3110 tanpa CD

Pada tutorial ini kita memerlukan komputer yang sudah terkoneksi dengan internet supaya bisa mengunjungi website resmi Epson dan mendownload driver sesuai dengan tipe OS yang dimiliki. Berikut adalah langkah langkahnya :

  1. Koneksikan printer terlebih dahulu dengan komputer dengan menggunakan kabel USB seperti gambar dibawah ini
posisi port USB printer epson L3110
  1. Nyalakan printer, tunggu beberapa saat sampai printer epson terdeteksi oleh komputer
  2. Download driver Epson L3110, untuk mendapatkan update terakhir dan sesuai dengan jenis OS maka pastikan download di website resmi Epson di link berikut Download Driver Epson L3110
  3. Akan muncul halaman downloads, sesuaikan jenis OS yang biasanya juga akan terdeteksi otomatis
download driver epson L3110 pilih OS
  1. Pada bagian Driver cari untuk pilihan Printer Driver lalu klik download
download driver epson L3110 printer driver
  1. Setelah selesai download, dobel klik pada file tersebut lalu akan muncul instruksi/ perintah untuk instalasi, pada bagian ini cukup next saja sampai finish asallkan kabel USB sudah terhubung.
  2. Pada saat proses sudah selesai maka akan muncul perintah untuk Print Test Page, klik pada button ini dan seharusnya instalasi driver printer L3110 sudah selesai.
Cara Install Printer Epson L3110 tanpa CD test print page

Cara Instal Printer Canon MP287 tanpa CD

Cara install driver printer Canon MP287 juga sama bisa dilakukan tanpa CD asalkan sudah terkoneksi internet atau minimal sudah memiliki file installer driver printer, berikut langkah langkahnya :

  1. Koneksikan printer terlebih dahulu dengan komputer dengan menggunakan kabel USB seperti gambar dibawah ini
port USB printer canon mp287
  1. Nyalakan printer, tunggu beberapa saat sampai printer canon terdeteksi oleh komputer
  1. Download driver canon MP287 pada website resmi supaya mendapatkan update versi terakhir, link download bisa didapat di link berikut download driver canon MP287. Pilih versi OS pada opsi Sistem Operasi untuk komputer lalu pada tipe pilih Drivers dan klik Cari
cara download driver printer canon mp287
  1. Pada hasil pencarian akan muncul untuk link download, klik pada link tersebut untuk mendownload file instalasi driver canon MP287
link download driver printer canon mp287
  1. Berikutnya dobel klik pada file hasil download tadi dan ikuti instruksi pada proses instalasi. Karena kabel USB sudah terkoneksi maka tinggal klik next saja untuk semua proses install seperti dibawah ini
cara install driver canon mp287 tanpa cd
  1. Untuk mengecek apakah pada komputer atau laptop sudah sukses terinstall printer canon, cek pada device pada Windows apakah sudah terdeteksi printer Canon
cara install driver canon mp287 tanpa cd pada windows 10

Demikian tutorial untuk cara instal printer tanpa cd, sebenarnya cara ini bisa juga dilakukan untuk semua tipe printer karena caranya sama saja. Sedangkan untuk koneksi internet juga tidak wajib karena yang penting ada file download dari website resminya sehingga bisa didownload tidak harus langsung dari komputer yang digunakan.

Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika