Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Kendala printer ready tapi tidak bisa print seringkali terjadi. Bahkan, kendala ini seringkali terjadi pada berbagai merk printer. Namun, jangan khawatir, karena kini kami akan membagikan cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print dengan langkah-langkah yang mudah.

Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Penyebab Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Sebelum membahas cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print, pertama-tama kita bahas terlebih dahulu penyebabnya.

Permasalahan printer yang satu ini memang cukup membingungkan. Pasalnya, lampu indikator printer sudah menyala, dan printer pun sudah siap digunakan. Namun, printer tidak bisa digunakan untuk mencetak.

Baca juga : Download Resetter Epson L3110

Lampu printer yang menyala, dan printer yang sudah siap menandakan bahwa printer tidak dalam keadaan rusak. Hanya saja printer tidak dapat merespon proses pencetakan.

Penyebab Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Penyebab pertama dari kondisi tersebut, bisa disebabkan oleh cartridge atau kartrid yang error. Kartrid adalah penampung tinta sekaligus alat untuk menuangkan tinta pada kertas yang sudah dimasukkan ke dalam printer.

Masalah umum yang kedua bisa saja terjadi error pada printer itu sendiri. Error yang dimaksud bukan karena terjadi kerusakan pada perangkat keras, namun merupakan error yang terjadi pada perangkat lunak sehingga tidak terkoneksi dengan benar ke komputer.

Cara Mengatasi Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print

Penyebab pertama dari kondisi ini bisa terjadi pada kartrid yang error. Karena, ketika kartrid error, maka salah satunya akan berdampak tidak bisa ngeprint di Windows 10, maupun OS Windows di bawahnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Posisikan Cartridge Seoptimal Mungkin

Jika Anda sudah melakukan isi ulang tinta, pastikan Anda memasang kembali kartrid dalam kondisi yang benar. Pastikan kartrid tidak kendor. Karena, posisi yang kendor atau tidak tepat akan mengakibatkan kartrid tidak terbaca.

cek posisi cartridge printer

Cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print untuk kondisi ini, bisa diatasi dengan melakukan pengecekkan posisi kartrid. Pastikan posisinya benar. Lepas kartrid jika pemasangan kurang tepat, kemudian pasang kembali pada posisi yang benar.

2. Bersihkan Bagian Chip Head

Solusi tidak bisa nge-print di Windows 10 berikutnya yaitu dengan membersihkan kartrid yang kotor. Kotoran pada kartrid ini bisa datang dari debu yang menempel hingga tinta yang mengering.

Jika kotoran pada kartrid semakin menumpuk, maka akan menyebabkan bagian motherboard printer tidak dapat mendeteksi keberadaan dari kartrid tersebut.

Bersihkan Bagian Chip Head printer

Silahkan lepas kartrid dari tempatnya. Setelah itu, silahkan Anda bersihkan secara perlahan. Gunakanlah alat pembersih yang lembut seperti cotton but atau tisu.

3. Ganti Catridge

Jika kartrid pada printer sudah tidak bisa digunakan lagi, sebaiknya ganti dengan yang baru. Ini adalah solusi terakhir cara mengatasi printer yang tidak bisa print akibat kartrid error.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Merespon Perintah Print

Jangan terburu-buru membeli printer baru, atau mencari tukang reparasi untuk memperbaikinya. Jika cara di atas masih belum berhasil, Anda bisa menggunakan solusi reset printer sebagai berikut:

1. Restart Service Printer Menggunakan Command Prompt

Command prompt bisa menjadi salah satu solusi dari kendala printer yang error. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Tekan logo Windows + R pada keyboard. Setelah muncul command prompt, silahkan ketik “net stop spooler” (tanpa tanda petik), kemudian tekan tombol Enter untuk menghentikan print spooler.
cara Restart Service Printer
  1. Setelah di-Enter, kemudian ketik lagi del /Q /F /S “%systemroot%\system32\Spool\Printers\*.*” kemudian Enter. Fungsinya yaitu untuk menghapus semua file yang terdapat pada folder printers.
mengatasi printer tidak bisa print dengan command prompt
  1. Langkah terakhir, setelah menekan tombol enter, kemudian ketikan lagi “net start spooler” (tanpa tanda petik). Kemudian silahkan tekan Enter untuk memulai print spooler. Kemudian nyalakan printer dan coba untuk melakukan print.

2. Reset Menggunakan Service Microsoft Windows

Cara mengatasi printer yang tidak bisa print selanjutnya yaitu bisa melalui Service Microsoft Windows dengan cara di-restart. Caranya pun mudah, sama seperti restart pada command prompt.

  1. Pertama-tama, silahkan tekan logo Windows + R, kemudian silahkan ketikan “service.msc” (tanpa tanda petik), lalu klik OK.
  1. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada tampilan Services. Kemudian masuk pada jendela Services, silahkan cari dan pilih menu “Print Spooler”, lalu klik kanan pada menu tersebut kemudian pilih Stop.
  1. Selanjutnya, silahkan Anda kecilkan atau minimize tampilan menu Service terlebih dahulu. Lalu, tekan lagi logo Windows + R, kemudian ketikkan “C:\Windows\System32\spool\PRINTERS” (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter.
  1. Setelah mengetik perintah di atas, Anda akan masuk ke sebuah jendela yang terdapat beberapa folder di dalamnya. Nah, hapuslah semua folder yang ada pada jendela tersebut. Setelah proses penghapusan selesai, silahkan kembali lagi ke menu Services yang Anda kecilkan tadi.
mengatasi printer tidak bisa print dengan reset windows
  1. Pada menu Services, silahkan pilih kembali menu “Print Spooler” dengan cara mengklik kanan kemudian pilih Start. Setelah itu, restart komputer kemudian coba kembali printer untuk mencetak.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print yang bisa Anda coba. Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu printer Anda yang saat ini sedang mengalami kendala. Selamat mencoba.