Antena Yang Cocok Untuk Set Top Box

Apa jenis antena yang cocok untuk set top box? pertanyaan ini banyak disampaikan oleh pengguna TV yang belum support sinyal digital sehingga harus menyediakan set top box secara terpisah. Namun jangan khawatir, karena sebenarnya untuk antena yang lama seharusnya masih mendukung.

Jenis Antena Yang Cocok Untuk Set Top Box?

Untuk set top box, antena yang cocok adalah antena UHF atau antena digital TV. Antena ini dirancang khusus untuk menerima sinyal televisi digital yang menggunakan frekuensi UHF.

Pastikan antena yang Anda gunakan sudah mendukung teknologi DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial 2), karena sebagian besar siaran televisi saat ini menggunakan teknologi tersebut.

Antena Yang Cocok Untuk Set Top Box

Selain itu, pastikan antena dipasang pada tempat yang tinggi dan terbuka, seperti atap rumah atau balkon, agar sinyal televisi bisa diterima dengan baik. Jika sinyal televisi masih kurang kuat, Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan penguat sinyal atau memperpanjang kabel antena untuk memindahkan antena ke tempat yang lebih optimal.

Berapa Panjang Maksimum Kabel Antena untuk STB ?

Panjang kabel antena yang optimal untuk set top box tergantung pada faktor-faktor seperti kualitas antena, kekuatan sinyal, dan kebutuhan jangkauan. Namun, dalam praktiknya, semakin panjang kabel antena, semakin banyak sinyal yang hilang karena resistansi kabel yang semakin besar.

Secara umum, disarankan agar kabel antena tidak lebih panjang dari 10 meter. Namun, jika diperlukan jarak yang lebih jauh, bisa menggunakan penguat sinyal antena atau memperpanjang kabel antena dengan kabel koaksial berkualitas baik yang memiliki impedansi 75 ohm dan tidak mengalami banyak kebocoran sinyal.

Baca juga : Booster Antena TV Terbaik dan Cara Memasangnya

Namun, perlu diingat bahwa semakin panjang kabel antena, semakin besar pula peluang gangguan dan kebocoran sinyal. Sehingga walaupun sudah menggunakan antena tv digital yang bagus, penting untuk memilih kabel antena yang baik dan memasangnya dengan benar untuk mengoptimalkan kinerjanya.

Antena TV Indoor vs Outdoor untuk STB

Keputusan antara menggunakan antena TV indoor atau outdoor tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, jarak dari stasiun televisi, dan jenis bangunan yang ada di sekitar rumah.

Jika tinggal di daerah perkotaan dengan banyak bangunan tinggi di sekitarnya, mungkin bisa menggunakan antena TV indoor dengan baik, terutama jika stasiun televisi yang berjarak dekat dan sinyalnya cukup kuat. Antena TV indoor yang bagus bisa memberikan kinerja yang cukup baik jika ditempatkan di dekat jendela atau di lokasi yang lebih tinggi, seperti di lantai atas.

Baca juga : Rekomendasi Antena TV Terbaik Digital Indoor dan Outdoor

Namun, jika tinggal di daerah pedesaan atau daerah dengan jarak yang jauh dari stasiun televisi, mungkin memerlukan antena TV outdoor yang lebih kuat untuk menerima sinyal televisi dengan baik. Antena TV outdoor yang dipasang di atap rumah atau di dinding luar bisa memberikan kinerja yang lebih baik dalam hal penerimaan sinyal, terutama jika ada banyak hambatan seperti pepohonan atau bangunan yang menghalangi. Pada kondisi dengan tempat tinggal seperti ini, antena tv digital yang bagus pun akan tetap menghasilkan gambar yang kurang bagus.

Selain itu, perlu diingat bahwa antena TV outdoor memerlukan pemasangan yang lebih rumit dan membutuhkan biaya tambahan untuk pemasangan dan perawatan. Oleh karena itu, jika tinggal di daerah perkotaan dengan sinyal televisi yang cukup kuat, mungkin bisa memilih antena TV indoor yang lebih sederhana dan murah.

Kesimpulan

Antena yang cocok untuk STB adalah jenis antena UHF yang sudah mendukung teknologi DVB-T2 namun yang lebih berperan dalam kualitas penerimaan gambar adalah penempatan posisi antena yang sangat menentukan kuat tidaknya sinyal yang diterima STB.

Sebelum membeli antena tv digital untuk tv analog sangat disarankan untuk menggunakan antena lama karena dari segi penerimaan sinyal sebenarnya masih menggunakan rentang frekuensi di jalur UHF sehingga seharusnya menggunakan antena lama pun masih bisa menerima sinyal Tv Digital.