Booster Antena TV Terbaik dan Cara Memasangnya

Posted on

Booster antena TV adalah alat yang berfungsi untuk menguatkan sinyal yang diperoleh dari antena TV dari stasiun pemancar TV yang Anda tonton supaya bisa menghasilkan kualitas gambar dan suara yang lebih jernih.

Bagi yang tinggal jauh dari pemancar TV umumnya sudah tidak asing dengan antena tv indoor booster ini. Tentunya ada perbedaan instalasi antara antena TV tanpa menggunakan booster dengan instalasi antena TV dengan menggunakan booster, berikut kurang lebih diagramnya ( untuk jenis eksternal ):

apa itu booster antena tv

Antena TV Indoor Booster

Apabila rumah Anda kebetulan jauh dari kota dan tidak mendapatkan cukup sinyal untuk menonton televisi dengan jernih, penggunaan TV booster bisa menjadi salah satu aspek penting yang harus Anda perhatikan.

Berikut adalah keuntungan/ fungsi antena booster TV khususnya untuk bagian indoor :

1. Lebih Mudah Instalasi dan Lebih Aman

Ada beberapa pengguna yang meletakkan booster di luar rumah dengan tinggi yang sama bersama antena. Padahal untuk booster TV bagian indoor, Anda bisa memasangnya di dalam rumah dan tetap mendapatkan sinyal yang baik.

Booster antena TV yang diletakkan di luar akan lebih mudah terkena listrik dari petir dan menyebabkan konslet. Jika pada saat yang bersamaan sedang menonton TV, maka televisi akan mudah tersambar petir. Meletakkannya di luar rumah juga beresiko terkena berbagai gangguan alam.

2. Kualitas Gambar yang Lebih Baik

Fungsi utama booster antena TV adalah untuk menguatkan sinyal dari antena TV, maka ia akan menguatkan sinyal yang diterima oleh antena dan meneruskannya ke televisi. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan akan lebih jernih dengan variasi saluran televisi yang lebih beragam.

Selain itu, booster antena TV jenis indoor juga lebih mudah untuk dibersihkan, begitu pula dengan perawatannya. Dan karena disimpan didalam ruangan akan menjadikannya lebih awet karena tidak terkena panas dan hujan.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Cara pasang booster tv  ke antena tidak begitu sulit, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan teknisi yang ahli. Namun jika Anda khawatir terkait arus listrik dan kesalahan pada pemasangan, ada baiknya Anda memanggil tukang yang ahli untuk menyelesaikannya.

Berikut ini adalah diagram cara pasang booster antena TV :

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Cara memasang kabel antena tv ke booster step by step adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan  bahan yang diperlukan, yakni booster antena TV yang bagus, kabel yang sesuai dan dalam kondisi baik, serta panduan singkat pemasangan dari produk booster yang hendak Anda gunakan.
  2. Perhatikan port booster, terdapat dua jalur yang harus Anda pasangkan, periksa apakah kabel tersebut tersedia dan sesuai dengan ukuran yang disediakan.
  3. Pasangkan jalur kabel pertama yang mengarahkan antena ke port TV, lanjutkan dengan memasangkan jalur kabel antena TV menuju booster.
  4. Terdapat tiga tambahan jalur dari antena TV menuju booster, yakni bagian bawah, bagian antena UHF dan antena VHF. Pasangkan sesuai tempat yang tersedia pada bagian produk booster.
  5. Penyambungan port booster telah selesai jika semua kabel telah terpasang dengan sempurna. Periksa sekali lagi apakah ada salah pemasangan kabel sebelum digunakan, sehingga tidak ada kerusakan yang mungkin akan terjadi selanjutnya ketika sudah dipakai.

Booster Antena TV Terbaik

Setelah mengetahui cara memasang booster antena TV, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa brand booster untuk antena TV yang memiliki kualitas baik. Dengan booster antena tv terbaik, hasil kualitas gambar yang didapat pun akan lebih bagus.

Sebenarnya saat ini sudah banyak antena tv terbaik yang sudah termasuk dengan internal booster sehingga lebih ringkas dan mudah dalam pemasangan, beberapa antena tersebut bisa dilihat pada link berikut

Baca juga : Antena TV Terbaik Digital

Berikut adalah beberapa rekomendasi antena tv indoor booster maupun jenis outdoor :

1. Skybox Set Top Box DVB T2

Dengan menggunakan booster keluaran Skybox, maka sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog agar menghasilkan gambar yang lebih jernih, serta suara yang jelas. Anda juga bisa merekam serial favorit Anda menggunakan flashdisk, salah satu fitur yang tidak bisa Anda temukan di booster lainnya.

booster Skybox Set Top Box DVB T2

Tentunya pada booster DVB T2 ini juga support dengan input antenna UHF

antena UHF skybox

Harga booster antena TV Skybox ini bisa didapatkan dengan harga sekitar 300 – 400 ribuan

2. Falcom FDA S400

Selanjutnya adalah brand Falcom yang membuat produknya terbuat dari metal, sehingga lebih aman dari interferensi gangguan sinyal untuk televisi Anda.

Dengan bahan yang terbuat dari metal, bodi dari booster ini tidak akan mudah rusak, meskipun diletakkan di luar ruangan dengan cuaca yang ekstrim.

booster Falcom FDA S400

Harga booster antena tv Falcom S400 berkisar 1 jutaan dan tersedia tipe indoor maupun outdoor.

3. Booster PF DX W9900

Jika anda mencari booster antena TV dengan harga lebih ekonomis maka booster yang satu ini bisa jadi pilihan karena harganya hanya berkisar 100 ribuan saja dengan penguatan sinyal dari antena TV cukup memadai.

Terdapat 2 bagian yaitu booster yang dipasang pada outdoor dan pada bagian indoor. Tentunya kualitas gambar yang dihasilkan juga berbeda jika pemasangan booster dilakukan hanya pada indoor saja.

Booster PF DX W9900

Beberapa fitur booster VHF-UHF ini sebagai berikut :

  1. Gain Control
  2. Super High Gain
  3. Super High Power
  4. Super Low Noise
  5. Hybrid Filter
  6. Selector Switch
  7. Max Gain : 48dB

4. Booster Rapid 8620SA2

Satu lagi pilihan booster antena TV dengan harga yang ekonomis dengan kualitas penguatan sinyal yang cukup baik. Bagi anda yang memiliki 2 unit TV maka penguat sinyal ini adalah pilihan yang tepat karena dengan harga yang murah sudah bisa mendapatkan booster dengan output untuk 2 unit TV.

Dengan menggunakan booster ini tidak perlu pusing pusing mencari cara paralel booster antena tv lagi.

Booster JMA 8620SA2

Berikut ini adalah spesifikasi dari booster Rapid 8620SA2 :

  1. CATV Signal Amplifier 2 Way : IN (Antena), OUT (2 unit TV)
  2. Gain Control Lampu Power
  3. LED Penggunaan
  4. Penggunaan indoor
  5. Material : Aluminium
  6. Daya : 1 Watt
  7. Tegangan : 220 Volt
  8. Frekuensi : 50Hz
  9. Amplify Gain : 20dB (Max)
  10. Berat : 50 gram
  11. Dimensi : 7.9 x 5.8 x 2.8 cm

Harga booster antena TV ini bisa anda dapatkan dengan harga kisaran paling mahal 100 ribuan saja, namun jika dicari dipasaran terdapat beberapa merk yang tersedia yaitu Rapid, Rayden, JMA dan NEWSAT.

Cara Memasang Antena TV Tanpa Booster

Anda yang ingin memasang antena TV tanpa booster bisa mengikuti beberapa langkah berikut. Hasil yang didapat memang tidak akan sebagus dengan menggunakan booster namun jika lokasi anda dekat dengan pemancar TV kemungkinan kualitas gambar akan cukup bagus.

Cara Memasang Antena TV Tanpa Booster
Cara Memasang Antena TV Tanpa Booster

Berikut adalah cara memasang antena tv tanpa booster :

  1. Siapkan peralatan untuk memasang antena dan bahan penunjang lain.
  2. Kupas sedikit kabel bagian luar, kemudian sambungkan ketiga komponen yang ada di dalamnya.
  3. Kendurkan baut port jack, masukkan kabel dan isolatornya, kemudian lilitkan ke bagian port jack. Untuk hasil yang lebih erat gunakan solder untuk melekatkan.
  4. Pemasangan kabel telah selesai, Anda hanya perlu merakit antena sehingga bisa dipasang sesuai dengan colokan yang tersedia.

Informasi singkat mengenai pemasangan booster antena TV dan penjelasan pendukungnya diatas semoga bisa memudahkan masalah teknis terkait TV Anda.