Cara Atasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung, Cek Juga Penyebabnya!

Seperti peralatan elektronik lainnya, tentunya mesin cuci juga bisa mengalami masalah teknis. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh penggunanya yaitu mesin cuci ini hanya berdengung saja dan tidak berputar.

Jika Anda mengalami masalah serupa, maka simak beberapa penyebab mesin cuci tidak berputar dan berdengung beserta cara memperbaikinya lewat ulasan artikel yang ada di bawah ini!

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung

Mesin cuci yang hanya berdengung tanpa berputar adalah masalah umum yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari :

mesin cuci tidak berputar hanya berdengung

1. Pengisian Terlalu Penuh atau Terlalu Sedikit

Penyebab pertama yang mungkin membuat mesin cuci Anda hanya berdengung adalah pengisian yang tidak sesuai. Ini bisa terjadi jika Anda memuat terlalu banyak pakaian atau bahkan hanya sedikit saja.

Ketika mesin cuci terlalu penuh, beban laundry tentunya menjadi semakin berat sehingga membuatnya kesulitan untuk memutar drum dengan benar. Di sisi lain, jika Anda memuat terlalu sedikit pakaian mesin cuci mungkin tidak memiliki cukup gesekan untuk memulai proses pencucian.

Baca juga : Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci

2. Sabuk Putus atau Longgar

Perlu Anda ketahui bahwa mesin cuci menggunakan sabuk fanbelt atau V belt untuk menggerakkan drum. Jika sabuk putus atau longgar, mesin cuci akan hanya berdengung tanpa berputar. Untuk memeriksa sabuk, matikan mesin cuci dan buka akses ke bagian belakang atau bawah mesin.

Periksa apakah sabuk di sekitar drum longgar atau putus. Jika sabuk rusak, Anda perlu menggantinya dengan sabuk yang baru dan cocok.

3. Kerusakan Pada Motor atau Kapasitor

Pada dasarnya, motor adalah komponen utama yang bertanggung jawab untuk memutar drum. Sedangkan fungsi dari kapasitor sendiri tak lain yaitu untuk membantu komponen motor memulai prosesnya. Jika motor rusak atau kapasitor mengalami masalah, jangan heran jika mesin cuci hanya berdengung saja.

Kapasitor mesin cuci 1 tabung

Baca juga : Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar Dan Cara Perbaikannya

4. Penyumbatan pada Pompa atau Filter

Adanya penyumbatan pada pompa atau filter tentunya dapat menghambat aliran air dalam mesin cuci. Maka dari itu, nantinya hal ini dapat membuat mesin cuci hanya berdengung saja karena air tidak dapat mengalir ke drum dengan baik.

Cara Memperbaiki Dinamo Mesin Cuci Berdengung

Ketika dinamo mesin cuci Anda hanya berdengung tanpa berputar, jangan bingung dulu karena ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Periksa Sabuknya

Pada dasarnya, sabuk yang menghubungkan motor dengan drum mesin cuci merupakan suatu komponen yang keberadaannya sendiri begitu vital. Maka dari itu, pastikan bahwa sabuk tersebut tidak dalam kondisi terputus, kendur, atau bahkan aus.

Jika sabuk mesin cuci tersebut terlihat rusak, maka lebih baik segera ganti dengan yang baru.

2. Cek Motor Mesinnya

Dalam hal ini, Anda harus memeriksa bahwa bagian motor mesin cuci tersebut tidak ada yang aus atau rusak. Pastikan juga bahwa kabel maupun sambungan yang ada di sekitar motor dalam keadaan baik serta terpasang dengan benar.

dinamo mesin cuci

3. Jangan Melebihi Kapasitas

Jika Anda melebihi kapasitas mesin cuci, tentunya hal ini dapat menyebabkan beban berlebih pada bagian motor penggeraknya. Maka dari itu, pastikan untuk mengikuti panduan kapasitas beban yang dianjurkan oleh produsen mesin cuci. Mematuhi kapasitas beban akan membantu mencegah kelebihan beban pada dinamo.

4. Cek Kebersihan Drum dan Filter

Banyak masalah pada mesin cuci berasal dari akumulasi debu, serpihan kain, atau benda asing lainnya di sekitar drum atau filter. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus membersihkan drum secara berkala dan juga bagian filternya jika ada yang tersumbat.

5. Periksa Sumbu dan Bantalan Drum

Langkah terakhir yang bisa dilakukan yaitu pastikan bahwa bagian sumbu drum tidak macet atau terhalang oleh benda asing. Selain itu, periksa juga bagian bantalan drum dan pastikan bahwa kondisinya masih dalam keadaan baik.

Sebab, bantalan yang aus atau rusak nantinya dapat menyebabkan masalah pada putaran drum mesin cuci itu sendiri.

Selalu ingat bahwa pada saat mengatasi masalah mesin cuci tidak berputar hanya berdengung, penting untuk berhati-hati dan mematikannya terlebih dahulu demi keselamatan Anda sendiri.

Jika Anda merasa tidak yakin atau masalahnya terlalu rumit, sebaiknya hubungi teknisi mesin cuci berpengalaman untuk membantu mendiagnosis dan memperbaiki masalahnya.

Gravatar Image
Panduanteknisi.com adalah sarana sharing teknisi yang berpengalaman di bidang elektronika dan kelistrikan serta banyak menulis artikel tentang instalasi, reparasi dan tutorial seputar dunia elektronika