Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci

Posted on

Cara memperbaiki pengering mesin cuci tentunya tidak bisa sembarangan karena jenis kerusakan dan solusinya berbeda tergantung jenis mesin cuci tersebut apakah mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung karena cara kerja dan mekanisme nya berbeda.

Pada artikel kali ini akan membahas perbedaan cara perbaikannya namun yang menjadi perbedaannya adalah berdasarkan jenis mesin cuci nya saja apakah otomatis atau manual. Sehingga cara memperbaiki pengering mesin cuci Sharp atau Polytron akan sama saja langkah langkah nya.

1. Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Pengecekan dan perbaikan pengerin gpada mecin cuci 2 tabung / manual umumnya lebih mudah karena tidak melibatkan modul pcb elektronik sehingga hanya tinggal menelusuri saja saklar dan sensor yang ada termasuk timer. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan pengecekan pada mesin cuci :

1a. Kabel Mesin Cuci Putus

Masalah yang hampir terjadi pada semua mesin cuci adalah kemasukan hewan pengerat yaitu tikus yang suka menggigiti kabel instalasi dalam mesin cuci hingga putus. Ukuran tikus yang kecil memang memungkinkan untuk masuk hingga ke bagian kelistrikan mesin cuci.

Jika anda setidaknya memiliki sedikit keahlian listrik bisa juga dicoba memperbaiki mesin cuci sendiri dengan cara membuka bagian tutup atas mesin cuci seperti berikut :

cara memperbaiki mesin cuci sendiri

Jika memang terdapat kabel yang putus karena gigitan tikus, maka bisa dicoba menyambungkan kembali kabel kabel yang putus, namun perhatikan juga kabel yang disambungkan harus yang sesui, untungnya hampur seluruh kabel yang ada memiliki perbedaan warna sehingga memudahkan penelusuran

Kabel Mesin Cuci Putus

1b. Tali Rem Pengering Mesin Cuci Putus

Cara pertama untuk mengatasi kendala ini adalah tarik bagian tali rem pengeringnya. Tarik pada bagian kawat sling rem sehingga membuatnya terbuka. Jika sudah terbuka, coba putar dengan menggunakan tangan. Jika bisa berputar dengan lancar, maka pengering pun bisa digunakan lagi.

Tali Rem Pengering Mesin Cuci Putus

Kerusakan yang bisa terjadi pada bagian ini adalah tali rem yang kemungkinan putus sehingga kondisi kampas rem pada dinamo penggerak sehingga motor pengering tidak bisa berputar. Untuk mencoba mekanisme pengereman ini anda bisa coba menarik tali rem ini dan perhatikan bagian mana saja yang bergerak.

Rem pengering mesin cuci

Tali rem pengering ini fungsinya adalah untuk keamanan sehingga pada saat pintu bukaan atas dibuka maka posisi kampas rem pada posisi “mengerem”.

1c. Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Di setiap mesin cuci pasti terdapat kapasitor yang berfungsi untuk membantu putaran awal dinamo mesin cuci sekaligus menambah tenaga pada dinamo, lihat juga pada artikel fungsi kapasitor mesin cuci untuk lebih jelasnya. Seiring usia penggunaan mesin cuci pasti terjadi penurunan kapasitas kapasitor yang akhirnya berakibat motor dinamo tidak kuat memutar.

Cukup sulit untuk mendeteksi kerusakan kapasitor jika dilihat fisiknya saja sehingga harus digunakan alat ukur, namun untuk referensi bisa coba mengunjungi link berikut Ciri Kapasitor Mesin Cuci yang Rusak. Namun jika memang terdapat ciri kerusakan fisik kapasitor seperti menggembung sudah bisa dipastikan kapasitor tersebut harus diganti dan tentunya pastikan Anda mengganti dengan kapasitor bernilai sama.

1d. Ganti Timer Pengering

Jika mesin cuci memiliki timer sejenis putaran yang berada dibagian atasnya maka bisa dipastikan mesin cuci tersebut adalah jenis manual atau 2 tabung. Kerusakan pada bagian timer juga cukup sering terjadi karena bisa saja gear atau pegas pada timer tersebut aus atau bisa juga karena terminal kontak yang sudah mengalami korosi sehingga menghambat aliran arus listrik.

timer pengering mesin cuci

Jika tali rem dan kapasitor tidak terdapat masalah maka komponen timer inilah yang berikutnya disarankan untuk dilakukan pengecekan. Jika terdapat kerusakan diusahan ganti timer dengan timer yang sesuai dengan merek mesin cuci yang Anda gunakan jika perlu bawa sebagai contoh pada saat membeli untuk memastikan juga knopnya sesuai.

1e. Kerusakan pada Door Switch

Bagian door switch sebenarnya merupakan pengaman supaya motor spin/ pengering hanya bekerja setelah pintu tutup atas pengering sudah ditutup karena tentunya putaran yang cepat bisa menyebabkan pakaian terlempar keluar apalagi jika pakaian tidak ditata dengan baik saat dimasukkan ke tabung pengering mesin cuci.

Kerusakan pada door switch yang sering terjadi adalah terminal kontak nya mengalami korosi sehingga menyebabkan arus listrik tidak bisa mengalir. Solusi mudahnya hanya dengan membersihkan dengan anti karat dan sebisa mungkin terminalnya diampelas. Jika korosi sudah terlalu parah sebaiknya diganti saja.

Kerusakan pada Door Switch mesin cuci

1f. Periksa Motor Penggerak Spin

Karena bagian ini merupakan bagian yang paling mahal harganya pada mesin cuci maka lebih baik jika dipastikan terlebih dahulu pada bagian yang disebutkan diatas sudah tidak ada masalah. Pada mesin cuci 2 tabung, motor dinamo penggerak terdiri dari 2 yaitu untuk fungsi mencuci dan mengeringkan, posisi motor ini juga mudah dikenali karena posisinya tepat dibawah tabung masing masing fungsinya.

dinamo pengering mesin cuci

Pada motor penggerak ini biasanya terdapat dua lilitan yang memiliki kabel masing-masing. Spull atau lilitan inilah yang berfungsi menggerakkan motor. Ukur lilitan tersebut dengan menggunakan Ohm meter pada pilihan range x10 Ohm. Jika lilitan tersambung, maka hasil pengukuran akan normal. Jika tidak, maka itu berarti ada salah satu sambungan yang terputus. Untuk mengatasinya, maka dinamo harus diganti. Bisa saja dengan solusi mengganti gulungan namun anda harus jeli karena kebanyakan diganti dengan kawat alumunium yang menyebabkan tidak awet.

Lebih lengkap mengenai dinmo mesin cuci bisa dilihat pada artikel Ciri Kerusakan Dinamo Mesin Cuci.

2. Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Otomatis 1 tabung

Kerusakan pengering mesin cuci otomatis sebenarnya tidak jauh dengan 2 tabung seperti dijelaskan diatas yang namun proses pengecekan bisa jadi lebih rumit karena adanya modul board/ pcb sebagai otak mesin cuci. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan pengecekan :

2a. Kerusakan Motor Drain

Fungsi motor drain pada mesin cuci otomatis layaknya tombol/ putaran manual untuk membuang air pada proses bilas. Cara kerja motor drain pada mesin cuci adalah pada saat proses mencuci selesai maka akan terdapat proses bilas.

Pada proses ini air dibuang dengan menggunakan motor drain yang menarik klep pembuangan air. Jika motor drain ini rusak maka air tidak bisa dibuang yang menyebabkan proses spin/ mengeringkan tidak bisa dilakukan oleh modul otomatis.

Kerusakan Motor Drain mesin Cuci

2b. Kerusakan Modul Mesin Cuci

Kerusakan pada mesin cuci otomatis biasanya lebih rumit karena adanya modul PCB ini, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pengecekan dan perbaikan kerusakannya :

  1. Mengganti dengan modul yang baru (ori), merupakan cara yang paling praktis dan cepat namun harganya sangat mahal
  2. Mengganti dengan modul universal biasanya board mesin cuci ini dari cina namun resikonya terdapat posisi tombol dan lampu indikator menjadi tidak pas dan mengganggu penampilan mesin cuci. Selain itu tombol tidak benar benar tertutup rapat sehingga rawan terkena air yang bisa menyebabkan korsleting listrik.
  3. Merubah mesin cuci menjadi manual/ tombol timer seperti mesin cuci 2 tabung juga tidak disarankan karena penggunaan mesin cuci cenderung menjadi lebih rumit.
  4. Memperbaiki modul mesin cuci, pilihan yang satu ini bisa jadi pilihan yang paling masuk akal namun sayangnya tidak mudah memperbaiki modul mesin cuci. Tentunya ada juga spesialis service modul mesin cuci yang biasanya memasang iklan di halaman web online dengan harga bervariasi.
kerusakan modul mesin cuci

Sebagai informasi tambahan, pengering pada mesin cuci tidak bekerja tidak hanya disebabkan karena kerusakan pada komponen mesin seperti yang dijelaskan di atas. Ada juga pengaruh dari luar yang bisa menyebabkan pengering mesin cuci tidak bisa bekerja. Faktor tersebut adalah karena biasanya Anda menempatkan mesin cuci di lantai dengan permukaan yang tidak rata.

Permukaan lantai yang tidak rata ini akan menyebabkan sensor menyebabkan mesin cuci tidak mau bekerja. Hal inilah yang kemudian membuat pengering mesin cuci tidak bekerja dan mati. Indikasinya adalah mesin cuci biasanya hanya bisa digunakan untuk mencuci saja, namun tidak bisa untuk mengeringkan. Cara mengatasinya, pastikan lantai tempat meletakkan mesin cuci benar-benar. Nah, itulah tadi penjelasan cara memperbaiki pengering mesin cuci yang tidak bekerja. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.