Harga Kapasitor Mesin Cuci dan Cara Memasangnya

Posted on

Untuk seorang teknisi service umumnya sudah mengetahui harga kapasitor mesin cuci karena part yang satu ini cukup sering mengalami kerusakan terlebih jika mesin cuci tersebut sudah berumur namun tak ada salahnya juga jika anda sebagai pemilik mesin cuci ingin mencoba untuk memperbaiki mesin cuci yang rusak karena bisa saja hanya terdapat kerusakan minor misalnya sebagai contoh kerusakan kapasitor ini namun pastikan juga sebelumnya sudah tahu bagaimana untuk cara cek kapasitor mesin cuci tersebut.

Pada artikel sebelumnya yaitu Fungsi Kapasitor Start dan Running sempat dijelaskan bagaimana cara kerja kapasitor yang digunakan untuk mesin cuci baik itu untuk mesin cuci satu tabung maupun 2 tabung. Begitu juga dengan berbagai merk produsen mesin cuci seperti Polytron Sanken, Samsung, LG dan Sharp kesemuanya pasti menggunakan kapasitor supaya bisa bekerja dengan baik.

  1. Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci
  2. Perbedaan Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung
  3. Ciri Kapasitor Mesin Cuci yang Rusak
  4. Harga Kapasitor Mesin Cuci

Fungsi Kapasitor pada Mesin Cuci

Secara sederhana terdapat 2 jenis fungsi kapasitor pada mesin cuci yaitu sebagai start kapasitor yang hanya bekerja setiap motor dinamo mesin cuci akan berputar dan running kapasitor yang akan bekerja secara terus menerus selama dinamo mesin cuci berputar. Mesin cuci memerlukan kapasitor start untuk menambah tenaga pada saat dinamo listrik berputar karena pada dasarnya diperlukan arus yang sangat besar pada saat pertama kali dinamo mesin cuci berputar.

Secara fungsi pada semua mesin cuci misalnya kapasitor mesin cuci polytron, kapasitor mesin cuci LG, atau pada kapasitor pengering mesin cuci sharp adalah sama namun sangat penting untuk diperhatikan berapa nilai kapasitas kapasitor yang terpasang. Biasanya tidak akan sulit untuk menemukan nilai tersebut karena sudah terpampang dengan jelas pada badan kapasitor seperti dibawah ini

cara baca kapasitor mesin cuci

Pada gambar kapasitor mesin cuci diatas yang dilingkari merah adalah nilai kapasitas kapasitor pada mesin cuci 2 tabung yang berarti kapasitor ini terdiri dari gabungan kapasitor 6uF dan 12uF. Pada bagian bawahnya juga terdapat petunjuk warna kabel untuk masing masing kapasitor sehingga memudahkan pemasangan walauun kita tidak mempunyai alat ukur kapasitor.

Perbedaan Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung

Karena secara struktur bentuk mesin cuci antara satu tabung dan dua tabung berbeda sudah tentu cara mengganti atau memasang kapasitor yang rusak juga berbeda. Pada mesin cuci satu tabung hanya terdapat satu kapasitor saja sedangkan pada 2 tabung terdapat 2 kapasitor. Perbedaan jumlah kapasitor ini menyesuaikan jumlah motor listrik yang ada karena memang pada dasarnya kapasitor berfungsi untuk membantu kinerja motor listrik.

Berikut ini adalah gambar perbedaan kapasitor mesin cuci untuk satu tabung (kanan) dan dua tabung (kiri), jelas terlihat perbedaan pada jumlah kabel yang ada

perbedaaan kapasitor mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung

Dikarenakan jumlah kabel / pin yang ada berbeda maka cara memasang kapasitor mesin cuci 2 kabel tentunya berbeda dengan 1 kabel. Tapi jangan khawatir karena cukup mudah untuk membedakan kabel yang ada karena sudah ada pada badan kapasitor tersebut sehingga tinggal menyesuaikan saja.

Ciri Kapasitor Mesin Cuci yang Rusak

Ciri kapasitor rusak pada mesin cuci akan berbeda pada mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung karena jumlah dinamo motor listrik juga berbeda. Pada mesin cuci 1 tabung kemungkinan akan menyebabkan kerusakan mesin cuci sama sekali tidak mau berputar baik pada fungsi mencuci maupun pada saat mengeringkan / spin. Selain itu kerusakan kapasitor juga bisa menyebabkan putaran mesin cuci menjadi lemah. Sedangkan pada mesin cuci 2 tabung biasanya masih bisa berputar tergantung kapasitor mana yang rusak apakah untuk fungsi mencuci atau untuk mengeringkan.

Perlu diketahui bahwa kerusakan kapasitor hanya salah satu penyebab kerusakan saja, bisa jadi memang terjadi kerusakan pada motor listrik / dinamo mesin cuci yang short, sekring internal, modul mesin cuci atau bahkan pada belt yang berfungsi menghubungkan dari motor listrik ke tabung. Untuk memastikannya tentu diperlukan untuk membuka mesin cuci yang biasanya terdapat pada bagian belakang.

cek kapasitor mesin cuci
Cek kapasitor dengan test short pin

Sedangkan untuk memastikan apakah kapasitor mesin cuci sudah benar benar rusak atau belum sebenarnya cukup sulit jika tidak menggunakan alat ukur karena pada kapasitor yang rusak tidak ditandai perbedaan fisik yang berarti namun jika memang benar benar terpaksa tanpa menggunakan alat ukur bisa dengan mencoba mengisi muatan kapasitor lalu coba di shortkan antara pin yang ada. Hati hati cara ini tidak direkomendasikan bagi pemula karena bisa menimbulkan percikan yang cukup besar.

Cara cek kapasitor mesin cuci 4 kabel pun sama seperti diatas tetapi kabel yang diisi muatan listrik dan yang di shortkan harus disesuaikan dengan warnanya.

Harga Kapasitor Mesin Cuci

Ukuran kapasitor mesin cuci bermacam macam dan secara teori semakin besar kapasitas mencuci maka ukuran kapasitor juga akan semakin besar, biasanya pada mesin cuci satu tabung atau otomatis hanya terdapat satu kapasitor sedangkan pada mesin cuci dua tabung terdapat 2 kapasitor namun biasanya 2 kapasitor ini digabung menjadi satu sehingga kabel kapasitor nya menjadi 4.

Sebelum membeli kapasitor pastikan sebelumnya sudah mengetahui nilai kapasitas kapasitor yang terpasang yaitu dalam satuan uF ( micro Farad ). Nilai kapasitor untuk pengering ( 4uF, 5uF, 6uF ) biasanya lebih rendah dari kapasitor untuk fungsi mencuci ( 8uF, 10uF, 12uF ) namun sekali lagi hal tersebut tidaklah mutlak karena sangat bervariasi tergantung model dan kapasitas mesin cuci.

Jika memang sudah diyakinkan bahwa kapasitor rusak tidak perlu khawatir untuk kesulitan membelinya karena umumnya nilai kapasitor tersebut tersedia di toko elektronik penjual komponen, namun jika memang tidak bisa menemukan nilai yang sesuai sangat banyak penjual online seperti Tokopedia atau Bukalapak yang menyediakannya.

Sebagai referensi berikut ini adalah info harga kapasitor mesin cuci pada saat artikel ini dibuat

Kapasitor mesin cuci 5 uF + 12 uF merk Unicon : Rp. 30.000,-
Kapasitor mesin cuci 5 uF + 10 uF merk Unicon : Rp. 29.000,-
Kapasitor mesin cuci 6 uF + 12 uF Unicon : Rp. 29.000,-
Kapasitor mesin cuci 4 uF + 10 uF Unicon : Rp. 27.000,-
Kapasitor mesin cuci 6 uF + 10 uF merk JP Rp. 26.500,-
Kapasitor mesin cuci 4 uF + 12 uF merk JP Rp. 26.500,-
Kapasitor mesin cuci 4 uF + 10 uF merk JP Rp. 25.000,-
Kapasitor mesin cuci 6 uF + 12 uF merk JP Rp. 28.000,-
Kapasitor mesin cuci 5 uF + 12 uF merk JP Rp. 27.000,-
Kapasitor mesin cuci 5 uF + 10 uF merk JP Rp. 25.000,-
Kapasitor mesin cuci 5 uF + 12 uF merk JP : Rp. 35.000,-

Nah demikian artikel kali ini tentang harga kapasitor mesin cuci berbagai merk, ingat sebelum membeli untuk mengecek nilai kapasitas kapasitor ya.

Artikel yang Berhubungan :