Pengertian dan Fungsi Kapasitor AC

Kapasitor AC adalah sebuah komponen yang sederhana pada unit AC namun sangat penting sehingga memerlukan perhatian dan maintenance rutin supaya unit air conditioner bisa tetap berfungsi dengan baik. Jika kapasitor ac rusak maka bisa dipastikan AC tidak bisa berfungsi.

kapasitor AC

Bahkan jika dibiarkan terus menerus menyala dipaksakan hanya akan menambah kerusakan ke bagian lain.

Pengertian Kapasitor AC

Pengertian kapasitor AC adalah sebuah komponen elektronik berupa kapasitor elektrolit yang terpasang pada outdoor dan indoor AC yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik.

Kapasitor ini sama saja seperti kapasitor seperti biasa namun memiliki kapasitas yang lebih besar baik dari segi tegangan nya maupun kapasitas penyimpanan arusnya. Semua unit AC hampir bisa dipastikan selalu memiliki kapasitor ini.

Komponen elektronik yang satu ini pada unit AC sering dilupakan karena umumnya pengguna hanya memperhatikan freon, atau unit kondenser serta modul elektronik AC, padahal fungsi kapasitor AC tidak kalah pentingnya.

Kapasitor AC sering juga disebut Aircon kapasitor

Fungsi Kapasitor AC

Fungsi kapasitor AC yang paling utama digunakan sebagai kapasitor start yaitu untuk menyalakan/ start motor pada kompresor pada sistem pendinginan selain itu juga digunakan untuk menstabilkan putaran motor dinamo listrik baik itu kompresor AC maupun fan/ kipas yang ada pada outdoor atau disebut juga dengan kapasitor running.

fungsi kapasitor AC
Fungsi kapasitor AC

Putaran awal motor kompresor memerlukan arus tambahan dari kapasitor karena pada dasarnya untuk bisa memutar motor diperlukan daya yang besar. Jadi dengan kata lain kapasitor AC fungsinya adalah sebagai daya tambahan untuk motor listrik.

Baca juga : Fungsi Kapasitor Start dan Running Motor Listrik

Jenis kapasitor yang digunakan terutama pada outdoor AC adalah kapasitor start dan kapasitor running yang terkadang secara fisik 2 kapasitor ini tergabung di 1 bodi kapasitor sehingga memiliki 3 kaki, ukuran kapasitor start pasti lebih besar dengan kisaran ukuran antara 20 uF – 50 uF. Lebih jelasnya bisa dilihat lagi pada rangkaian terdapat simbol kapasitor.

Berikut cara baca kapasitor AC dengan 3 kaki :

kapasitor AC 3 kaki

Sedangkan kapasitor dengan kapasitas yang lebih kecil digunakan untuk running. Sebagai contoh kapasitor AC 1 PK biasanya memiliki kapasitas senilai 25 uF – 30 uF.

Berikut ini adalah tabel ukuran kapasitor AC yang biasanya digunakan :

Ukuran ACUkuran Kapasitor AC
AC 0,5 PK15 uF – 20 uF
AC 1,0 PK25 uF – 30 uF
AC 1,5 PK35 uF
AC 2,0 PK40 uF – 45 uF
AC 2,5 PK50 uF

Sedangkan untuk kapasitor fan indoor AC umumnya bernilai lebih kecil karena motor fan indoor juga kecil, terkadang kapasitor ini tergabung di modul kontrol AC.

kapasitor fan indoor ac

Ciri Kapasitor AC Rusak

Sebelum membahas ciri ciri kapasitor AC rusak, perlu diketahui juga penyebab kapasitor AC rusak yaitu karena unit air conditioner digunakan nonstop dalam waktu yang lama, dimana hal ini wajar untuk di kota kota yang panas seperti di Jakarta.

Suhu luar ruangan yang panas ditambah penggunaan yang berlebihan menyebabkan kapasitor rusak karena kelelahan.

ciri kapasitor AC rusak

Lalu apa ciri ciri kapasitor AC rusak ? berikut ini sudah dirangkum beberapa ciri ciri kerusakan AC yang disebabkan oleh kapasitor :

  1. Muncul asap atau bau terbakar dari outdoor AC
  2. Bunyi mendengung dari unit outdoor AC
  3. Unit AC lama mengeluarkan udara dingin
  4. Unit AC sama sekali tidak mengeluarkan udara dingin, padahal outdoor menyala yang ditandai kipas berputar
  5. Pada beberapa merk AC menyebabkan mati total
  6. Tagihan listrik yang membengkak, hal ini dikarenakan motor kompresor terus menerus diberi tegangan oleh modul
  7. Pengukuran kapasitor dengan multimeter terdeteksi mati/ kapasitas menurun
  8. Terkadang kapasitor AC rusak ditandai juga dengan bentuknya yang menggembung

Cara Pasang Kapasitor AC

Lalu bagaimana cara pasang kapasitor AC ? mungkin saja anda berniat untuk mengganti sendiri kapasitor yang rusak ? Berikut ini saya jelaskan langkah langkah untuk memperbaiki AC tidak dingin yang kemungkinan disebabkan oleh kerusakan kapasitor start.

cara pasang kapasitor AC

Namun karena kapasitor adalah komponen elektronik yang berada di bagian panel outdoor, bagi yang sama sekali awam tidak disarankan untuk menggantinya sendiri. Berikut adalah cara pasang kapasitor AC/ ganti kapasitor AC yang rusak :

  1. Matikan unit AC, dan pastikan cabut dari stop kontak, pastikan juga gunakan alas kaki untuk menghindari sengatan listrik yang berbahaya
  2. Buka panel kelistrikan pada outdoor, umumnya cukup mudah untuk menemukan dan membukanya karena disertai dengan peringatan kelistrikan.
  3. Untuk menemukan kapasitor AC pada outdoor sangat mudah karena bentuknya yang sangat mencolok, sebisa mungkin sebelum membeli kapasitor pengganti, cabut dahulu kapasitor yang rusak supaya bisa dibeli kapasitas yang sesuai
  4. Jangan lupa untuk dokumentasi instalasi kabel kelistrikan, jika perlu foto perkabelan sebelum kapasitor dicabut. Kesalahan pemasangan kapasitor pengganti bisa menyebabkan kerusakan serius pada unit AC
  5. Setelah mengganti kapasitor AC pastikan untuk cek ulang perkabelan dan jika sudah yakin instalasi kabel sesuai, coba nyalakan indoor AC
  6. Perhatikan outdoor jika mendengung tanda kompresor berputar maka kapasitor sudah berhasil diganti

Harap diingat cara memasang kapasitor AC diatas hanya dilakukan oleh yang mengerti kelistrikan saja dan perlu diketahui penyebab AC tidak dingin tidak hanya disebabkan kapasitor saja.

Harga Kapasitor AC

Jika sudah diyakinkan kapasitor AC rusak maka kapasitor bisa dibeli di toko elektronik biasa, atau bisa juga didapatkan di tempat reparasi AC/ mesin cuci.

Berapa harga kapasitor AC ? tentunya tergantung besarnya kapasitas kapasitor tersebut namun sebagai estimasi berikut tabel harga komponen kapasitor untuk AC saat artikel ini ditulis :

Ukuran ACUkuran Kapasitor ACHarga Kapasitor AC
AC 0,5 PK15 uF – 20 uF25.000 – 30.000
AC 1,0 PK25 uF – 30 uF30.000 – 45.000
AC 1,5 PK35 uF35.000 – 50.000
AC 2,0 PK40 uF – 45 uF40.000 – 55.000
AC 2,5 PK50 uF60.000 – 70.000