9 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Pengecekannya

Posted on

Ada beberapa kemungkinan penyebab ac tidak dingin, beberapa diantaranya berhubungan dengan teknis seperti kerusakan part kompresor, evaporator dll, atau bisa juga karena penyebab non teknis. Berikut dibawah adalah solusi yang bisa dicoba ketika berhadapan dengan kerusakan ac tidak dingin dan cara pengecekannya.

Baca juga : Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

penyebab AC tidak dingin

Untuk menentukan kerusakan kenapa ac rumah kadang dingin kadang tidak bisa dilihat dari gejala yang muncul, berikut dibawah ini adalah beberapa komponen teknis dan non teknis yang kemungkinan merupakan penyebabnya :

Setting Mode Remote AC Tidak Sesuai

Penyebab pertama dan paling sederhana adalah karena kesalahan mode pada remote AC, harus dipastikan mode yang dipilih adalah Cool. Umumnya mode ini ditandai dengan ikon bintang.

Cara setting remote AC

Terkadang bagi pengguna AC baru secara tidak sengaja memilih mode Dry atau hanya menyalakan kipas indoor AC saja. Tentu saja pada mode ini oudoor AC tidak berfungsi. Jika remote AC tidak respon saat ditekan kemungkinan terdapat kerusakan pada remote atau pada sensor remote di unit Indoor

Baca juga : 6 Cara Memperbaiki Remot TV Tanpa Ribet

Filter Udara yang Kotor

Yang paling banyak dan sering terjadi dari apa penyebab AC tidak dingin adalah filter udara yang kotor sehingga aliran udara dari evaporator indoor AC unit tidak tersalurkan dengan baik. Pada dasarnya unit AC bekerja dengan cara men-sirkulasikan udara ke unit indoor AC yang kemudian akan diturunkan suhunya dengan evaporator.

Jika filter udara kotor maka hanya sedikit saja udara yang bisa didinginkan oleh evaporator.

penyebab ac tidak dingin filter udara kotor

Lokasi filter udara pada AC biasanya ada di depan grill unit AC sehingga sangat mudah terlihat ketika penutup AC indoor dibuka dan tentunya mudah untuk dilepas karena didesain untuk rutin dibersihkan oleh pengguna. Berikut dibawah ini cara melepas dan membersihkan filter udara :

Fan pada Indoor AC tidak bekerja

Ciri kerusakan pada fan motor indoor AC adalah unit AC indoor dan outdoor menyala normal namun tidak keluar udara dingin. Sirkulasi udara pada AC indoor mungkin tidak bekerja dengan baik dikarenakan motor fan tidak berputar bisa dikarenakan kerusakan motor fan atau perputaran fan yang terhambat.

penyebab ac tidak dingin fan macet

Posisi motor fan ini berapa dibelakang air filter dan evaporator sehingga sulit untuk dilakukan pengecekan, namun jika hanya untuk memastikan putarannya lancar bisa dicoba menggunakan obeng yang panjang untuk mencoba memutar blade kipas apakah putarannya lancar atau tidak, berikut dibawah ini contoh nya

Jika putaran lancar maka kemungkinan kerusakan pada dinamo dan harus dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh teknisi AC dengan menggunakan alat ukur multimeter.

Tekanan Refrigeran Kurang / Freon Bocor

Penyebab AC kurang dingin bisa juga disebabkan tekanan gas refrigeran yang kurang atau sering disebut juga freon. Tekanan gas refrigeran normalnya berada pada kisaran 80 – 90 PSI sedangkan pada AC inverter 125 PSI. Alat ukur yang biasa digunakan untuk mengecek tekanan AC ini yaitu manifold.

Apa yang terjadi jika AC kurang freon ? ciri ciri yang biasa terjadi yaitu :

  1. AC kurang dingin
  2. Terdapat gumpalan AC pada Evaporator
  3. Terdapat gumpalan AC pada Nepel (pipa sambungan ke outdoor)
ciri gas freon ac bocor

Faktanya freon pada AC idealnya tidak akan pernah berkurang, jika teknisi AC menginformasikan Freon kurang maka pasti terjadi kebocoran.

Kerusakan Pada Modul Kontrol/ PCB

Kerusakan pada kontrol board/ modul AC bisa menyebabkan kerusakan yang bermacam macam dan salah satunya adalah bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Jika kerusakan pada modul parah seperti kerusakan terkena petir misalnya bisa menyebabkan AC mati total.

Penyebab AC Tidak Dingin modul ac sharp rusak

Contoh modul AC Sharp, jika terjadi kerusakan pada PCB ini bisa jadi penyebab AC Sharp tidak dingin.

Pada modul PCB AC ini terkoneksi thermistor yang memonitor suhu udara yang masuk dan sebagai sensor untuk nantinya menghidupkan dan mematikan kompresor sehingga jika modul AC ini rusak maka tidak ada perintah ke kompresor untuk hidup

Kerusakan pada Kapasitor AC Outdoor

Penyebab ac tidak dingin hanya keluar angin berikutnya adalah kerusakan pada kapasitor yang terdapat pada outdoor unit AC. Fungsi kapasitor pada AC adalah untuk membantu putaran awal saat kompresor mulai menyala.

Baca juga: Fungsi Kapasitor Start dan Running pada Motor Listrik

Ciri kerusakan kapasitor pada AC yaitu tidak terdapat bunyi mendengung kompresor dan pada unit indoor sama sekali tidak terasa udara dingin.

Kerusakan pada Kapasitor AC Outdoor

Pengecekan kapasitor sulit dilakukan oleh orang awam karena posisisnya berada didalam kabinet outdoor AC, dan jika terdapat kerusakan pada kapasitor AC pastikan untuk menggantinya dengan spesifikasi yang sama.

Kerusakan pada Thermistor

Seperti peralatan kelistrikan pada umumnya, pada unit AC juga terdapat sensor, dalam hal ini adalah sensor suhu. Part pada unit AC yang berfungsi untuk memonitor suhu apakah sudah sesuai yaitu dengan menggunakan thermistor.

Thermistor membaca suhu udara yang masuk ke unit indoor lalu nantinya akan memberikan sinyal ke modul PCB AC kontrol untuk kemudian menyalakan kompresor dan udara dingin pun dihasilkan.

Baca juga: Cara mengukur Thermistor

penyebab ac tidak dingin thermistor rusak

Biasanya thermistor ini posisi nya dekat evaporator, kerusakan yang mungkin bisa saja terminal mengalami korosi karena berdekatan dengan evaporator yang selalu lembab. Jika memang mengalami kerusakan biasa ditandai dengan adanya lampu kedip bersamaan supaya memudahkan teknisi dalam perbaikannya.

Ini juga yang memungkinkan penyebab ac tidak dingin setelah dicuci karena bisa jadi koneksi sensor thermistor ini terganggu pada saat grill depan dibuka sehingga tidak bisa memberikan sinyal yang tepat ke modul PCB.

Kerusakan pada Kompresor

Kompresor adalah komponen utama pada sebuah unit AC, posisi kompresor adalah pada outdoor. Penyebab AC tidak dingin bisa dikarenakan kerusakan pada kompresor ini karena fungsi kompresor memang merupakan alat mekanis yang berfungsi menghisap serta mendorong gas refrigeran (freon) dari evaporator dari indoor sehingga udara panas bisa didinginkan.

Kerusakan pada Kompresor

Cara kerja kompresor pada AC adalah semakin tinggi temperatur pada ruangan maka semakin besar juga tekanan yang akan dihasilkan kompresor dan tentunya kinerja kompresor akan semakin berat. Jika terdapat kerusakan pada kompresor maka seluruh kinerja AC tidak akan bekerja.

Kompresor juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin di siang hari karena seperti umumnya komponen mekanis terdapat komponen yang sudah aus sehingga terjadi penurunan daya kerja sehingga udara dingin yang dihasilkan tidak maksimal.

Berikut ini adalah ciri ciri kompresor AC rusak :

  1. AC kurang dingin
  2. Outdoor berisik
  3. Kompresor menjadi cepat panas
  4. Konsumsi daya listrik menjadi besar

Ada trik sederhana bagi pengguna yang awam untuk memastikan fungsi kompresor yaitu dengan memegang pipa yang terdapat pada outdoor. Normalnya pipa besar pada outdoor harusnya terasa dingin, jika tidak dingin atau mungkin beku tentunya AC bermasalah.

Penyebab pipa besar ac tidak dingin

Penyebab pipa besar ac tidak dingin ini dikarenakan kompresor tidak berfungsi dengan baik atau proses kompresi gas refrigeran tidak bekerja.

AC Sudah Lama Tidak Dicuci

AC yang kotor juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin, setidaknya setiap 6 bulan sekali harus rutin dicuci. Mungkin terdengar sepele namun sebenarnya membersihkan AC bisa menjaga performa AC tetap optimal.

Ini karena AC bekerja dengan cara menghisap udara di ruangan sehingga sirkulasi udara pada AC harus lancar baik pada indoor maupun outdoor. Bisa dibayangkan apabila pada Evaporator terdapat banyak debu menumpuk sehingga sirkulasi AC terhambat dan menyebabkan AC bekerja lebih keras yang pada akhirnya akan meningkatkan penggunaan daya listrik.

cara mencuci AC indoor

Selain itu jika terdapat kotoran dan debu yang mengendap pada AC akan menyebabkan tumbuhnya jamur dan bisa mengganggu pernapasan.

Demikian artikel tentang apa penyebab ac tidak dingin serta solusi perbaikan singkat nya semoga bermanfaat.