6 Cara Memperbaiki Remot TV Tanpa Ribet

Posted on

Panduan cara memperbaiki remote ini sangat cocok bagi pemula yang ingin mencoba memperbaiki remote yang rusak karena aksesoris tv yang satu ini cukup sering terjadi kerusakan baik itu remot tidak respon atau mungkin hanya sebagian tombol yang berfungsi.

Fungsi utama TV sebenarnya tidak akan terganggu karena pada dasarnya remote hanya berfungsi sebagai kontrol untuk mempermudah perpindahan channel atau volume saja, namun sangat merepotkan jika terjadi kerusakan karena harus selalu menekan tombol fisik pada unit TV.

Cara Mudah Test Remote

Nah sebelum melakukan pengecekan lebih baik yang pertama dilakukan adalah test fungsi remote untuk memastikan apakah kerusakan pada remote atau jangan jangan pada TV sobat. Karena jangan lupa, pada remote terdapat pengirim sinyal (transmitter) dan pada TV terdapat penerima (receiver) sehingga kerusakan mungkin saja terjadi pada unit TV juga.

Baca juga artikel : 5 Aplikasi Remot TV Infrared Gratisan Terbaik

Cara mudah test remote ini adalah dengan menggunakan kamera pada HP sobat, berikut langkah langkahnya :

  1. Nyalakan fungsi kamera pada HP
  2. Arahkan lampu infrared pada remote sehingga arahnya tepat mengarah ke kamera HP
  3. Tekan tombol pada remote (tombol bebas yang mana saja) sambil memperhatikan layar HP sobat
cara test remote tv

Pada remote yang normal akan terdapat cahaya yang muncul seperti kedipan lampu pada saat tombol remote ditekan

cara test remote dengan kamera hp

Cara Memperbaiki Remot TV Tidak Respon

Langkah selanjutnya bisa dengan pengecekan kamera hp memang tidak terdeteksi nyala kedipan LED infrared, berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab kerusakan yang paling sering ditemukan pada remot TV yang rusak :

a. Baterai Remote Yang Sudah Habis

Supaya remote TV bisa bekerja tentunya memerlukan sumber daya listrik dan baterai adalah sumber daya yang umum digunakan pada hampir semua jenis remote. Banyak yang mengira pada saat remot tidak berfungsi terjadi kerusakan pada remote padahal bisa saja hanya habis baterai.

baterai remot yang sudah habis

Untuk memastikan kondisi baterai masih bagus atau tidak tentunya bisa dilakukan pengukuran tegangan dengan multimeter, namun jika tidak ada bisa juga baterai tersebut dicoba dulu ke alat elektronik lain misalnya jam dinding, apakah baterai tersebut masih bisa digunakan atau tidak.

Jika masih ragu juga, disarankan untuk mengganti saja dengan yang baru supaya sobat lebih yakin

b. Terminal Remote Baterai Yang Berkarat

Umumnya pada televisi atau remote china menggunakan baterai dengan kualitas rendah yang mudah bocor sehingga terjadi reaksi kimia yang membuat terminal penghubung baterai pada remote menjadi mudah berkarat. Jika korosi/karat pada terminal baterai ini sudah parah tentunya daya dari baterai juga akan terhambat sehingga menyebabkan kerusakan pada remote.

Terminal Remote Baterai Yang Berkarat

Sebaiknya pada saat muncul gejala baterai terasa lembab/ terjadi kebocoran pada baterai lebih baik langsung diganti saja setelah sebelumnya dibersihkan. Dan disarankan dalam penggantian lebih baik menggunakan baterai dengan kualitas yang baik untuk mencegah kebocoran pada baterai.

c. Kerusakan Remote pada LED Infrared

Pada remote terdapat LED infrared yang fungsinya adalah mengirimkan sinyal perintah pada remote yang dalam hal ini bekerja sebagai Transmitter (pengirim sinyal). LED ini tentunya berbeda dengan lampu indikator LED biasa, namun sebenarnya kerusakan pada infrared ini cukup jarang terjadi.

Adapun kerusakan biasanya hanya pada solderan saja yang mulai longgar sehingga solusi mudahnya hanya tinggal disolder ulang saja, cukup dipastikan saja polaritas nya pada saat pemasangan LED pengganti sudah sesuai. Jika memang terjadi kerusakan pun untuk menggantinya cukup mudah dan banyak tersedia juga di pasaran.

LED Infrared remote tv

d. Keypad dan Jalur PCB yang kotor

Karena keseharian remote ini sering digunakan dan berpindah tangan maka bagian ini rentan dimasuki kotoran yang bisa menghalangi koneksi dari button keypad ke jalur PCB pada remote.

Kerusakan pada keypad cirinya adalah hanya sebagian tombol remote saja yang mengalami error, untuk membersihkan jalur pcb ini bisa dengan cutton bud, lebih bagus lagi jika menggunakan alkohol sehingga kotoran bisa terangkat.

e. Kode remote yang tidak sesuai

Bagaimana jika setelah dilakukan pengecekan remote dengan kamera HP ternyata lampu LED remote bisa nyala ? pada TV yang kebetulan menggunakan remote universal maka ada kemungkinan kode remote yang dimasukkan tidak sesuai atau terdapat kesalahan kode.

Solusi mudahnya tinggal masukkan ulang kode yang sesuai dengan brand TV tersebut, untuk caranya bisa dilihat di panduan cara memasukkan kode remote tv universal dan cek juga untuk kumpulan kode remote tv universal bisa dicari brand yang sesuai dengan TV sobat.

f. Sensor Remot TV tidak berfungsi

Penyebab remot tidak respon kemungkinan yang terakhir adalah dari sensor remote TV yang tidak berfungsi dan kerusakan yang satu ini juga termasuk jarang namun bisa saja terjadi. Bagi sobat yang memiliki sedikit keahlian elektronika bisa saja mencoba mengganti sensor infrared yang biasanya terdapat pada bagian depan unit TV.

Pada beberapa unit TV biasanya juga terdapat modul PCB yang terpisah sehingga memudahkan saat mengganti part yang rusak, contoh nya seperti modul remote TV Polytron dibawah ini :

sensor remot tv tidak berfungsi

Demikian artikel kali ini tentang cara memperbaiki remot TV semoga bisa bermanfaat bagi sobat panduanteknisi.com

Artikel yang Berhubungan :