Panduan Cara Tambah Daya Listrik Dengan Mudah

Posted on

Cara tambah daya listrik – Memang tak dapat dipungkiri kalau listrik memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal itu, mati listrik menjadi suatu masalah yang merepotkan. Terkait dengan pemadaman listrik, ini bisa disebabkan oleh gangguan di jaringan listrik atau adanya pemadaman berkala dari PLN.

Selain itu, ini bisa juga terjadi ketika beban daya yang ada terlalu besar sehingga pemutusan arus terjadi secara otomatis. Ketika masalahnya adalah tidak cukupnya daya yang ada di rumah, penambahan daya adalah solusi utamanya. Untuk itu, mengetahui informasi tentang cara tambah daya listrik akan sangat berguna.

Cara Tambah Daya Listrik Secara Online

Penambahan daya memang menjadi solusi ketika peralatan elektronik yang digunakan semakin banyak. Terkait dengan penambahan daya ini, sebenarnya PLN sudah menyediakan layanannya dan prosesnya sekarang sudah jauh lebih mudah. Bahkan, sudah tersedia akses penambahan daya secara online. Untuk tahapannya, Anda bisa mengikuti prosedur cara tambah daya listrik seperti proses dibawah ini :

prosedur cara tambah daya listrik
Klik pada gambar untuk melihat lebih jelas

Membuka situs PLN

Karena proses penambahan daya ini dilakukan secara online, Anda diwajibkan untuk mengakses situs resmi PLN, yaitu di pln.co.id. Namun, sebelum Anda memulai tahapan dan cara tambah daya listrik ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Yang pertama adalah sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda tidak ada tunggakan biaya tagihan listrik bulanan. Pada beberapa kasus, orang tidak berhasil mengajukan penambahan daya karena adanya tunggakan yang belum dilunasi.

Selain menyelesaikan tunggakan, hal lain yang juga perlu Anda siapkan adalah nomor identitas pelanggan. Hal ini bisa juga diganti dengan nomor meteran. Nomor ini sudah ada di kertas tagihan listrik bulanan, sedangkan nomor meteran bisa ditemukan di mesin meteran listrik. Selain itu, yang juga perlu dipersiapkan adalah KTP.

Setelah persiapan itu selesai, Anda bisa mengakses situs PLN. Di bagian paling atas, sudah tersedia tiga pilihan, yaitu Sambungan Baru, Perubahan Daya, dan Penyambungan Sementara. Sudah pasti, yang perlu Anda pilih adalah bagian Perubahan Daya.

Klik pada bagian UBAH DAYA

Setelah itu, Anda akan masuk ke bagian formulir permohonan tambah daya listrik. Isilah semua bagian dari form tersebut sesuai data yang diminta.

Proses verifikasi

Setelah Anda selesai dengan pengisian formulir tersebut, Anda bisa mulai masuk ke cara tambah daya listrik selanjutnya, yaitu verifikasi. Pada saat pengisian form, Anda juga diminta untuk memasukkan alamat email Anda yang aktif. Hal ini karena proses verifikasi akan dilakukan melalui email Anda, yang mana Anda akan mendapatkan email mengenai kode konfirmasi Anda.

Walau proses pengisian form sudah selesai, sebaiknya Anda tidak menutup browser Anda. Hal ini karena Anda masih harus memasukkan kode konfirmasi yang sudah terkirim ke email Anda. Setelah itu, PLN akan memulai tahapan verifikasi. Ada beberapa hal yang akan diverifikasi, mulai dari data pribadi, daya yang digunakan, serta ada tidaknya tunggakan tagihan listrik. Karena itulah, sebaiknya Anda menyelesaikan tagihan Anda.  

Proses pembayaran

Proses selanjutnya adalah proses pembayaran. Setelah verifikasi selesai dan Anda dinyatakan bisa menambahkan daya, Anda akan mendapatkan email baru dari PLN berisi Surat Izin Pemasangan. Selain itu, ada juga nomor registrasi yang akan Anda gunakan di proses pembayaran. Untuk pembayarannya, Anda bisa melakukan transfer  melalui bank, ATM, serta loket PLN.

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu kelanjutan prosesnya. Biasanya, ini akan membutuhkan waktu selama tujuh hari setelah Anda melakukan pembayaran. Sekiranya sudah lebih dari tujuh hari dan belum ada pelayanan, Anda bisa menanyakan hal ini ke kantor PLN.

Dalam proses penambahan daya tersebut, sudah pasti ada biaya yang dikenakan. Untuk itu, sebaiknya Anda juga mempersiapkan biaya tambah daya listrik 2019, agar nantinya proses tambah daya bisa berjalan lancar. Untuk biaya ini, ada beberapa hal yang harus dibayar. Yang pertama adalah biaya penyambungan atau BP. Dari semua jenis biaya yang ada, BP ini menjadi yang paling tinggi biayanya. BP akan ditentukan oleh daya lama yang digunakan dan daya baru yang akan digunakan di rumah atau bangunan Anda.

Bagaimana untuk mengetahui detail biaya yang diperlukan ? antda tidak perlu khawatir karena tersedia layanan simulasi biaya tambah daya listrik yang disediakan oleh PLN dan bisa dikunjungi di web Simulasi Biaya Tambah Daya Listrik

Sebagai contoh dibawah ini saya mengisi permohonan tambah daya dari 1300 watt ke 2200 watt maka tinggal diisikan sesuai penggunaan dan jangan lupa klik pada hitung biaya, berikut contoh perhitungannya

Simulasi biaya tambah daya listrik
Simulasi biaya tambah daya listrik

Sebagai tambahan berikut biaya penyambungan untuk tiap kapasitas daya listrik :

DAYA TERPASANG ( Watt )DAYA BARU ( Watt )BP (Rp)
450900421.650
1300796.450
22001.639.750
35002.955.450
44003.827.550
55004.893.450
9001300374.800
22001.218.100
35002.519.400
44003.391.500
55004.457.400
13002200843.300
35002.131.800
44003.003.900
55004.069.800
220035001.259.700
44002.131.800
55003.197.700
35004400872.100
55001.938.000
440055001.065.900

Namun, berdasarkan berita yang ada, mulai dari awal tahun 2019 ini, PLN memberlakukan kebijakan baru. Kebijakan baru ini berupa tambah daya pln gratis. Biaya yang digratiskan ini adalah biaya untuk penyambungan atau BP.

Walau demikian, Anda baiknya juga mempersiapkan biaya yang ada. Selain itu, ada juga Uang Jaminan Pelanggan atau UJL, serta biaya materai. Sebenarnya, info terkait biaya ini akan disebutkan secara rinci bila Anda melakukan penambahan daya secara online.

Cara Tambah Daya Listrik Secara Langsung

Walau cara tambah daya listrik secara online dirasa mudah untuk kebanyakan orang, terkadang ada juga yang justru kesulitan karena tidak terbiasa dengan hal tersebut. Untuk itu, PLN tetap menyediakan layanan secara langsung di kantor PLN sehingga tidak diperlukan konfirmasi melalui email seperti pada cara online. Terkait dengan hal ini, setidaknya Anda harus mempersiapkan fotokopi rekening atau tagihan listrik terakhir Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan KTP serta fotokopinya. Ada baiknya pula disiapkan surat kuasa atau surat perjanjian ketika memang listrik yang ada tersebut bukan atas nama Anda. Lalu, hal terakhir yang disiapkan adalah denah rumah Anda, agar nantinya petugas dimudahkan ketika mencari rumah Anda.

Itulah semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang proses penambahan daya. Semua tahapannya mudah dan memang cara online menjadi yang paling mudah karena bisa dilakukan dari mana saja.

Terkait dengan biaya, pemerintah juga sudah memberlakukan kebijakan baru, sehingga tidak akan terlalu memberatkan. Dengan demikian, pastinya tidak ada lagi masalah terkait dengan cara tambah daya listrik.