Cara Memperbaiki Lampu LED Mati dan LED Kedip

Posted on

Berikut saya share panduan cara memperbaiki lampu led mati dan led kedip serta lampu emergency dengan mudah, baik itu merk philip atau merk lainnya. Seperti yang kita tahu tidak diragukan lagi bahwa lampu LED memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan lampu bohlam tradisional maupun dengan lampu neon walaupun dengan harga yang lebih mahal.

Oleh karena itu umumnya orang lebih memilih untuk menggunakan lampu jenis LED, sebut saja beberapa kelebihannya yaitu :

  • Lebih efisien karena hemat daya
  • Lebih terang jika dibandingkan dengan daya yang sama
  • Lebih aman karena tidak mengandung merkuri
  • Lifetime yang lebih panjang
  • Lampu tidak mudah panas
cara memperbaiki lampu led mati dan kedip

Namun ada satu lagi kelebihan yang menurut saya tidak kalah penting yaitu lampu jenis LED masih bisa diperbaiki jika mengalami kerusakan. Baik untuk cara memperbaiki lampu led philip atau merk lain kurang lebih caranya sama. Tidak seperti lampu bohlam biasa yang jika filamen putus maka mau tidak mau harus dibuang.

Cara Memperbaiki Lampu LED Mati

Komponen utama lampu LED/ bulb LED adalah komponen kecil lampu LED yang merupakan sebuah komponen dioda yang sering disebut Light Emitting Diode / LED yang bisa memancarkan cahaya ketika dilewati arus listrik DC/ arus searah. Oleh karena itu pada lampu LED pasti terdapat circuit/ rangkaian untuk mengubah tegangan PLN yang merupakan sinyal AC menjadi sinyal DC.

Pertama tentunya kita harus tahu dulu bagaimana cara kerja lampu LED ini, berikut dibawah ini adalah cara kerja sebuah lampu LED SMD :

cara kerja lampu led

Sedangkan rangkaian penyearah untuk mengubah sinyal AC menjadi DC umumnya seperti dibawah ini, tentu saja ini hanya merupakan rangkaian dasar dan pada beberapa merk mungkin terdapat komponen tambahan untuk fungsi tertentu :

rangkaian lampu led

Secara teori makin besar daya lampu LED maka makin besar juga ukuran lampu LED SMD dan makin besar juga arus listrik menuju ke komponen lampu LED ini dan sewaktu waktu koneksi ke lampu bisa terputus karena jalur PCB retak sehingga bisa menyebabkan lampu mati oleh karena itulah hal pertama yang harus dicek saat memperbaiki lampu LED adalah lihat terlebih dahulu jalur solderan atau kabel kemungkinan ada yang putus

Jika ternyata tidak ada jalur PCB dan kabel yang putus maka yang bisa dilakukan adalah pengecekan komponen lampunya, utamakan untuk pengukuran 3 bagian ini :

Kerusakan pada Lampu LED ( SMD )

Komponen utama pada lampu adalah berupa susunan lampu LED SMD yag berukuran sangat kecil dengan susunan rangkaian seri, sehingga jika satu lampu saja putus maka semua lampu LED tidak akan mendapatkan tegangan dan lampu pun mati.

Baca juga : Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel

Pengecekan bagus tidaknya lampu SMD ini bisa dengan menggunakan multimeter pada posisi selector buzzer/ pengukuran dioda, cek bolak balik posisi probe multimeter seharusnya salah satu posisi bisa nyala. Jika lampu tidak nyala maka bisa dipastikan kondisi LED sudah mati dan harus diganti

cek led dengan multimeter

Berikut perbedaan pengecekan lampu LED yang masih normal dan yang sudah mati :

cara cek lampu LED Mati

Tetapi dibeberapa toko elektronik mungkin sulit untuk menemukan komponen ini apalagi kita tidak tahu spesifikasinya seperti apa, nah berikut ini adalah trik untuk mengakalinya dengan men-jumper titik solder yang mati langsung dengan timah solder.

trik cara memperbaiki lampu led

Efeknya tegangan yang mengalir ke tiap LED mungkin menjadi terlalu besar namun seharusnya kenaikan tegangan tersebut masih dalam toleransi tegangan kerja LED. Dan cara ini bisa dilakukan jika hanya 1 LED SMD saja yang rusak.

Kerugian lainnya dengan metode ini adalah jika kita tidak tahu spesifikasi LED nya mungkin saja saat pengetesan dengan multimeter lampu LED sama sekali tidak menyala. Ini bisa dikarenakan spesifikasi tegangan yang cukup tinggi. Karena jenis LED yang digunakan ada yang menggunakan tegangan 3 volt, 6 volt, dan 9 volt.

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui LED yang rusak adalah dengan melihat fisik lampu karena kadang kadang untuk lampu yang terbakar terlihat bekas hitam seperti berikut ini :

ciri lampu led rusak

Kerusakan pada Kapasitor Penurun Tegangan

Fungsi kapasitor sangat beragam, pada rangkaian lampu LED fungsinya adalah sebagai penurun tegangan dari AC 220 V ke tegangan berkisar 20 Volt. Jenis kapasitor yang digunakan biasanya adalah Polyester /Milar.

Baca Juga : Fungsi Kapasitor sebagai Power Supply Tanpa Trafo

Jika kapasitor ini putus maka dipastikan tegangan ke masing masing lampu SMD tidak ada. Tetapi kerusakan komponen kapasitor putus cukup jarang terjadi. Adapun yang biasa terjadi adalah berkurangnya kapasitas kapasitor tersebut.

Berikut ini adalah bentuk kapasitor penurun tegangan yang biasa dipakai :

bentuk kapasitor lampu led

Tetapi tidak semua lampu LED menggunakan kapasitor sebagai penurun tegangan karena sebagian merk juga ada yang menggunakan trafo penurun tegangan, bentuknya kurang lebih seperti berikut :

lampu led dengan transformator

Fungsinya sama saja sebagai penurun tegangan namun jika memang lampu LED yang rusak menggunakan jenis transformator sebagai driver LED nya maka akan sulit untuk diperbaiki karena sepengetahuan penulis tidak semua toko elektronik menjual trafo sekecil ini.

Kerusakan pada Dioda/ Dioda Bridge

Dioda pada rangkaian berfungsi sebagai rangkaian dioda penyearah yang pada lampu LED dengan daya kecil biasanya menggunakan dioda bridge. Seperti disampaikan diatas bahwa lampu LED sebenarnya hanya bisa bekerja dengan arus DC maka digunakanlah dioda ini. Komponen dioda bisa saja putus dan aliran arus menjadi terputus

dioda bridge pada lampu led

Baca juga : Cara mengukur dioda

Cara Memperbaiki Lampu LED yang Redup

Jika terdapat kerusakan lampu led yang redup maka kemungkinan besar disebabkan oleh kapasitas kapasitor yang sudah berkurang. Faktor penurunan kapasitor bisa beragam namun tentunya semakin lama usia pemakaian lampu maka semakin berkurang juga kapasitas kapasitor tersebut.

Sehingga jika terjadi kerusakan lampu LED redup bisa dicek di rangkaian lampu LED ini. Begitu juga dengan cara memperbaiki lampu led berkedip bisa disebabkan kerusakan pada satu atau beberapa LED SMD.

cara memperbaiki lampu led redup

Umumnya kapasitor yang digunakan adalah jenis kapasitor film (Polyester /Milar) dengan kapasitas kisaran 750 nF untuk lampu 8 watt. Sebisa mungkin ganti komponen kapasitor yang rusak dengan nilai kapasitas yang sama supaya tidak merusak komponen lainnya.

Dalam membaca nilai kapasitor pun ada ketentuannya seperti misalnya kapasitor pada lampu LED dibawah ini :

membaca kapasitor pada lampu led

Nilai yang tertera adalah 274K 400V

Yang artinya :

  • Angka 27 = Digit pertama dan kedua
  • Angka 4 = Digit ketiga sebagai pengali maka dikalikan dengan 10000

Berarti nilai kapasitor adalah 270.000 pF yang sama dengan nilainya 270 nF dan tegangan maksimal 400 V serta huruf K sebagai nilai toleransi kapasitor sebesar 10%

Baca Juga : Satuan Kapasitor

Namun untuk cara memperbaiki lampu led yang redup ini juga harus teliti karena bisa saja disebabkan oleh komponen lain misalnya resistor atau dioda. Dan untuk jenis lampu LED dengan penurun tegangan menggunakan trafo akan lebih sulit untuk diperbaiki.

Cara Memperbaiki Lampu LED Emergency Otomatis

Selain pada jenis lampu LED sebagai penerangan biasa, teknologi LED juga digunakan pada jenis lampu emergency. Berikut saya share juga cara memperbaiki lampu led emergency otomatis menyala saat listrik mati.

Bentuk lampu emergency ini bermacam macam, ada yang portable dan ada juga yang berbentuk seperti lampu bohlam. Untuk yang tipe bohlam lebih sulit untuk diperbaiki karena biasanya circuit nya lebih rumit, oleh karena itu di artikel ini hanya akan di share untuk jenis Lampu LED Emergency portable saja. Berikut adalah contoh rangkaian lampu led emergency otomatis :

rangkaian lampu led emergency

Beberapa kemungkinan penyebab kerusakan tidak berfungsi nya lampu emergency adalah komponen berikut :

Kapasitor/ Trafo Penurun Tegangan

Pada lampu emergency ukuran kecil biasanya menggunakan kapasitor sebagai penurun tegangannya sedangkan pada ukuran yang lebih besar menggunakan transformator sebagai rangkaian adaptor nya. Ini karena pada penurun tegangan dengan kapasitor arus yang dihasilkan tidak cukup untuk men-charge baterai kering

kapasitor led emergency

Kerusakan Dioda Penyearah

Cukup jarang terjadi kerusakan tetapi jika slah satu dioda saja putus maka proses charge tidak berjalan sehingga saat mati listrik maka baterai tidak bisa membackup daya untuk lampu LED

kerusakan dioda led emergency

Kerusakan Baterai Soak

Aki kering yang digunakan biasa nya dengan tegangan kisaran 6 – 12 volt DC, untuk menguji bagus tidaknya cukup ukur tegangan pada terminal positif dan negatif sesaat setelah proses charge.

pengecekan baterai led emergency

Lalu lihat apakah tegangan stabil saat ditest dinyalakan lampu LED kondisi nyala. Yang paling banyak terjadi adalah kondisi baterai sudah soak dan perlu diganti, untungnya cukup mudah mencari baterai ini di toko elektronik.

Lampu LED

Pada lampu emergency LED portable biasanya cukup banyak terdapat komponen lampu LED ini dengn urutan rangkaian seri maupun paralel atau bisa juga dengan susun rangkaian kombinasi. Pengecekannya sama seperti pada langkah Kerusakan pada Lampu LED ( SMD ) tinggal dikur satu persatu kaki LED dengan menggunakan multimeter

cara cek lampu led emergency

Jenis lampu neon juga sebenarnya bisa diperbaiki namun tidak akan tahan lama sehingga nanggung untuk diperbaiki, selain itu juga circuitnya lebih rumit. Dan jangan lupa untuk bisa memperbaiki lampu LED sesuai panduan diatas diperlukan keahlian elektronik dasar untuk bisa melakukan perbaikan pada lampu LED yang rusak dan lebih bagus lagi jika bisa membaca alat ukur multimeter, anda bisa mempelajari dasar dasar nya di link tadi.

Demikian artikel kali ini tentang cara memperbaiki lampu LED mati dan kedip semoga bermanfaat.

Artikel yang Berhubungan :