Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Posted on

Kulkas atau lemari es adalah salah satu perabot rumah tangga yang hampir pasti ada di rumah-rumah. Kehadirannya sangat penting dalam mendukung segala aktivitas dan kebutuhan anggota keluarga. Kulkas adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk menciptakan suhu dingin yang nantinya digunakan untuk tempat menyimpan makanan.

Makanan atau minuman yang diletakan di dalam kulkas akan menjadi lebih awet karena perkembangan bakteri yang merusak dan membusukkan makanan dapat dihambat pertumbuhannya. Namun ada satu kondisi dimana kulkas tidak dingin yang menyebabkan makanan yang disimpan menjadi busuk, apakah penyebabnya? Dan bagaimana cara memperbaiki kulkas tidak dingin seperti ini ?

Penyebab Kulkas tidak dingin
Penyebab Kulkas tidak dingin

Faktor-faktor Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkas adalah barang elektronik yang pastinya membutuhkan perawatan agar bisa tetap berfungsi dengan baik. Meskipun perawatannya tidak banyak, paling tidak lakukan setahun sekali pada mesin pendingin yang terletak di bagian belakang. Kondisi kulkas yang tidak terawat, rawan menyebabkan gangguan seperti salah satunya yaitu kulkas tidak dingin.

Bagi anda yang masih awam dengan beberapa bagian elektronik pada kulkas berikut ini mungkin bisa membantu :

bagian bagian kulkas
Bagian bagian kulkas

Jika Anda mengalami kondisi kulkas tidak dingin tapi lampu nyala, banyak faktor yang menyebabkannya. Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan kulkas tidak berfungsi dengan baik dan cara memperbaiki kerusakan kulkas tidak dingin :

Pengaturan Thermostat Pengatur Suhu yang Tidak Tepat

Kompresor pada kulkas yang berfungsi untuk memompa freon, mengubah tekanan rendah menjadi tekanan tinggi, bisa dibilang adalah jantung nya kulkas karena tanpa kompresor maka proses pendinginan tidak akan terjadi. Kompresor tersebut bekerja sesuai sensor suhu yang biasa disebut thermostat dimana jika suhu yang terbaca kurang dingin maka thermostat tersebut akan menyalakan kompresor dan jika suhu dingin sudah tercapai maka kompresor akan mati secara otomatis.

Thermostat kulkas
Thermostat kulkas

Thermostat tersebut pada kulkas biasa disebut sebagai pengatur temperatur misalnya pada kulkas satu pintu dibawah ini.

Pengatur Suhu Kulkas
Pengatur Suhu Kulkas

Oleh karena ini jika kulkas tidak dingin pastikan thermostat berada pada pilihan normal atau colder karena jika posisi pada Off maka bisa dipastikan kompresor kulkas tidak akan bekerja.

Terlalu Banyak Bunga Es

Bunga es merupakan bagian yang muncul di sekitar freezer sebagai akibat suhu dingin yang cukup rendah. Pada kulkas yang memiliki lubang angin untuk fan di freezer adanya bunga es ini kemungkinan menutup lubang angin yang mengalirkan suhu dingin ke seluruh bagian kulkas, banyaknya bunga es ini bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin tapi freezer dingin. Jika lubang tertutup bunga es, maka bisa dipastikan kulkas tidak dingin seperti yang seharusnya. Oleh karena itu, pembersihan bunga es harus dilakukan minimal dua kali dalam sebulan agar kulkas Anda tetap dalam kondisi dingin.

bunga es pada kulkas
Bunga es pada kulkas

Cara membersihkan bunga es sangatlah mudah tetapi perlu diperhatikan untuk tidak mencoba membersihkan dengan benda tajam karena bisa menyebabkan kerusakan pada evaporator yang berfungsi mengalirkan suhu dingin di freezer.

Anda bisa mematikan kulkas untuk sementara waktu dan menunggu bunga es agar mencair sepenuhnya. Ada alat untuk membersihkan bunga es dengan aman namun jika memang tidak ada bisa menggunakan alternatif lain asal alat tersebut tidak memiliki ujung tajam.

alat pembersih bunga es kulkas
Alat pembersih bunga es kulkas

Namun, cara ini terbilang cukup memakan waktu apalagi jika bunga es sudah terlalu tebal. Jika Anda ingin membersihkan bunga es dengan lebih cepat, naikkan suhu dinginnya agar kulkas agak mendekati suhu normal. Kemudian letakkan kipas angin di depan kulkas yang terbuka. Angin akan membantu menaikkan suhu bunga es agar bisa cepat mencair.

Jika dirasa bunga es terlalu banyak untuk dibersihkan anda bisa juga menyemprot semua bunga es tersebut dengan air dari selang dengan tekanan air yang cukup namun pastikan sudah mengeluarkan semua isi kulkas ya.

Kerusakan Pada Timer Defrost

Kerusakan timer defrost umumnya hanya terjadi pada kulkas 2 pintu saja dan kerusakan ini berhubungan dengan munculnya bunga es yang banyak pada freezer. Fungsi timer defrost pada kulkas adalah untuk mencairkan bunga es secara otomatis oleh timer sebagai pengatur waktu kapan kompresor bekerja dan kapan mengaktifkan heater untuk membersihkan bunga es pada freezer. Jika terdapat kerusakan pada timer defrost ini sehingga menyebabkan terjadinya kompresor bekerja terus menerus maka akan menimbulkan bunga es yang banyak sehingga menghalangi aliran udara dingin ke bagian bawah kulkas.

Berikut ini bentuk timer defrost pada kulkas yang letaknya pada bagian bawah kulkas :

Timer defrost kulkas
Timer defrost kulkas

Kerusakan yang sering terjadi pada timer defrost biasanya pada gigi yang patah atau aus, terkadang bisa juga karena kotor kemasukan semut sehingga bisa jadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin. Justru kerusakan pada motor dinamo cukup jarang terjadi.

Meletakkan Banyak Makanan Panas di Dalam Kulkas

Ada juga kondisi dimana bunga es sudah dibersihkan dan lampu kulkas juga dalam keadaan menyala. Namun, suhu di dalam kulkas tidak dingin juga. Coba periksa makanan yang Anda simpan. Jangan-jangan Anda meletakkan makanan yang dalam keadaan panas. Makanan panas yang langsung diletakkan ke dalam kulkas juga bisa menyebabkan hal ini. Panas yang keluar dari makanan akan menaikkan suhu kulkas dan membuat udara di sekitarnya pun ikut naik. Secara tidak langsung hal ini juga akan menyebabkan kulkas menjadi cepat rusak karena kompresor yang bertugas memompa gas freon harus bekerja lebih keras mendinginkan suhu didalam kulkas.

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi memasukkan makanan dalam kondisi panas langsung ke dalam kulkas. Setidaknya biarkan dingin dahulu. Anda juga harus menghindari meletakkan peralatan yang menimbulkan panas seperti magic com dan microwave di dekat atau sekitar kulkas.

Kondisi Karet Pintu yang Sudah Aus

Kondisi karet pintu yang rusak atau aus juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Lampu menyala merupakan indikasi bahwa pintu kulkas dalam keadaan terbuka, hal ini merupakan kemudahan agar Anda bisa melihat isi kulkas dengan jelas meskipun pada malam hari. Kulkas yang terlalu sering dibuka dan ditutup rawan menyebabkan karet menjadi cepat kendor dan aus. Jika pintu penutup kulkas kurang rapat, akan menyebabkan udara dari dalam kulkas mengalir ke luar. Inilah sebabnya suhu udara di dalam kulkas tidak cepat dingin.

Karet pintu kulkas sudah aus
Karet pintu kulkas sudah aus

Kurangilah intensitas membuka tutup kulkas yang terlalu sering. Apabila makanan masih bisa bertahan dalam suhu normal, hendaknya letakkan di luar kulkas saja jika masih akan dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Hal ini bisa mengurangi buka tutup kulkas yang akan menyebabkan kerusakan pada pintu kulkas.

Jika memang karet pintu kulkas sudah terlalu tipis sehingga pada saat kondisi pintu kulkas tertutup masih terdapat celah maka tidak ada cara lain selain harus mengganti karet pintu kulkas tersebut. Umumnya jika umur kulkas belum terlalu lama tidak sulit untuk menemukan karet tersebut, pemasangannya pun cukup mudah sehingga bisa dilakukan sendiri.

Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Kompresor adalah salah satu komponen kulkas yang memegang peranan cukup penting. Benda ini bertugas untuk mengubah tekanan rendah menjadi tekanan tinggi agar bisa menghasilkan suhu dingin. Untuk bisa bekerja dengan maksimal, aliran listrik yang masuk harus stabil. Kompresor bisa saja tetap berfungsi dalam kondisi tegangan listrik yang naik turun, namun akan menyebabkan suhu kulkas tidak bisa dingin. Inilah mengapa terkadang sering kita temui kondisi kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin.

Dalam hal ini, cara untuk mengatasinya adalah mengecek lagi kondisi tegangan listrik di rumah Anda. Mau tidak mau Anda harus menciptakan listrik yang stabil agar kulkas atau peralatan elektronik lainnya tidak mudah rusak. Jika ketidak stabilannya berasal dari aliran listrik PLN, gunakan stavol sebelum aliran listriknya masuk ke peralatan elektronik. Stavol berfungsi untuk menyetabilkan tegangan listrik.

Kompresor yang Rusak

Pernahkah Anda menemui kulkas tidak dingin kompresor panas ? bisa jadi kompresor kulkas anda rusak namun tentunya perlu pengecekan oleh ahli karena tidak sembarangan untuk melakukan pengecekan bagus tidaknya kompresor kulkas karena bisa jadi kerusakan pada overload protector nya atau bahkan dari PTC nya.

Bagian dalam kompresor kulkas
Bagian dalam kompresor kulkas

Namun berikut ini saya share beberapa ciri kompresor kulkas rusak :

  1. Kompresor pada saat dipegang terasa dingin sama sekali alias kompresor mati total, namun bisa jadi kerusakan juga terdapat pada overload protector dan relay yang menempel pada kompresor
  2. Body kulkas nyetrum, pada kondisi ini bisa juga disebabkan grounding yang kurang baik. Namun jika nyetrum disebabkan oleh kompresor rusak maka kemungkinan besar terjadi kebocoran pada kumparan motor listrik di dalam kompresor
  3. Dingin yang dihasilkan pada evaporator tidak merata. Ini merupakan gejala awal dimana kompresor akan mengalami kerusakan sehingga pada kondisi ini kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin atau kurang dingin
  4. Jika anda memiliki amperemeter bisa juga dicoba diukur berapa arus yang terukur pada saat kompresor bekerja. Beberapa kulkas pada bagian belakangnya terdapat skema yang bisa dijadikan acuan pengukuran berapa arus yang sesuai. Jika arus yang terukur terdapat kenaikan dari seharusnya maka kompresor kulkas anda bermasalah
  5. Suara kompresor berisik, ini juga merupakan tanda gejala awal kompresor rusak. Suara berisik tersebut bisa jadi berasal dari oli kompresor yang sudah mulai habis atau terdapat masalah pada piston.

Itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin dan cara memperbaiki kulkas tidak dingin. Kulkas merupakan barang yang cukup penting yang harus selalu dirawat agar tetap awet. Dengan kulkas yang berfungsi dengan baik, Anda akan bisa menyimpan makanan agar bisa bertahan lebih lama.

Artikel yang Berhubungan :