Harga Dinamo Mesin Cuci

Posted on

Berapakah harga dinamo mesin cuci jika terjadi kerusakan ? berikut ini saya share harga motor listrik mesin cuci pada saat artikel ini ditulis. Seperti yang diketahui bahwa mesin cuci/ washing machine sangat membantu aktifitas sehari hari supaya mencuci menjadi lebih mudah dan praktis selain itu membuat lebih cepat kering sehingga mempercepat waktu mencuci.

Mesin cuci bisa berputar karena adanya motor listrik yang sering disebut dinamo, apa itu dinamo ? sederhananya dinamo adalah alat yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi kinetik dalam hal ini putaran tabung mesin cuci. Pada saat terjadi kerusakan mesin cuci tidak mau berputar maka kemungkinan besar terdapat kerusakan pada dinamo mesin cuci.

Untuk diketahui bahwa dinamo mesin cuci termasuk salah satu part yang sering mengalami kerusakan seperti mesin cuci tidak mau berputar, dinamo kebakar, mesin cuci berdengung , dan kerusakan lainnya bisa dilihat juga pada artikel cara memperbaiki mesin cuci sendiri. Perlu juga diingat untuk mesin cuci satu tabung dan dua tabung terdapat perbedaan dinamo sehingga harga nya juga tentu berbeda cukup jauh.

harga dinamo mesin cuci

Pada artikel kali ini saya share beberapa harga dinamo mesin cuci yang sudah saya kumpulkan dari beberapa toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX dan Shopee.

Ciri Kerusakan Dinamo Mesin Cuci

Sebelum memutuskan untuk membeli dinamo mesin cuci, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu kerusakan mesin cuci tersebut, bagi sobat teknisi yang belum tahu cara mengecek dinamo mesin cuci sebenarnya langkah langkah nya sangat mudah asalkan kita memiliki Multimeter/ AVO meter.

Berikut ini ciri ciri kerusakan dinamo mesin cuci :

  1. Mesin cuci tidak mau berputar sama sekali
  2. Mesin cuci hanya berdengung
  3. Putaran mesin cuci lemah

Tentunya untuk memastikan kerusakan disebabkan oleh dinamo/ motor listrik maka harus dilakukan pengecekan dengan alat ukur, berikut langkah langkah nya :

  1. Pastikan stop kontak listrik sudah dicabut dan kondisi mesin cuci pada posisi OFF
  2. Buka bagian belakang mesin cuci untuk bisa mengakses perkabelan dinamo mesin cuci
  3. Sebisa mungkin pisahkan kabel dinamo mesin cuci dari rangkaian kabel supaya hasil pengukuran dinamo tidak dipengaruhi rangkaian
  4. Terdapat 3 kabel pada dinamo mesin cuci yaitu
    1. Common, fungsinya seperti kabel netral sebagai supply listrik dinamo
    2. Running, fungsinya seperti fasa/ terminal listrik utama untuk menggerakkan dinamo
    3. Start, fungsinya sebagai starting yang dihubungkan ke kapasitor
  5. Ukur ketiga kabel tersebut dengan Multimeter, seharusnya resistansi antara Common-Running dan Common-Start tidak berbeda jauh
  6. Jika resistansi terpaut jauh misalnya Common-Running sekitar 30 Ohm sedangkan Common-Start tidak muncul resistansi maka coil untuk start putus. Demikian juga jika resistansi sampai menunjukkan 0 Ohm maka coil tersebut short/ konslet.
  7. Resistansi dinamo tiap type mesin cuci pasti berbeda karena tergantung kapasitas nya. Makin besar kapasitas mesin cuci maka makin rendah nilai resistansi coil dinamo nya. Namun sebagai acuan, kisaran 30 Ohm – 100 Ohm masih dianggap wajar.
cara mengukur dinamo mesin cuci

Jika sudah diyakinkan kerusakan pada dinamo tersebut maka selanjutnya bisa dilanjutkan ke penggantian dinamo mesin cuci. Bagi pemula yang ingin mencoba memperbaiki mesin cuci bisa dilakukan sendiri asalkan terdapat alat nya.

Ini dikarenakan mengganti dinamo listrik yang posisi nya cukup sulit dijangkau lumayan sulit, selain itu untuk membuka Puli dinamo/ pulley juga pengalaman saya pribadi cukup sulit karena biasanya terdapat korosi sehingga harus menggunakan tracker untuk memisahkan pulley dari dinamo mesin cuci tersebut.

Tips Membeli Dinamo Mesin Cuci

Sebenarnya untuk dinamo mesin cuci sangat disarankan untuk membeli secara offline dan dengan membawa contoh dinamo tersebut karena untuk memastikan spesifikasi dan yang terpenting ukurannya sama persis/ identik, beberapa spesifikasi yang wajib diperhatikan sebelum membeli dinamo mesin cuci yaitu :

  1. Daya/ Watt dinamo mesin cuci
  2. Tegangan dinamo mesin cuci
  3. Panjang dan diameter As dinamo
  4. Dilengkapi dengan thermofuse/ sekring pengaman
  5. Jarak antar lubang dinamo sebagai dudukan ke bodi mesin cuci
  6. Diameter bodi dinamo
  7. Lilitan dengan spesifikasi kawat tembaga ( wajib ), jika ditawarkan lilitan alumunium walaupun harga lebih murah sebaiknya ditolak saja karena tidak awet

Untuk memastikan beberapa hal diatas sangat mudah jika membandingkan langsung tetapi jika membeli secara online agaknya cukup sulit, kecuali jika sudah dicantumkan spesifikasi sejelas jelasnya.

Harga Dinamo Mesin Cuci Sharp

Sebelum membeli dinamo mesin cuci sharp khususnya type 2 tabung maka harus dipastikan dulu kerusakan apakah di dinamo untuk wash/ mencuci atau dinamo untuk pengering mesin cuci/ spin. Biasanya harga untuk dinamo spin lebih murah. Berikut ini beberapa harga yang dikumpulkan dari beberapa toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak

Harga dinamo mesin cuci Sharp untuk Wash

harga dinamo mesin cuci sharp untuk wash

Harga dinamo mesin cuci Sharp untuk Pengering/ Spin

harga dinamo mesin cuci sharp untuk pengering spin

Seperti bisa dilihat pada gambar bahwa harga dinamo dengan merk Sharp rata rata kisaran Rp.135.000 – Rp.230.000

Harga Dinamo Mesin Cuci Polytron

Biasanya untuk dinamo mesin cuci polytron bisa menggunakan dari merk lain asal bisa dipastikan secara fisik ukuran dinamo nya dan kapasitas mesin cuci apakah itu 6-7 Kg atau lebih. Untuk itu lebih disarankan membeli secara offline untuk type mesin cuci polytron supaya dinamo tidak mubazir.

harga dinamo mesin cuci polytron untuk pengering spin

Harga Dinamo Mesin Cuci Sanken

Mesin cuci Sanken terdapat beberapa type dengan kapasitas bervariasi misalnya type Sanken TW-883EPK, Sanken TW-8630TG dengan kapasitas 7kg, atau Sanken TW 8700 dengan kapasitas mencuci 8Kg. Sama seperti brand lainnya, terkadang untuk part dinamo bisa menggunakan part sejenis dengan merk lain asalkan secara fisik dan spesifikasi dinamo tidak berbeda jauh.

Harga dinamo mesin cuci Sanken untuk mencuci/ wash

harga dinamo mesin cuci sanken wash

Harga dinamo mesin cuci Sanken untuk spin/ pengering

harga dinamo mesin cuci sanken untuk pengering spin

Harga Dinamo Mesin Cuci Lengkap

Mesin cuci terdiri dari berbagai macam merk misalnya saja Sharp, Sanyo, Sanken, Panasonic, Denpoo, LG, Samsung, Polytron, Elextroluc, Toshiba, Akari, Daichi, yang tentunya harga part dinamo listrik mesin cuci berbeda beda. Berikut ini daftar harga dinamo mesin cuci yang bisa saya peroleh beserta kisaran harga saat artikel ini dibuat, semoga bermanfaat :

Type Mesin CuciHarga Dinamo
Dinamo pengering mesin cuci 60 Watt Rp. 165.000
Dinamo mesin cuci SamsungRp. 300.000
Dinamo spin mesin cuci SamsungRp. 170.000
Dinamo mesin cuci 135 WattRp. 210.000
Dinamo mesin cuci Sanken XD 135 Rp. 180.000
Dinamo motor spin mesin cuci Sanken Rp 208.000
Dinamo mesin cuci XD 135 Shaft 12mm Rp. 284.000
Dinamo pengering mesin cuci M-921 (Sharp)Rp. 270.000
Dinamo spin mesin cuci Sharp Rp. 150.000
Dinamo mesin cuci SharpRp. 175.000
Dinamo mesin cuci Sharp/Panasonic/Polytron Rp. 170.000
Dinamo mesin cuci full autoRp. 275.000
Dinamo pengering mesin cuci PanasonicRp. 120.000
Dinamo spin mesin cuci LG as 12 mmRp. 175.000

Artikel yang Berhubungan :