Panduan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri

Posted on

Bagi pemilik mesin cuci tidak ada salahnya bisa memperbaiki mesin cuci sendiri khususnya kerusakan ringan karena saat ini mesin cuci bukan lagi barang mewah. Hampir setiap rumah tangga pasti memiliki perabotan yang satu ini karena harga yang semakin murah dan merek yang semakin beragam juga membuat banyak orang mulai beralih menggunakan mesin cuci dibandingkan dengan mencuci manual.

Namun demikian, mesin cuci juga tak luput dari berbagai masalah yang menghampiri. Mulai dari mesin yang tidak mau berputar hingga pengering yang tidak bekerja. Mungkin Anda sendiri sudah pernah merasakan pusingnya mengalami masalah tersebut. Nah, untuk itu artikel berikut akan menjelaskan seputar bagaimana cara memperbaiki mesin cuci sendiri tanpa perlu di bawa ke tukang servis atau memanggil teknisi service sesuai merk mesin cuci.

cara memperbaiki mesin cuci sendiri
Cara memperbaiki mesin cuci sendiri

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri Sesuai dengan Kerusakan

Untuk bisa mulai memperbaiki masalah pada mesin cuci, Anda harus tahu terlebih dulu apa masalahnya. Beberapa masalah yang paling sering terjadi adalah mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo. Selain itu ada beberapa masalah lain seperti pengering yang tidak mau jalan, ataupun masalah ringan seperti mesin cuci tidak dapat membilas bersih. Akan lebih baik lagi jika anda memiliki sedikit ilmu kelistrikan karena sedikitnya bisa membantu karena hampir pada setiap mesin cuci selalu terdapat diagram kelistrikan mesin cuci tersebut seperti contoh dibawah ini rangkaian mesin cuci sharp 1 tabung

diagram kelistrikan mesin cuci.jpg
Contoh diagram kelistrikan mesin cuci sharp

Bagi anda yang belum lama membeli mesin cuci dan masih dalam masa garansi bisa juga menghubungi nomor call center yang biasanya nomor nya sudah tertempel pada body mesin cuci, biasanya call center ataupun teknisi service center bisa membantu untuk menyelesaikan maslaah yang ringan.

Namun jika sudah lewat masa garansi biasanya tetap kena charge perbaikan sehingga ada baiknya mencoba memperbaiki sendiri, berikut dijelaskan beberapa masalah yang sering timbul dan cara mengatasinya.

Memperbaiki Mesin Cuci yang Berdengung Tapi Tidak Berputar

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab mengapa mesin cuci hanya berdengung namun tidak mau berputar namun yang paling umum adalah overload alias kelebihan beban. Masalah ini sendiri bisa muncul baik di mesin cuci model 1 tabung maupun model 2 tabung. Penyebab utama mesin cuci berdengung adalah karena beban pakaian di dalamnya yang terlampau berat. Beban tersebut membuat mesin cuci tidak seimbang atau senter dan kesulitan untuk berputar.

penyebab mesin cuci yang berdengung dan tidak berputar
Penyebab mesin cuci yang berdengung dan tidak berputar karena overload

Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu mengurangi beban pakaian yang ada di dalam tabung. Atau jika tidak, Anda bisa mengatur agar baju yang masuk dalam mesin cuci tertata secara seimbang. Kurang lebih seperti itu cara memperbaiki mesin cuci yang berdengung.

Untuk memastikan lagi coba kosongkan dulu semua pakaian yang akan dicuci lalu coba fungsi washing ( mencuci ) dengan memutar timer untuk fungsi mencuci apakah mesin cuci bisa berputar atau tidak.

Mengatasi Mesin Cuci Dinamo Tidak Berputar Sama Sekali

Nah, jika masalah di atas disebabkan oleh beban yang terlalu berat, maka masalah yang satu ini lain lagi yaitu mesin cuci tidak mau berputar hanya suara berdengung dari dinamo . Jika dinamo mesin cuci sama sekali tidak berputar walaupun tanpa adanya cucian ataupun air, maka penyebabnya adalah daya listrik tidak sampai ke dinamo tersebut. Artinya, mungkin ada beberapa kabel dari sumber daya atau stop kontak yang terputus. Baik karena usia pakai atau dimakan tikus.

Kebanyakan yang terjadi adalah kabel putus karena gigitan tikus/ curut, terlebih jika pada body mesin cuci memang terdapat celah untuk masuknya tikus, coba perhatikan juga pada bagian bawah mesin cuci biasanya terdapat bagian yang rawan berlubang oleh gigitan tikus.

kabel mesin cuci digigit tikus
Kabel mesin cuci digigit tikus, perhatikan pada bagian yang dilingkari

Anda bisa mulai dengan memeriksa bagian dinamo pada belakang mesin cuci. Periksa apakah ada kabel yang terkelupas atau terputus karena biasanya kabel di area tersebut sangat rawan dimakan tikus. Bila ada kabel yang semrawut, Anda bisa menggantinya dengan kabel baru. Jangan lupa untuk menaruh beberapa kamper atau kapur arus agar serangan tikus bisa diminimalisir.

Bagaimana jika ternyata gigitan tikus sudah sangat parah dan sulit untuk menyambungkan kabel yang putus karena sudah tidak terlihat sambungan kabelnya ? cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membeli kabel mesin cuci terseut ke service center bersangkutan, biasanya teknisi service mengenal satu set kabel mesin cuci dengan wire harness.

kabel mesin cuci
Kabel mesin cuci

Pada mesin cuci satu tabung rangkaian kabel mesin cuci ini terdapat pada bagian belakang dan dibagian depan dekat dengan modul mesin cuci tersebut. Sedangkan pada mesin cuci 2 tabung kebanyakan instalasi kabel ada pada bagian belakang body berbarengan dengan kapasitor.

Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar

Masalah pengering ini sepertinya paling banyak ditemukan. Sebenarnya, cara memperbaiki pengering mesin cuci ini mudah saja jika Anda sudah tahu penyebabnya. Ada beberapa kemungkinan mengapa pengering tidak mau berputar. Penyebab pertama adalah karena kerusakan pada Door Switch. Door Switch atau sensor ini normalnya akan mengizinkan mesin pengering berputar setelah pintu mesin cuci ditutup yag tentunya berfungsi supaya mesin cuci aman untuk digunakan.

Sensor door switch mesin cuci
Sensor door switch mesin cuci, perhatikan terminal pada bagian dilingkari sering karatan

Namun jika rusak, maka pengering hanya bergeming dan tidak mau berputar. Solusinya tentu, Anda bisa menggantinya dengan yang baru, dalam keadaan darurat bisa juga dengan mengakali caranya dengan membuka bagian belakang mesin cuci dimana letak sensor door switch tersebut. Sering ditemukan sensor switch dalam keadaan berkarat sehingga kontak terminal nya sudah tidak bisa mengalirkan listrik, bisa juga dengan meng-short-kan terminal sensor door switch tersebut namun cara ini tidak disarankan karena mesin cuci menjadi kurang aman.

Penyebab selanjutnya adalah karena kapasitor yang rusak. Ciri-ciri kapasitor rusak pada mesin cuci adalah keluarnya suara berdengung saat pengering mulai dijalankan tetapi tidak ada perputaran sama sekali pada dinamo listrik. Suara dengung tersebut muncul karena ada arus listrik yang masuk ke dinamo namun gagal di ubah menjadi gerakan pada pengering.

Kapasitor mesin cuci 1 tabung
Kapasitor mesin cuci 1 tabung

Cara memperbaiki mesin cuci untuk masalah ini adalah dengan mengganti dengan kapasitor baru. Adapun untuk harga kapasitor mesin cuci adalah sangat bergantung kepada ukuran kapasitas mesin cuci tersebut, makin besar kapasitas mesin cuci maka makin besar pula motor listrik dinamonya dan tentunya semakin besar pula kapasitor yang diperlukan untuk menggerakkan dinamo.

Namun jangan lupa juga kemungkinan kerusakan pada dinamo listrik bisa jadi karena gulungan atau coil nya rusak short terkena air sehingga tidak berputar sama sekali, gejalanya hampir sama dengan kerusakan kapasitor sehingga ada baiknya anda juga bisa mengukur kapasitor dengan multimeter.

Air Bocor pada Mesin Cuci

Nah, masalah yang selanjutnya adalah mesin cuci yang sering bocor airnya. Mungkin Anda sudah jengkel dengan mesin cuci yang terus menerus meneteskan air dan membuat lantai menjadi becek. Penyebab dari masalah ini adalah karena seal pembuangan sudah kotor. Karet seal yang sudah getas juga bisa membuat air terus mengucur keluar meskipun kran tidak dalam posisi kuras. Selain itu, kemungkinan per pembuangan yang ada di dalam seal sudah berkarat atau malah patah.

Untuk cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung ataupun 2 tabung yang mengalami masalah ini, Anda bisa membawa contoh seal tersebut ke toko spare part untuk dicarikan gantinya. Ingat, bawalah contoh seal tersebut karena banyak sekali model seal yang sepertinya mirip, namun tidak pas ketika dipasang.

seal mesin cuci untuk bagian pengering
Seal mesin cuci pengering

Penyebab mesin cuci terus mengeluarkan air selain dari seal bisa juga karena ada benda asing yang mengganjal bagian klep yang berfungsi untuk menutup saluran air ketika klep tersebut ditutup, biasanya benda asing seperti ini bisa berupa kawat BH, uang logam, atau benda lainnya yang menghalangi klep menutup dengan sempurna.

klep mesin cuci yang kotor
Klep mesin cuci untuk drain yang terdapat banyak kotoran

Mesin Cuci tidak Dapat Membilas dengan Bersih

Masalah selanjutnya adalah mesin cuci tidak bisa membilas dengan bersih. Masalah ini bisa terdeteksi ketika ada bekas deterjen atau residu yang tertinggal di mesin cuci setelah dikeringkan. Berikut ini terdpat beberapa hal yang bisa menyebabkan hasil mesin cuci menjadi tidak bersih :

  • Kelebihan beban atau overload karena pada saat mesin cuci overload menyebabkan putaran menjadi lemah dan proses mencuci pun mnejadi tidak maksimal. Selain itu kelebihan beban mesin cuci juga membuat cepat rusak.
  • Kurangnya pasokan air pada saat mencuci, jika volume air tidka mencukup menyebabkan putaran mesin cuci menjadi berat
  • Water filter / filter air pada bagian belakang mesin cuci rusak bisa karena mampet sehingga pasokan air menjadi kecil atau filter jebol sehingga air kotor tidak terfilter

Penyebab lain mesin cuci tidak mencuci dengan bersih adalah karena tabung mesin cuci sudah kotor, biasanya sering terjadi pada mesin cuci satu tabung karena sebenarnya pada tabung mesin cuci satu tabung terdapat tabung bagian dalam dan bagian ini sangat sulit untuk dibersihkan sehingga kotoran bisa menumpuk dan dibutuhkan alat khusus untuk membukanya sedangkan pada mesin cuci 2 tabung jarang terjadi karena tabung mesin cuci sangat sederhana sehingga sangat mudah untuk dibersihkan.

Itulah beberapa cara memperbaiki mesin cuci yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Jangan terburu-buru membawanya ke tukang servis karena siapa tahu Anda bisa memperbaikinya sendiri. Meskipun begitu, pastikan Anda tetap memerhatikan keselamatan karena bagaimanapun mesin cuci adalah perabotan elektronik terlebih lagi berada di area yang lembab sehingga fatal jika terkena sengatan listrik dari mesin cuci yang menyala, lihat juga artikel tentang Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Solusinya

Jika ditemukan masalah yang tidak bisa diatasi, segera bawa ke tempat servis profesional terdekat. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Berhubungan :