Cara Memperbaiki Kipas Angin

Posted on

Pada artikel kali ini panduanteknisi akan share bagaimana cara memperbaiki kipas angin supaya bisa berfungsi kembali, tentunya diperlukan tool yang diperlukan untuk pengecekan komponen kipas angin dan mohon diperhatikan bagi sobat yang sama sekali tidak memiliki keahlian kelistrikan untuk sangat berhati hati untuk perbaikan kipas angin ini.

Banyak kerusakan kipas angin yang mungkin terjadi dan seperti yang kita tahu banyak juga merk kipas angin di pasaran misalnya saja merk seperti Panasonic, Maspion, Cosmos, Miyako dan merk lainnya sehingga mungkin saja tampilan komponen dan cara pengukuran bisa berbeda dengan yang saya sampaikan disini namun pada intinya sama saja karena komponen utama kipas angin adalah motor listrik atau yang sering disebut juga dengan dinamo.

Motor listrik dinamo kipas angin

Nah karena kerusakan kipas angin bisa sangat beragam, artikel ini terdiri dari beberapa jenis kerusakan, silahkan pilih kerusakan yang sesuai dibawah ini :

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Kerusakan mati total pada kipas angin cukup banyak terjadi dan biasanya adalah yang paling mudah untuk menentukan kerusakannya karena hasil pengecekan pengukuran dengan multimeter bisa menjadi acuan di bagian mana kerusakan kipas angin tersebut. Pada sub artikel ini akan dijelaskan cara memperbaiki kipas angin tidak berputar sama sekali alias mati.

Sebelum membuka bagian belakang kipas untuk mengecek motor dinamo listrik dan thermo fuse nya pastikan dulu tidak ada kerusakan pada kabel instalasi listrik yang ada dalam kipas, bisa saja terdapat kabel pada steker listrik yang terputus, cek juga apakah kondisi selector switch/ saklar pemilih kecepatan kipas masih berfungsi normal.

Jika sudah dipastikan tidak ada yang terputus maka kemungkinan kerusakan hanya ada 2 yaitu kerusakan pada motor listrik terdapat coil yang putus atau kerusakan pada thermofuse.

Untuk membuka cover dinamo kipas angin ini cukup sulit maka dipastikan sebelumnya memiliki alat alat yang diperlukan ya.

Cara membuka dinamo kipas angin

Apa fungsi thermofuse atau thermal fuse pada kipas ?

Fungsi thermofuse pada kipas mirip dengan sekring pengaman, perbedaannya thermofuse tidak memutuskan karena ada arus berlebih tetapi hanya akan rusak/ putus jika suhu melewati batas yang diijinkan. Sehingga komponen thermofuse ini hanya sekali pakai saja kalau rusak harus diganti.

thermofuse pada kipas angin
Thermofuse pada motor listrik

Letak thermofuse biasanya di sekitar gulungan coil motor dinamo listrik, tentunya sengaja dipasangkan dengan coil supaya bisa benar benar terputus saat terjadi overheat pada kipas. Bentuk thermofuse juga bermacam macam misalnya seperti pada gambar dibawah ini

Bentuk thermofus / thermal fuse

Cara mengukur thermofuse juga sangat mudah, sobat bisa menggunakan cara pengukuran dengan AVOmeter dengan pilihan pada Ohm meter atau pada continuity/ buzzer. Jika jarum penunjuk bergerak atau buzzer pada avometer berbunyi maka thermal fuse masih bagus.

Cara mengukur thermofuse kipas angin
Cara mengukur thermofuse kipas angin

Berapa harga thermofuse jika terjadi kerusakan sehingga harus diganti ? tidak perlu khawatir karena harganya cukup murah seperti capture harga beberapa toko online saat artikel ditulis

Harga thermofuse kipas angin
Harga thermofuse kipas angin

Usahakan penggantian thermal fuse sesuai dengan suhu, tegangan dan kapasitas arusnya supaya ketika terjadi kerusakan serupa tidak akan merembet ke bagian lain, dalam hal ini dinamo listrik nya.

Ada juga yang mengakali dengan mengganti dengan menggunakan serabut kabel namun cara seperti ini tidak disarankan karena menjadi tidak aman.

Kemungkinan lainnya kipas angin mati total bisa disebabkan juga oleh coil dinamo yang putus, untuk kerusakan ini tentu saja mau tidak mau harus membongkar dinamo dan menemukan terminal kontak gulungan nya, namun kerusakan seperti ini jarang terjadi karena sudah ada thermal fuse yang melindungi jika terjadi overheat sehingga tidak merusak ke dinamo kipas angin.

Bisa juga coil gulungan dinamo kipas short yang disebabkan lembab atau tersiram air di bagian motor listrik nya disarankan untuk diganti motor listriknya saja karena perbaikannya cukup sulit. Bagaimana ciri dinamo motor listrik yang short atau terbakar ? berikut dibawah ini contoh gulungan dinamo yang sudah terbakar coilnya

Ciri dinamo listrik rusak
Ciri dinamo listrik rusak terbakar

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Berikutnya kerusakan kipas angin berdengung yang juga cukup sering terjadi, sepengetahuan penulis ada beberapa penyebab kerusakan kipas angin berdengung yaitu :

Kipas angin yang kotor

Penyebab dinamo kipas angin panas salah satunya adalah karena kipas angin yang kotor khususnya pada bagian seputar rotor dinamo yang menyebabkan terhambatnya putaran dinamo listrik sehingga dinamo menjadi bekerja lebih berat dan kalau kotoran debu sudah sangat menumpuk akhirnya tidak kuat memutar rotor yang akan mengeluarkan suara dengung

Lama kelamaan jika kipas angin tetap dipaksakan bekerja maka akan menimbulkan dinamo panas dan memutuskan thermofuse, itulah juga penyebab awal kerusakan thermal fuse pada kipas. Untuk itu pastikan sebelum perbaikan dilakukan untuk dilakukan cleaning dulu dan pastikan blade kipas pada saat diputar dengan tangan putarannya lancar supaya nanti setelah pergantian thermofuse tidak kembali rusak karena overheat.

Debu pada rotor dinamo kipas

Untuk aktifitas bersih bersih ini biasanya harus ikut membuka bagian rotor dinamo karena cukup sulit dijangkau. Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan pelumas pada bagian bushing kipas atau biasa juga disebut bosh supaya putarannya lancar, disarankan menggunakan oli yang biasa digunakan untuk mesin jahit (singer). Setelah cover dipasang lagi pastikan putaran rotor dinamo sudah lancar sehingga tidak ada yang membuat macet putarannya.

Bersihkan bushing kipas dengan pelumas

Pada beberapa kipas ada yang menggunakan bushing ada juga yang menggunakan bearing. Kipas dengan poros menggunakan bearing biasanya lebih awet karena tidak mudah kotor sehingga banyak juga yang memodifikasi mengganti bushing kipas dengan bearing.

Kerusakan Pada Kapasitor Start

Tidak semua kipas angin memiliki kapasitor start, umumnya hanya kipas angin yang berukuran besar saja. Bagi sobat yang belum mengetahui fungsi komponen ini bisa melihat artikel sebelumnya yaitu fungsi kapasitor start pada motor listrik. Intinya kegunaan kapasitor ini untuk membantu saat putaran awal (kickstart kapasitor) dan untuk membantu putaran menjadi stabil saat sudah running. Berikut adalah diagram rangkaian kipas angin dengan kapasitor

Diagram kipas angin

Untuk bisa mencapai terminal kapasitor maka mau tidak mau harus membuka cover batok belakang kipas dan pastikan juga steker listrik sudah tercabut. Perlu berhati hati juga karena sifat kapasitor menyimpan arus listrik maka usahakan untuk tidak memegang langsung kaki maupun terminal kabel kapasitor.

Bentuk kapasitor pada kipas tidak sama dengan bentuk kapasitor pada mesin cuci yang berbentuk bulat, kapasitor pada kipas berbentuk kotak dengan nilai kapasitansi berkisar 1uF – 12uF dengan tegangan kerja 400V.

kapasitor untuk kipas angin
Kapasitor untuk kipas angin

Bagaimana cara mengukur kapasitor pada kipas angin ?

Pengukuran dengan multimeter sangat mudah untuk dilakukan apalagi jika menggunakan ESR meter namun jika tidak ada bisa menggunakan multimeter analog, berikut cara pengukurannya :

cara mengukur kapasitor dengan multimeter
Cara mengukur kapasitor dengan multimeter

Seperti bisa dilihat diatas untuk kapasitor yang masih bagus pada saat diukur maka jarum penunjuk akan bergerak ke kanan lalu kembali lagi ke kiri. Untuk pengukuran ini bisa menggunakan selector pada Ohm meter pada pilihan skala x1K Ohm. Dan karena pada kapasitor ini tidak ada polaritas maka pada saat pengukuran tidak perlu melihat polaritas positif dan negatif.

Penggantian kapasitor disarankan menggunakan kapasitas sesuai aslinya, bisakah mengganti nilai kapasitor menjadi lebih besar ? bisa saja namun mungkin akan membuat dinamo menjadi lebih cepat panas.

Sedangkan jika diganti dengan nilai yang lebih kecil ada kemungkinan kapasitor tidak kuat untuk memutar coil starting. Lebih lanjut untuk cara mengukur kapasitor secara lengkap akan di share di artikel lain.

Kerusakan pada Spul/ Coil Starting

Kerusakan pada coil starting juga akan menyebabkan kipas berdengung pada saat dinyalakan. Ini terjadi karena aliran listrik tetap mengalir ke dinamo namun karena dinamo tidak kuat memutar tanpa bantuan coil start sehingga mengeluarkan bunyi dengung disertai dinamo yang bergetar. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini adalah diagram coil atau gulungan spul dinamo starting dan running

Diagram coil dinamo kipas
Diagram coil dinamo kipas

Tidak disarankan untuk perbaikan gulungan karena cukup sulit kecuali jika sobat mau menggulung ulang coil dinamo nya.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Kapasitor

Untuk perbaikan kipas angin tanpa kapasitor seharusnya lebih mudah untuk dilakukan karena konstruksinya lebih sederhana dan umumnya ukuran kipas tanpa kapasitor lebih kecil.

Sebagai pengetahuan, cara kerja dinamo atau motor listrik tanpa kapasitor disebut juga motor shaded pole yang hanya terdiri dari satu gulungan saja dan tanpa saklar starter sehingga membuat harga nya lebih ekomonis. Namun kekurangannya adalah memiliki torsi awal yang kecil sehingga hanya digunakan pada ukuran dinamo yang kecil. Aplikasinya kebanyakan pada motor listrik pada kulkas, kipas angin kecil .. dll

cara kerja motor listrik tanpa kapasitor
Cara kerja motor listrik tanpa kapasitor

Lalu bagaimana untuk putaran awal jika tidak menggunakan kapasitor ? untuk membantu putaran awal terdapat lilitan pelengkap yang dinamakan shaded pole. Pada Shaded pole ini fluks magnet akan meningkat pada saat diberi arus tetapi ditunda oleh arus induksi pada perisai tembaga. Seiring arus mengalir pada kumparan utama, pada bagian unshaded pole akan mengakibatkan medan magnet memutar rotor.

Berikut dibawah ini adalah dinamo kipas angin tanpa kapasitor dengan perisai tembaga :

Dinamo kipas angin tanpa kapasitor
Dinamo kipas angin tanpa kapasitor

Kesimpulannya, untuk cara memperbaiki kipas angin tanpa kipas maka yang perlu dicek hanya bagian gulungan utama pada dinamo dan thermofuse nya saja. Jika perlu pastikan juga bushing/ bearing yang terkait dengan rotor masih berputar dengan lancar.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Macet Atau Putarannya Lambat

Untuk jenis kerusakan kipas angin putaran lambat biasanya akan mencurigai apakah putarannya macet atau memang terjadi kerusakan pada gulungan dinamo atau mungkin pada kapasitornya ? pada kerusakan ini saya bagi menjadi 3 kemungkinan kerusakan yaitu :

As Rotor yang kotor atau Aus

As rotor yang berada di bagian depan dinamo berfungsi untuk memutar kipas oleh karena itu mungkin saja sering terkena debu sehingga menyebabkan putaran rotor menjadi terhambat. Terkadang terdapat benda asing seperti rambut, benang atau debu yang sudah menempel.

Pada kipas yang berumus belum lama kemungkinan rotor kering sehingga putarannya menjadi seret dan terasa macet saat diputar dengan tangan, cukup berikan pelumas singer yang biasa digunakan pada mesin jahit biasanya sudah kembali normal. Sedangkan pada kipas yang sudah berumur, bagian bushing/ bosh kadang disebut juga laher bisa aus. Lihat juga pada gear untuk fungsi kipas bergerak kiri-kanan apakah terdapat gear yang sudah aus.

Busing pada kipas angin
Busing pada kipas angin yang diberi pelumas

Banyak juga yang memodifikasi mengganti bushing ini dengan bearing supaya tidak mudah kotor dan putaran lebih lancar, namun harus dipastikan dulu bearing yang akan dipasang ukurannya harus pas dengan dudukan bushing. Untuk penggantian bushing dengan bearing/ laher tidak sulit karena cukup mudah untuk menemukan bagian ini di toko komponen elektronik atau bahkan bengkel motor.

Kapasitor Kipas yang sudah lemah

Kipas angin yang berputar lambat/ pelan juga bisa disebabkan kapasitor pada kipas angin yang sudah berubah nilainya karena seperti sudah disampaikan diatas bahwa fungsi kapasitor pada kipas tidak hanya untuk membantu start saja tetapi juga supaya putaran stabil pada saat sudah running.

Kapasitor pada kipas angin
Kapasitor pada kipas angin

Untuk membedakan kapasitor yang sudah mulai kering cairan elektrolitnya bisa dibedakan secara fisik yaitu bentuknya yang kembung, tetapi jangan tertipu juga karena bisa saja walaupun bentuknya masih normal ternyata kapasitansi nya sudah berkurang. Nilai kapasitor yang biasa digunakan pada kipas angin ukuran sedang biasanya berkisar 1uF – 2.5uF, bedakan dengan nilai kapasitor pada mesin cuci yang biasanya bernilai lebih besar.

Video Cara Memperbaiki Kipas Angin

Berikut ini terdapat video cara memperbaiki kipas angin dengan mudah yang bisa dijadikan sebagai referensi tambahan, semoga bermanfaat

Artikel yang Berhubungan :