Dinamo Kipas Angin – Cara Kerja, Pasang dan Harganya

Pada sebuah kipas angin terdapat bagian utama yaitu dinamo kipas angin yang mempunyai kemampuan mengubah energi listrik ke mekanik. Lebih jelasnya, kipas angin memanfaatkan dinamo untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak yang pada akhirnya menghasilkan dinginnya angin.

Seperti yang sudah diketahui, penggunaan motor atau dinamo biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya penggunaan alat elektronik rumah tangga yang mencakup blender, mainan anak berupa mobil-mobilan, blender, dan tentunya kipas angin.

Cara Kerja Dinamo Kipas Angin

Umumnya dinamo kipas angin biasa disebut juga dengan nama motor listrik. Prinsip kerja motor listrik menggunakan coil atau kumparan tetap yang menggunakan gaya Lorentz.

Membahas prinsip kerja motor listrik, bisa dilihat pada bagian perubahan energinya di mana energi listrik yang diubah menjadi energi gerak atau kinetik. Prinsip gaya lorentzlah yang diterapkan dalam motor listrik.

Cara kerjanya adalah gulungan kumparan ditempatkan di dalam sebuah medan magnet kemudian dialiri arus listrik sehingga gaya Lorentz akan mengakibatkan gaya gerak untuk memutarkan baling baling setelah gaya geraknya diteruskan oleh beberapa komponen kipas lainnya.

Cara Kerja Dinamo Kipas Angin

Untuk menggerakkan motor dinamo juga biasanya dibantu dengan kapasitor start untuk membantu putaran awal karena pada dasarnya untuk bisa menggerakan motor listrik pada pertama kali diperlukan torsi yang besar.

Baca juga : Kapasitor Kipas Angin

Penyebab Dinamo Kipas Angin Panas

Dinamo kipas angin jika digunakan terlalu lama maka akan menyebabkan dinamonya menjadi panas, namun jika pemakaian baru sebentar dinamo kipas angin sudah panas maka tentunya ada yang salah. Berikut dibawah ini beberapa penyebab dinamo kipas angin cepat panas :

Pertama, bushingnya seret. Tahukah kamu? Dalam dinamo yang digunakan untuk kipas ada salah satu bagian yang disebut bushing. Penyebabnya menjadi cepat panas bisa jadi karena kamu jarang melumasinya dengan minyak. Karena jarang dilumasi, lehernya menjadi kering sehingga lecet dan menyebabkan putaran menjadi berat. Selain itu bagian ini memang rentan kotor karena debu mudah masuk

bos bushing kipas angin

Jika ingin kipas angin awet bushing ini bisa diganti menggunakan bearing karena putaran juga akan lebih lancar. Cara mengganti bushing ke bearing pada kipas angin memang cukup sulit, namun ada juga yang menjual dengan mangkoknya sepaket sehingga lebih mudah.

mangkok bearing pada kipas angin

Kedua, terdapat kotoran. Sebagai pemilik sebuah kipas angin, tentunya kamu bukan hanya menggunakannya saja, tetapi juga membersihkannya. Kotoran yang jarang dibersihkan akan terkumpul di dalam dan menghambat perputaran dinamo.

Ketiga, ukuran kapasitor yang tidak sesuai. Kalau masalah yang satu ini sangat ada kemungkinan membuat generator dan dinamo kipas angin menjadi lebih panas. Kemungkinan besar akan membuat laju perputaran baling-baling kipas menjadi lebih cepat, tetapi efek negatifnya kipas menjadi cepat panas.

Cara Pasang Dinamo Kipas Angin

Jika kipas angin rusak tidak mau berputar tentunya harus dilakukan pengecekan namun jika memang terjadi kerusakan pada dinamo kipas angin maka harus dilakukan penggantian.

Kerusakan dinamo kipas angin mati tidak bisa berputar bisa disebabkan coil yang putus karena terbakar, bisa juga dikarenakan putusnya thermo fuse di dalam dinamo atau karena kapasitor yang mati.

Baca juga : Cara memperbaiki kipas angin rusak

Cara pasang dinamo kipas angin susah susah gampang karena harus melepas bagian cover dan melepas perkabelan yang jika tidak dilakukan dengan teliti akan menyebabkan kerusakan kipas menjadi semakin parah. Berikut caranya :

  1. Pastikan steker kipas angin sudah dicabut dari stop kontak
  2. Buka pelindung baling baling kipas bagian depan, biasa nya menggunakan mekanisme kunci atau baut
  3. Buka cover belakang penutup dinamo
  4. Buka baling baling utama sehingga hanya tersisa bagian dinamo saja
  5. Cari letak terminal kabel, seharusnya terdapat 4 kabel warna berbeda untuk kipas dengan 3 kecepatan
  6. Hati hati pada saat cara menyambung kabel dinamo kipas angin, jika dinamo kipas angin pengganti sama persis dengan aslinya maka urutan warna kabel bisa disamakan. Fungsi 4 kabel pada dinamo kipas angin adalah untuk membedakan kecepatan speed 1, 2 dan 3 sedangkan kabel satunya digunakan untuk netral.
Cara Pasang Dinamo Kipas Angin
  1. Perhatikan juga apakah pada dinamo kipas angin pengganti terdapat kapasitornya atau tidak. Jika tidak maka kapasitor dari dinamo kipas angin yang lama harus dipindahkan. Biasanya kapasitor sudah termasuk saat pembelian dinamo kipas yang baru.

Harga Dinamo Kipas Angin

Selain mengetahui bagaimana cara pasang dinamo, jika ada masalah pada kipas angin milik pribadi kamu juga jadi bisa membetulkannya sendiri. Nah! bagi yang ingin mencoba memperbaiki kipas angin sendiri maka bisa mencar cari berapa harga dinamo kipas angin ?

Dinamo kipas angin cosmos miyako GMC 12 in dibandrol dengan harga RP 45.000an saja. Sementara itu, untuk dinamo kipas Cosmos motor kipas angin miyako dibandrol dengan harga RP 55.000. Kalau untuk merk miyako yang ukuran 10 inch dibandrol dengan harga RP 55.000an juga.

Itulah beberapa pengetahuan umum mengenai dinamo kipas angin. Pastinya jadi lebih tahu banyak mengenai alat-alat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. So, apakah kamu jadi berminat membetulkan masalah kipas sendiri?