Kode Error Mesin Cuci Samsung Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Posted on

Salah satu merek mesin cuci yang paling banyak dipakai di Indonesia adalah Samsung. Jelas saja, perusahaan elektronik asal Korea tersebut memang memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi kalau soal mesin cuci.

Kekurangan mesin cuci Samsung adalah pada kode errornya, tetapi pada umumnya memang saat ini hampir semua mesin cuci dengan fitur digital memang terkadang terdapat kode error yang muncul jika terdapat sesuatu yang salah pada mesin cuci. Jadi setiap ada masalah, mesin cuci akan menampilkan kode tertentu yang belum tentu setiap pengguna bisa memahaminya.

kode error mesin cuci samsung
Memperbaiki kode error mesin cuci samsung

Nah, untuk itu, artikel ini akan memberikan penjelasan seputar kode error mesin cuci Samsung sekaligus cara mengatasi masalahnya yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Daftar Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya

Daftar kode error yang akan disajikan di bawah ini sudah dilengkapi dengan solusi atau cara mengatasinya. Beberapa kode error masih memungkinkan untuk ditangani dengan Panduan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri. Namun beberapa kode error memerlukan bantuan teknis dari ahli seperti penggantian modul mesin cuci Samsung. Untuk yang satu ini, Anda disarankan untuk segera membawanya ke tempat servis Samsung terdekat.

Berikut adalah daftar kodenya. Berikut ini daftar kode error mesin cuci samsung yang saya ketahui :

Mesin cuci Samsung error 1E (Water Sensor error)

Jika mesin cuci anda muncul error 1E maka kerusakan yang timbulkan mungkin air akan terus mengisi sampai luber dan kalaupun bisa berhenti dan memulai proses pencucian air kadang masih tetap mengisi dari keran. Mesin cuci samsung menggunakan sensor air ( water level sensor ) untuk menentukan seberapa banyak air yang diperlukan untuk mencuci. Kemungkinan terdapat kerusakan pada sensor air yang biasanya terdapat di samping tabung, bisa juga berupa lepasnya selang menuju sensor.

Mesin Cusi Samsung error 1E
Mesin Cuci Samsung error 1E
water sensor mesin cuci samsung
Water sensor mesin cuci samsung

Mesin cuci Samsung error DE (Door Error)

Kode error yang pertama adalah DE yang merupakan singkatan dari Door Error atau masalah yang terjadi pada tutup mesin cuci. Kode ini akan tampil di layar jika Anda kurang rapat saat menutup pintu mesin cuci. Efeknya, mesin cuci tidak mau berjalan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengecek lagi, apakah pintu sudah tertutup dengan benar dan memastikan tidak ada pakaian yang mengganjal pintu tersebut.

Mesin cuci Samsung error DE
Mesin cuci Samsung error DE

Tetapi pada mesin type top loading ( pintu dari atas ) sangat sering terjadi sensor berkarat sehingga tidak membaca kontak yang sudah terhubung, berikut yang diberi lingkaran merah lokasi door sensor pada bagian belakang mesin cuci

door sensor mesin cuci samsung
Door sensor mesin cuci samsung

Kerusakan ini mirip pada kerusakan Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar di artikel sebelumnya.

Mesin cuci Samsung error UE (Unbalance Error)

Kode ini akan muncul ketika mesin cuci kehilangan keseimbangan. Maksudnya, posisi badan mesin cuci mungkin saja miring, atau tabung yang ada di dalamnya mendapatkan beban yang tidak seimbang karena pakaian yang dicuci menggumpal terlalu banyak. Untuk mengatasi kode error ini, Anda hanya perlu menghentikan sejenak proses mencuci untuk menata kembali pakaian di dalamnya dengan memasukkan satu persatu.

Mesin cuci Samsung error 4E (Water Supply Error)

Kode ini merujuk pada masalah yang terjadi pada pasokan atau aliran air yang masuk ke dalam mesin cuci. Jika pasokan air bermasalah, entah karena tersumbat atau sama sekali tidak mengalir, maka kode error mesin cuci Samsung tersebut akan ditampilkan di panel kontrol. Untuk mengatasinya, silakan cek kembali selang yang terhubung dengan pemasok air atau kran.

Mesin cuci Samsung error 4E
Mesin cuci Samsung error 4E

Anda bisa melihat apakah selang tertekuk atau ada kotoran yang menyumbat di dalamnya. Kode error ini nantinya memiliki variasi lain seperti 4C dan 4C2. Kedua kode tersebut masih sama berkaitan dengan masalah suplai air ke dalam mesin cuci. Khususnya masalah tekanan air yang sesuai dan temperatur air yang dingin.

Selain itu error ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada selang water sensor sehingga sensor air terus mendeteksi bahwa air belum cukup untuk proses mencuci padahal nyatanya air sudah memenuhi tabung pencucian.

Mesin cuci Samsung error 4E water sensor
Kerusakan sensor air menyebabkan error 4E

Mesin cuci Samsung error 5E (Drain Error)

Jika kode 5E ditampilkan dilayar kontrol, maka berarti ada masalah dengan sistem pembuangan atau pengurasan air di dalam mesin cuci. Anda bisa mengecek selang saluran pembuangan, apakah ada yang menyumbat selang tersebut ataukah selangnya tertekuk. Pastikan jika selang keluaran air lancar.

Kode ini juga memiliki variasi kode lain, yaitu kode 5C. Seperti 5E, kode error 5C menandakan bahwa air dalam mesin cuci tidak terkuras keluar. Masalah kode error mesin cuci Samsung ini bisa diatasi dengan mengecek filter pembuangan, apakah ada yang menyumbat di dalamnya atau tidak.

Mesin cuci Samsung error 5E
Mesin cuci Samsung error 5E

Mesin cuci Samsung error SUD (Foaming Detected)

Nah, kode ini bisa muncul karena mesin cuci mendeteksi terlalu banyak busa, baik saat proses pencucian maupun saat proses pengeringan. Untuk cara memperbaiki pengering mesin cuci yang kelebihan busa, Anda tidak perlu repot-repot lagi. Kode tersebut hanya menunjukkan informasi saja kepada Anda. selanjutnya, biar mesin cuci bekerja secara otomatis menghilangkan busa tersebut.

Mesin cuci Samsung error SUD
Mesin cuci Samsung error SUD

Mesin cuci Samsung error UC (Power Error)

Kode error mesin cuci Samsung yang satu ini menandakan bahwa tegangan listrik di rumah Anda sedang tidak stabil. Mesin cuci secara otomatis akan mati dan menunda proses pencucian sejenak hingga tegangan listrik di rumah Anda kembali stabil. Sistem ini otomatis aktif untuk melindungi komponen lain di dalam mesin cuci dari kerusakan. Untuk itu, Anda tidak perlu bingung saat kode ini muncul. Cukup tunggu dan mesin cuci akan menyelesaikan tugasnya sendiri.

Mesin cuci Samsung error DC (Pintu Pengering Kurang Rapat)

Jika tadi pada awal pembahasan ada kode DE yang menandakan pintu tabung pencuci tidak ditutup dengan benar, maka kode ini berlaku untuk tabung pengering. Jika pakaian ada yang menjuntai keluar dan menyebabkan pintu pengering tidak tertutup dengan baik, maka otomatis kode ini akan ditampilkan di layar. Segera atur kembali pakaian yang ada di dalam pengering dan pastikan tidak ada yang menghalangi pintu menutup.

UB (Tabung Tidak Stabil)

Seperti kode error mesin cuci Samsung di awal yaitu UE, kode ini juga menunjukkan bahwa beban yang tidak merata dan seimbang dalam tabung mengakibatkan pemutar tidak mau berjalan. Sekali lagi, Anda perlu memastikan jika pakaian yang ada di dalam tabung mesin cuci sudah tersebar secara merata dan tidak ada yang berat sebelah. Pastikan juga jika mesin cuci ditempatkan pada permukaan yang rata sehingga tidak terdapat kemiringan yang menyebabkan mesin cuci tidak bekerja.

Mesin cuci Samsung error OE / OF (Overflow Error)

Pada error Indikator ini berarti terdapat kerusakan pada sensor pendeteksi level air yang akibatnya air akan terus menerus masuk memasok mesin cuci, jika memang memungkinkan untuk membuka bagian sensor mesin cuci bisa dicoba untuk dibersihkan namun karena membukanya cukup sulit bagi anda yang benar benar awam lebih baik memanggil teknisi.

Mesin cuci Samsung error LE / LE1 (Water Leakage Error)

Pada kode error ini terdapat beberapa kemungkinan penyebab yaitu adanya kebocoran pada selang pembuangan mesin cuci, filter pompa pembuangan yang lepas atau bisa juga karena terlalu banyak deterjen.

Mesin cuci Samsung error 4C

Error 4C berarti tidak tersedianya supply air yang masuk ke mesin cuci.

Mesin cuci Samsung error 4C
Mesin cuci Samsung error 4C

Mesin cuci otomatis harus memiliki air dan yang lebih penting dengan tekanan air yang cukup namun jika sudah yakin tidak ada masalah pada supply air bisa dicoba diatasi dengan membuka dulu keran air biasanya tersumbat karena kotoran, atau bisa juga filter selang input air sudah terlalu banyak kotoran. Untuk mudahnya bisa dicoba dibersihkan dengan sikat gigi bekas.

Membersihkan filter air mesin cuci
Membersihkan filter air mesin cuci

Mesin cuci Samsung error 4C2

Error ini juga berhubungan supply air untuk proses washer, error ini muncul karena suhu air yang masuk terlalu tinggi sehingga ini sebagai proteksi supaya air panas tidak merusak bahan pakaian tertentu. Bisa juga karena supply air terdapat kesalahan yaitu supply air panas dimasukkan ke supply air dingin sehingga sensor membaca suhu tinggi.

Mesin cuci Samsung error 5C

Penyebab utama error 5C pada mesin cuci samsung adalah karena pada proses drain air tidak mengering, solusinya ada beberapa yang bisa dilakukan yaitu cek selang pembuangan di bagian belakang (untuk mesin cuci top loading) dan pembuangan bagian depan (untuk mesin cuci front loading) pastikan tidak tersumbat dan arahnya sudah diposisikan dengan lurus supaya arah jalan air pembuangan lancar.

Mesin cuci Samsung error 5C
Mesin cuci Samsung error 5C

Mesin cuci Samsung error LC / LC1

Pada saat mesin cuci akan melakukan pengurasan air selama 3 menit dan error ini akan muncul jika jalannya air di selang pembuangan tidak lancar dan sekedar informasi selama error tersebut masih muncul maka tombol power tidak berfungsi. Intinya harus dilakukan pengecekan pada gangguan yang disebabkan pada selang pembuangan

Itulah beberapa penjelasan mengenai kode error mesin cuci Samsung yang bisa Anda jadikan referensi beserta cara mengatasinya. Seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa kode error di atas umumnya bukan masalah serius yang mengharuskan Anda mengganti modul baru di mana harga modul mesin cuci Samsung sendiri tidaklah murah. Dengan mengetahui kode tersebut, Anda tidak perlu lagi panik dan berpikir bahwa mesin cuci Anda rusak.

Semoga bermanfaat.

Artikel yang Berhubungan :